McDonald’s Bersama Kreator Digital Meluncurkan AR untuk Rayakan Imlek
Beranda /
Blog /
McDonald’s Bersama Kreator Digital Meluncurkan AR untuk Rayakan Imlek
18 Januari 2023

McDonald’s Bersama Kreator Digital Meluncurkan AR untuk Rayakan Imlek

Sebagai bagian dari komitmennya untuk melayani masyarakat dan merayakan budaya, McDonald’s merayakan acara budaya besar seperti Tahun Baru Imlek, Festival Pertengahan Musim Gugur, dan Diwali. Untuk merayakan Tahun Kelinci, McDonald’s telah bermitra dengan Karen X Cheng, pembuat konten yang dikenal dengan desain kreatifnya yang inovatif, untuk meluncurkan filter Augmented Reality (AR).

Restoran cepat saji di balik kentang goreng dan Big Mac yang terkenal itu bertujuan untuk terhubung dengan konsumennya melalui pengalaman metaverse yang imersif dan filter AR yang keren. Sebagai penggemar lama Golden Arches, Cheng sangat bersemangat untuk merayakan kekayaan budaya dan warisan Asia-Amerika melalui kampanye ini.

Terkenal dengan video viralnya yang luar biasa yang telah ditonton lebih dari 500 juta kali, Cheng adalah kreator digital berbakat yang juga dikenal karena kolaborasinya dengan selebritas terkemuka.

Beberapa videonya yang paling populer termasuk belajar menari dalam setahun, membuat sampul majalah dengan AI pertama, dan membuat video tarian VR untuk metaverse. Kerja sama antara Cheng dan McDonald’s menandai kolaborasi pertama dengan brand resmi.

Bekerja sama dengan McDonald’s untuk membuat kampanye adalah salah satu mimpi bagi Cheng. Tidak hanya hasratnya sebagai kreator, tetapi berkreasi yang berdasar pada identitas budaya adalah mimpi Cheng yang jadi kenyataan.

McDonald’s meluncurkan AR agar lebih terhubung

McDonald's meluncurkan AR
Metaverse McDonald’s dengan Karen x Cheng (VRScout)

McDonald’s ingin terhubung dengan para penggemarnya di persimpangan budaya dan inovasi. Kolaborasi dengan Karen X Cheng menawarkan cara-cara baru yang maju secara teknologi dalam menghadapi tahun kelinci.

The Golden Arches dengan bangga memulai tahun baru dengan kampanye interaktif. Mengundang penggemarnya untuk menjadi peserta aktif dalam perayaan budaya global.

McDonald’s merayakan awal tahun baru dengan kampanye digital menarik yang mendorong para penggemarnya untuk terlibat dalam perayaan penting global. Langkah ini merupakan hal yang sangat penting bagi misi global perusahaan.

Kampanye yang dikonsep oleh IW Group ini bertujuan untuk merayakan semangat Tahun Baru Imlek. Kemudian mendorong masyarakat untuk menganut cara-cara tradisional namun tidak konvensional dalam merayakan hari raya tersebut. Kampanye ini juga menampilkan berbagai elemen interaktif serta pengalaman metaverse yang imersif.

McDonald’s ingin menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan pengalaman bagi para penggemarnya. Dibangun di atas kampanye Tahun Baru Imlek yang inovatif, yang menampilkan peristiwa perintis Golden Arches di metaverse. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah memanfaatkan teknologi canggih untuk meningkatkan pengalaman virtual dan interaktif bagi penggemar.

Bentuk kampanye Tahun Kelinci McDonald’s

Filter augmented reality (AR)

Filter Instagram AR unik ini memungkinkan kamu mengalami transisi dari Tahun Macan (2022) ke Tahun Kelinci (2023) sambil menikmati visual 3D yang luar biasa.

Pengalaman Metaverse

Dihosting di platform virtual dan dapat diakses melalui headset VR, perangkat seluler, tablet, atau PC. Ruang 3D khusus ini menggabungkan pengaruh tradisional Asia dengan berbagai “elemen futuristik”, seperti patung 3D dari 12 zodiak hewan Cina. Platform ini akan menyelenggarakan dua acara khusus masing-masing pada tanggal 25 Januari dan 2 Februari.

Iklan televisi dengan AI

Tempat iklan futuristik ini menggunakan teknologi NeRF (neural radiance field) untuk menciptakan pemandangan 3D. Kamu dapat menggunakan smartphone untuk memindai kode QR di layar untuk menikmati karya seni sebagai filter AR interaktif.

Penggemar dapat bergabung dalam keseruan ini melalui www.McDLunarNewYear.com. Ini bukan pertama kalinya McDonald’s menciptakan pengalaman virtual yang keren seputar budaya dan warisan.

Pada tahun 2022, mereka membuat galeri “McDonald’s Hall of Zodiacs: 2022 Lunar New Year by Humberto Leon” di AltspaceVR dan Spatial. McDonald’s juga menawarkan 10 aplikasi yang memungkinkanmu memesan makanan dari menu mereka di metaverse dan mengirimkannya ke rumahmu di dunia nyata.


Dapatkan informasi seputar metaverse dan teknologi imersif lainnya hanya di metaNesia.