Mengatur Pola Makan dengan AR, untuk Program Diet Sehat

Mengatur Pola Makan dengan AR, untuk Program Diet Sehat

implementasi AR pada program diet sehat
implementasi AR pada program diet sehat (Movement & Nutrition / Movementandnutrition)

Kebiasaan pola makan dan gaya hidup instan, banyak berpengaruh pada rendahnya tingkat kesehatan masyarakat saat ini. Kekhawatiran akan risiko kesehatan pada masyarakat modern, menjadi konsen beberapa pihak dalam mengembangkan inovasi AR untuk program diet sehat. Teknologi AR dianggap memiliki berbagai manfaat, dalam melakukan diet sehat.

Namun pemahaman masyarakat mengenai diet, hanya sebatas pada mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan. Benarkah demikian? Apa sebenarnya diet sehat dengan memanfaatkan teknologi AR? Simak ulasan artikel di bawah ini.

Stigma diet hanya seputar menurunkan berat badan

Banyak orang yang beranggapan bahwa diet hanya tentang menurunkan berat badan. Padahal, tujuan utama diet adalah terkait dengan mengubah hidup untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat. Hal tersebut ternyata menjadi tren diet untuk tahun 2023 ini.

Maka dari itu, jika kamu memiliki kebiasaan makan makanan berlemak, kamu perlu menjalani diet lemak. Namun jika terbiasa makan makanan tinggi kalori, kamu perlu menjalani diet rendah kalori, dan begitu juga untuk kasus lainnya.

Penting sekali meluruskan esensi diet sehat bahwa yang terpenting dari diet adalah meningkatkan kualitas kesehatan, bukannya hanya sekedar menurunkan berat badan saja.

Apa itu diet sehat?

Pelacakan akurat menu diet sehat
Pelacakan akurat menu diet sehat (Watsons / Watsons)

Sebelum masuk pembahasan yang lebih jauh, mari pahami dulu apa sebenarnya yang dimaksud diet sehat. Dalam beberapa dekade belakangan, istilah diet lebih populer diartikan sebagai cara atau metode membatasi porsi makanan dan memilih sumber makanan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sederhananya, diet bukan semata dijalani untuk menurunkan berat badan. Diet sehat adalah pengaturan pola makan dengan memperhatikan keseimbangan gizi, nutrisi maupun kalori. Tujuan utama diet sehat adalah untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat.

Diet dapat dilakukan oleh siapa saja, dari segala kalangan dan rentang usia berapapun. Mulai dari laki-laki, perempuan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia, semua diperbolehkan melakukan diet.

Bagaimana teknologi AR membantu program diet sehat?

Teknologi AR (augmented reality) adalah sebuah teknologi yang mampu menggabungkan objek maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata. Objek maya tersebut kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time.

Dalam pelaksanaan program diet sehat, augmented reality akan berperan besar dan memberikan manfaat bagi penggunanya. Berikut beberapa manfaat penerapan AR untuk program diet sehat:

Visualisasi realitas tambahan

Aplikasi diet berasis augmented reality
Aplikasi diet berasis augmented reality (Toma / Dribbble)

Teknologi AR akan menghamparkan visualisasi berupa objek virtual atau informasi yang ditampilkan di atas dunia nyata, seolah mereka ada di depanmu. Jadi, gambar yang muncul melalui perangkat smartphone atau tablet, merupakan gabungan dari apa yang sebenarnya ada di sekitarmu dengan penambah visual dari aplikasi.

Kemampuan AR ini dapat memindai makanan atau minuman yang akan dikonsumsi dan memunculkan informasi nutrisi yang relevan secara langsung di atasnya. Selain itu, kamu juga dapat melihat informasi misalnya, jumlah kalori, protein, karbohidrat, dan lemak yang terkandung dalam suatu makanan atau minuman. Hal ini dapat membantu kamu membuat pilihan yang lebih baik dan mengatur asupan pola makan yang seimbang.

Sekali lagi, diet sehat tidak hanya melulu menurunkan berat badan, namun lebih bagaimana kamu menentukan pola makan dan aktifitas yang sesuai kebutuhan.

Pelacaan yang konsisten dan akurat

Studi penelitian menunjukkan, bahwa penting sekali kita melacak makanan, aktifitas harian, kalori yang terbakar setelah olahraga, dan faktor gaya hidup lainnya. Ini akan menjadi informasi yang mendasari usaha dalam meningkatkan kesehatan.

Implementasi teknologi AR dalam proses diet sehat, akan membantu pelacakan berdasarkan setiap catatan yang kamu masukan. AR akan memberikan progres pencapaian secara konsisten dan akurat. Meski tanpa adanya pelatih kesehatan atau ahli diet yang mendapingi, kamu dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan selama menjalani diet.

Secara konsisten AR akan melacak konsumsi makanan sehari-hari, porsi makanan yang dimakan, serta kecukupan nutrisi maupun kalori. Teknologi AR dapat memberi label serta menganalisis objek yang sudah dipindai secara konsisten dan akurat. Hal ini akan membantu menjaga fokus diet sehat yang dipilih sebelumnya.

Panduan pemilihan makanaan dan aktifitas

Panduan aplikasi diet sehat
Panduan aplikasi diet sehat (Natural Healers / Naturalhealers)

Sebagian besar aplikasi diet sehat sudah menyediakan pembacaan biometrik kepada pengguna. Melalui aplikas yang terhubung ke sensor pada perangkat yang digunakan, akan melacak semua aktifias yang tercatat sebagai data.

Teknologi AR akan memberikan informasi sebagai panduan atas langkah yang sudah dilakukan sepanjang hari. Seperti misalnya, jumlah kalori yang telah terbakar lewat olahraga, kuantitas asupan nutrisi yang sudah dikonsumsi, maupun kondisi ideal yang harus dicapai.

Diet sehat berbasis AR akan menunjukkan bagaimana mengintegrasikan ke dalam rutinitas harian, sehingga dapat tetap berfokus pada kebutuhan idealnya. Jika hanya berfokus pada menurunkan berat badan, sering kali membuat seseorang terlalu berlebihan dan melupakan kebutuhan asupan gizi, nutrisi maupun kalori tubuh yang seharusnya.

Pemberitahuan dan pengingat melalui perangkat yang digunakan, akan membantu memberikan panduan dalam diet sehat. Selain itu, AR dapat membantu menciptakan motivasi dengan gamifikasi atas pencapaian langkah demi langkah yang diselesaikan.

Penerapan AR untuk program diet sehat dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif, sekaligus membantu pemahaman mengenai aspek-aspek penting dalam mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik. Namun demikian, teknologi AR hanya merupakan alat bantu, yang terpenting bagaimana kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mencapainya.


Itulah pembahasan mengenai penerapan teknologi AR pada diet sehat. Melalui implementasi teknologi AR, diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan teknologi dunia virtual.

MetaNesia merupakan platform metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi layaknya dunia nyata. Apabila kamu tertarik untuk membuat konser virtual, menjual produk digital atau bekerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk berkonsultasi secara gratis.

Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Bagikan ini: