Cafe ini Menjual Kue dengan Efek Augmented Reality!
Beranda /
Blog /
Cafe ini Menjual Kue dengan Efek Augmented Reality!
4 Januari 2023

Cafe ini Menjual Kue dengan Efek Augmented Reality!

kue augmented reality
Sumber: Fleur and Bites

Teknologi augmented reality merupakan teknologi yang diciptakan untuk menambah pengalaman imersif pada dunia nyata. Dengan kata lain, augmented reality memungkinkan kamu membawa objek virtual ke dunia nyata.

Dengan menggunakan augmented reality (AR), kamu dapat menemukan elemen digital interaktif dan menempatkannya di dunia nyata. AR akan memberikan informasi interaktif dalam bentuk data visual dan sensorik lainnya dalam ekosistem nyata untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Biasanya, augmented reality diterapkan untuk mencoba produk sebelum membeli seperti merek kecantikan. Banyak merek kecantikan yang sudah menerapkan virtual makeup try-on agar konsumen bisa mencoba makeup terlebih dahulu sebelum mencoba. Kamu dapat mengakses aplikasi AR melalui smartphone berbasis android maupun iOS

Selain penggunaan di atas, ternyata augmented reality juga bisa digunakan untuk hal yang unik. Salah satu cafe di Bandung membuat inovasi untuk menjual cafe dengan efek augmented reality. Apa saja yang di jual cafe tersebut? Bagaimana cara kerja dari kue augmented reality ini?

Fleur and Bites, cafe pelopor kue entremet

kue entremet merupakan kue dengan bagian atas yang terlihat berkilau dan dilapisi lapisan gula. Kue ini sangat terlihat cantik secara estetik serta memiliki rasa yang enak. Kue ini juga memiliki beberapa rasa dan tingkatan saat dipotong yaitu frosting, ganache, mousse, fruit jelly mousse dan cake.

Fleur and Bites merupakan salah satu home bakery pelopor kue entremet yang bertempat di kota Bandung. Cafe ini membuat kue entremet yang berbeda dan unik dari kue lainnya. Pada tahun 2022 lalu, mereka meluncurkan kolaborasinya dengan kreator augmented reality, Made by Humans

Membuat kue augmented reality

kue ar
Sumber: Fleur and Bites

Dilansir dari Detik Jabar, Valeria Steffani selaku pemilik mengatakan bahwa kue augmented reality ini diluncurkan dengan tiga teman yaitu: Summer Paradise, Interstellar, dan Secret Garden. Kue ini dipindai dengan efek yang tersedia di Instagram dan akan membawa konsumen ke dunia lain.

Tiga tema dari kue ini memiliki suasana yang berbeda yaitu: “Summer Paradise”, yang mengajak kamu melihat pantai yang apik, Interstellar untuk melihat keindahan luar angkasa, dan Secret Garden serasa sedang berjalan di antara bunga. Kamu bisa melihat suasana ini dari layar smartphone hanya dengan memindai bagian atas cake.

Membutuhkan waktu yang lama dalam membuat konsep AR

Saat menyusun konsep AR, berbagai uji coba dilakukan, sehingga membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan untuk membuat cake AR yang sempurna. Mereka menyebutkan bahwa hanya butuh satu bulan untuk membuat efek augmented reality. Namun, tentu saja butuh banyak penyesuaian untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bahkan, Made by Humans mengaku kolaborasinya dengan Fleur and Bites terbilang cukup sulit. “Dimulai dengan efek augmented reality yang terlalu besar, terlalu kecil, atau kurang pas untuk kuenya, semuanya trial and error hingga efek augmented reality benar-benar sempurna,” Ujar Mike, pemilik Made by Humans

Kue augmented reality sebagai persembahan untuk pelanggan

Steffi mengatakan kue ini dibuat untuk mempersembahkan karya dari Fleur and Bites agar pelanggan dapat merasakan pengalaman yang berbeda. Cake augmented reality ini bisa membuat pelanggan serasa pergi ke pantai, jalan-jalan di taman, atau bahkan melihat luar angkasa.

Steffi melihat di hari ketiga setelah peluncuran, antusias masyarakat sangat positif. Kebanyakan dari mereka dibeli untuk orang yang dicintai atau bahkan diberikan kepada diri mereka sendiri.

Untuk anak-anak yang ingin mencoba, kamu bisa mendapatkan gourmet entreme cake mulai dari Rp 575.000. Karena menggunakan filter instagram, kamu bisa mengakses filter ini dengan smartphone berbasis android ataupun iOS yang sudah mendukung AR.


Tertarik dengan informasi seputar penerapan unik dari teknologi imersif seperti di atas? Ayo kunjungi metaNesia untuk mengetahui berita unik dan terbaru lainnya!