Kunjungan dan Diskusi Lanjut Pertamina Hulu Rokan (PHR) Drilling terkait Pembuatan Virtual Training melalui metaNesia

Kunjungan dan Diskusi Lanjut Pertamina Hulu Rokan (PHR) Drilling terkait Pembuatan Virtual Training melalui metaNesia

foto bersama kunjungan phr ke metanesia

Jakarta, 8 Mei 2023metaNesia berkesempatan menerima Pertamina Hulu Rokan (PHR) Drilling dalam kunjungan kerja terkait pembuatan virtual learning dalam ekosistem milik metaNesia. Kunjungan ini dilakukan pada Senin, 8 Mei 2023 dan bertempat di Graha Merah Putih Ruang Rapat Smart City Navigator. Kunjungan kerja ini didasarkan pada kerja sama antara PHR dan Telkom Indonesia (melalui metaNesia) yang diresmikan pada Februari 2023 silam. 

Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia pada awal 2021 silam membuat berbagai aktivitas harus beralih menjadi online. Pelatihan atau training karyawan menjadi salah satu aktivitas yang harus dialihkan dan dilakukan secara online. Meskipun diadakan secara virtual, pelatihan tetap bisa dilakukan secara langsung sehingga tetap memberikan manfaat edukasi dan interaktif bagi penggunanya. 

Sebagai salah satu perusahaan migas terbesar di Indonesia, PHR memiliki visi untuk terus memajukan negeri dengan memenuhi kebutuhan migas masyarakat. Untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi karyawan, pelatihan merupakan salah satu langkah penting yang harus diambil bagi kepentingan berbagai pihak. 

Kehadiran teknologi metaverse membuat beragam aktivitas baru bisa dilakukan secara virtual dan langsung. Salah satunya yakni pelatihan online. Lingkungan yang lebih aman membuat pekerja bisa mengikuti pelatihan dengan lebih aman dan risiko kecelakaan yang lebih rendah. 

Teknologi metaverse yang kian terkenal sejak akhir 2021 membuat banyak pemain industri juga tertarik untuk memasuki pasar teknologi ini. Telkom Indonesia sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia hadir dengan metaNesia, platform metaverse pertama di Indonesia. Di dalam metaNesia, pengguna bisa saling berinteraksi dan melakukan beragam aktivitas mulai dari hiburan, pendidikan, pelatihan, hingga transaksi jual beli NFT (Non Fungible Token).

percobaan simulasi vr training oleh tim gugus phr

Kunjungan tim gugus tugas pengeboran (drilling) dari PHR juga bertujuan untuk membahas pembuatan ekosistem metaverse sektor energi pertama di Indonesia. Selain itu, terdapat juga agenda diskusi terkait prosedural teknis maupun non-teknis terkait pembuatan pelatihan secara virtual. 

Kolaborasi metaNesia dan Pertamina Hulu Rokan ini bertujuan untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi pekerja PHR, agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi terkini (cutting-edge technology). Selain itu, pelatihan virtual juga dilakukan untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi saat training drilling, sehingga partisipan lebih mengetahui lingkungan sekitar saat melakukan drilling. 

Kerja sama ini juga diharapkan bisa menyajikan ekosistem metaverse sektor energi serta pelatihan yang lebih seru dan terkesan, sebagai bentuk keseriusan penerapan teknologi baru untuk mendukung segala aktivitas ekonomi, edukasi dan kreatif di Indonesia. Langkah ini juga memantapkan PHR sebagai salah satu perusahaan migas yang telah mengikuti trend teknologi masa kini yaitu metaverse

Bagikan ini: