Memahami Tren AI Voice Generator

Memahami Tren AI Voice Generator

Dewasa ini, teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang. Baru-baru saja warga media sosial dihebohkan dengan viralnya Ariana Grande hingga Jongkook BTS menyanyikan lagu-lagu penyanyi asal Indonesia. Namun tentu saja suara nyanyian mereka tidak nyata, melainkan hasil AI Voice Generator.

Apa itu AI Voice Generator?

AI Voice Generator
AI Voice Generator (geralt / Pixabay)

AI Voice Generator merupakan salah satu teknologi AI yang dapat menghasilkan suara seseorang terdengar nyata dan alami dengan mengumpulkan sekumpulan karakter suara milik orang-orang. Menggunakan basis deep learning (pembelajaran mendalam), AI Voice Generator dapat mempelajari sekumpulan data suara tadi dan menghasilkan output audio baru atas perintah manusia. Contoh mudahnya adalah suara yang dikeluarkan Google Translate untuk melafalkan kalimat yang kita ketik.

5 Aplikasi AI Voice Generator

Munculnya tren AI Voice Generator ini membuat banyak warga media sosial penasaran dan mencoba menggunakan teknologi satu ini. Terdapat banyak pilihan aplikasi AI Voice Generator, berikut 5 di antaranya:

FakeYou 

Aplikasi FakeYou merupakan aplikasi deepfake yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan output kalimat yang dibacakan dengan suara karakter yang mereka mau. Terdapat beberapa pilihan karakter suara yang menjadi pilihan. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat video sinkronisasi bibir juga.

Synthesys AI

Aplikasi yang satu ini cukup unik dan menarik. Synthesys AI memungkinkan pengguna untuk menghasilkan konten kreatif seperti audio book, iklan, hingga animasi dengan banyak pilihan suara. Terdapat 30 karakter suara pria dan wanita dengan lebih dari 66 bahasa.

Listnr

Aplikasi Listnr memberikan fasilitas bagi pengguna untuk membuat audio text-to-speech yang realistis dengan beberapa pilihan suara AI terbaik. Selain itu, pengguna dapat mengunduh hasil kreasi mereka di aplikasi ini ke format MP3 dan WAV. Listnr menggunakan Speech Synthesis yang mutakhir dan algoritma pembelajaran mendalam untuk menghasilkan suara AI.

Lovo.ai 

Lovo.ai merupakan teknologi AI berupa text-to-speech serta voice over yang terbaru dan terjangkau. Aplikasi ini dapat memberikan output suara manusia dengan kualitas yang sangat baik. Terdapat kurang lebih 180 karakter suara dengan 33 bahasa.

Clipchamp

Clipchamp adalah program text-to-voice yang dapat menghasilkan output voice over yang sangat mirip dengan suara manusia. Aplikasi ini menyediakan beragam karakter suara yang sangat realistis. Yang membuat aplikasi ini semakin menarik adalah pengguna dapat mengatur kecepatan dan intonasi narasi sesuai keinginan.

Bahaya di balik tren AI Voice Generator

Walaupun di awal tren AI Voice Generator ini terkesan menarik dan seru, di baliknya terdapat bahaya yang dapat berdampak pada orang-orang. Hal ini tentu berbahaya karena orang-orang jadi sulit membedakan mana suara yang asli dan mana yang palsu hasil buatan AI.

“Memang ada penelitian untuk mengetahui mana yang membedakan asli dan tidak. Akan tetapi lagi-lagi proses sehingga memerlukan waktu, sehingga tidak ada jaminan 100 persen untuk bisa diketahui mana yang bisa dan tidak,” Tutur Anto Satriyo Nugroho, Kepala Pusat Riset Kecerdasan Artificial dan Keamanan Siber di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dalam memilah konten yang mengandung penggunaan AI Voice Generator agar tidak tertipu. Contohnya adalah video viral dari suara nyanyian Presiden RI Bapak Jokowi yang terdengar sangat asli. Tak sedikit pula orang yang membuat konten dengan menggunakan suara tokoh publik terkenal yang dapat mengecoh masyarakat dan menimbulkan kesalahpahaman.


Selain itu, penipuan jenis voice phishing juga mudah dilakukan dengan menggunakan suara hasil dari AI Voice Generator. Pelaku dapat berpura-pura menjadi orang terdekat korban dan meminta uang untuk dikirim ke rekening mereka. Tren AI Voice Generator ini pun menjadi tak jarang memunculkan bahaya bagi khalayak ramai.


Itu tadi adalah informasi terkait tren AI Voice Generator yang sedang ramai dibahas warga media sosial. Ada rasa menyenangkan ketika menggunakannya, namun tanpa kita sadari atau bahkan sadari, hal tersebut bisa menjadi bahaya bagi orang banyak. Yuk, kita lebih berhati-hati lagi dalam memilih konten untuk dikonsumsi!

MetaNesia merupakan digital platform berupa metaverse yang dapat membantu kamu berinteraksi, berkreasi, dan berkolaborasi secara virtual dengan lingkungan digital yang memadai. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui metaNesia.

Bagikan ini: