Apa itu Mixed Reality? Yuk, Ketahui Definisinya di Sini!

Apa itu Mixed Reality? Yuk, Ketahui Definisinya di Sini!

Mixed reality
Source: Freepik

Mixed reality (MR) adalah lingkungan pengguna di mana realitas fisik dan konten digital digabungkan sedemikian rupa sehingga memungkinkan interaksi antara objek dunia nyata dan virtual. Tidak seperti virtual reality (VR) yang membenamkan pengguna dalam lingkungan yang sepenuhnya digital, atau augmented reality (AR) yang berupa konten digital di atas lanskap fisik, mixed reality memadukan dunia digital dan dunia nyata. 

Mixed reality kadang-kadang dianggap sejenis dengan augmented reality (AR), tetapi kapasitasnya untuk interaktivitas antara dunia nyata dan elemen digital membuatnya lebih jauh di dalam rangkaian virtualitas. Memiliki realitas fisik di satu sisi, dan realitas virtual yang imersif di sisi lain.

Istilah teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 oleh Paul Milgram dan Fumio Kishino dalam penelitiannya yang berjudul “A Taxonomy of Mixed Reality Visual Displays.” Mereka memperkenalkan gagasan bahwa mixed reality adalah rangkaian kesatuan yang mencakup VR dan AR, serta teknologi baru apa pun yang memungkinkan konten digital berinteraksi dengan objek dunia nyata dan manusia berinteraksi dengan objek digital seolah-olah itu nyata. 

Bagaimana Cara Kerja Mixed Reality?

Untuk menciptakan pengalaman MR, kamu tidak perlu khawatir dengan batasan atau hambatan fisik, namun perlu cloud computing dan artificial intelligence.

Perangkat MR didukung oleh sensor AI canggih, kamera, graphical computational power (GPU), dan prosesor, untuk memproses dan menyimpan data dalam tiga dimensi. Semakin lengkap suatu perangkat, semakin baik pengalaman mixed reality yang tercipta. 

Perangkat MR dapat menghubungkan pengguna ke komputer berkabel atau nirkabel, konsol, atau PC untuk mengakses perangkat lunak. Perangkat lunak ini dapat menambah, mengkloning, atau memindahkan objek virtual di sekitar.

Pengaplikasian Mixed Reality

Mixed reality membuat terhubung dengan siapa pun, di mana pun kamu berada atau memiliki komputer atau tidak. Menjadi inovasi terbarukan, beberapa perusahaan masih menguji pengaplikasian teknologi ini untuk operasi bisnis mereka.

Bidang pemasaran

Startup dari berbagai segmen ingin meningkatkan return of investment (ROI) mereka dengan beralih ke teknologi imersif. Pertumbuhan mixed reality telah mendorong bisnis untuk menggunakannya untuk memperluas kampanye pemasaran mereka.

Teknologi ini memiliki kasus pengaplikasian yang luas dalam iklan dan pemasaran produk karena memberikan pengalaman produk hands-free kepada pelanggan. Menggunakan headset MR, konsumen dapat bereksperimen dan berinteraksi secara virtual dengan produk atau layanan perusahaan sebelum membayar.

Pendidikan

Ada keuntungan besar menggunakan teknologi mixed reality di sekolah dan aplikasi pendidikan lainnya, seperti seminar atau kuliah. Penggambaran atau praktek dari suatu teori akan lebih imersif karena murid mendapatkan gambaran secara nyata namun tetap berada di ruangan atau lingkungan sekolah mereka

Pelatihan dalam dunia kerja

Hampir setiap industri dapat mengadopsi mixed reality ke dalam pelatihan karyawan dan proses manajemen staf. Dengan teknologi ini, karyawan dapat terhubung dan berkolaborasi dengan mentor secara real-time untuk mendapatkan pelatihan dan menghemat waktu yang berharga. Selain itu, pelatihan yang dilaksanakan akan lebih aman karena tidak berhadapan langsung dengan hal atau alat yang belum dikuasai sebelumnya oleh calon karyawan.

Didukung oleh runtime AI, interaksi yang tercipta tidak bergantung pada platform. Memungkinkan peserta dan pelatih memvisualisasikan dan memahami berbagai proses yang masuk ke dalam modul pelatihan.

Baca juga: Augmented Reality, Teknologi Baru yang Hadirkan Visual Imersif di Dunia Nyata

Hiburan

Unsur realitas yang tercipta dari jenis teknologi ini dapat membuat penonton terkagum-kagum. The Weather Channel telah menggunakan teknologi mixed reality pada program mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih realistis kepada penontonya tentang kondisi cuaca saat itu dan menawarkan panduan untuk melindungi diri jika terjadi cuaca berbahaya.

Perawatan kesehatan

Simulasi MR membuat efek hologram dari bagian tubuh manusia asli. Mengarahkan perangkat seluler ke area yang ditargetkan, sehingga menciptakan model organ interaktif 3D untuk memahami fungsinya. MR menjadi teknologi yang ampuh untuk melatih para medis profesional, pelajar, dan petugas medis lapangan yang beroperasi dari jarak jauh. Dalam radiologi, ahli bedah menggunakan penglihatan sinar-X bertenaga MR untuk melihat melalui kulit pasien dan mengidentifikasi pembuluh darah dan tulang.

MR bisa sangat efektif untuk diterapkan selama operasi kritis, dan bahkan dapat menyelamatkan nyawa.

Konstruksi atau teknik

Perangkat mixed reality dapat membuat peta situs virtual untuk digunakan oleh insinyur, arsitek, dan pekerja proyek saat bekerja dari jarak jauh. Ditambah dengan software pemodelan 3D, desainer, dan arsitek mengilustrasikan proyek mereka melalui hologram MR .

Kamu juga dapat menggunakan MR untuk membuat konsep struktur bangunan dalam berbagai bentuk tanpa melakukan perjalanan jauh untuk kunjungan lapangan. Misalnya, apakah tembok pembatasnya pendek, catnya tidak sesuai atau kayu lapisnya perlu diganti, MR memberi kemudahan tentang segalanya.

Mixed reality pasti telah membuat umat manusia melakukan perjalanan yang ambisius untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang alam semesta.


Teknologi ini baru saja dimulai, dii tahun-tahun mendatang, kita akan melihat bagaimana semua orang menggunakan mixed reality secara serempak untuk bekerja, bermain, dan mengomunikasikan ide yang dimiliki.

Penasaran dengan teknologi lain yang saat ini sedang berkembang? Kunjungi metaNesia untuk mengetahui jawabannya!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue

Bagikan ini: