Kerja Sama MetaMask dan PayPal, Transaksi Ethereum Jadi Makin Mudah!
Beranda /
Blog /
Kerja Sama MetaMask dan PayPal, Transaksi Ethereum Jadi Makin Mudah!
20 December 2022

Kerja Sama MetaMask dan PayPal, Transaksi Ethereum Jadi Makin Mudah!

MetaMask dan PayPal
Source: NFT Plazas

Perusahaan raksasa pembayaran, PayPal, baru-baru ini menjalin kerja sama dengan pengembang dompet kripto, MetaMask. Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan cara yang lebih sederhana bagi pengguna untuk membeli Ethereum.

Apa artinya ini bagi pembeli NFT? MetaMask dan PayPal bermitra untuk pembelian kripto yang lancar juga menguntungkan pengguna yang bertransaksi di pasar NFT seperti OpenSea dengan dompet MetaMask mereka.

Mengenai hal tersebut, pihak MetaMask melalui Manajer Produknya, Lorenzo Santos, menyatakan bahwa kemitraan tersebut memungkinkan komunitas kripto untuk terhubung dengan Web3.

“Integrasi dengan PayPal ini akan memungkinkan pengguna AS kami untuk tidak hanya membeli crypto dengan mulus melalui MetaMask, tetapi juga untuk dengan mudah menjelajahi ekosistem Web3,” Ucap Lorenzo Santos.

Apa itu MetaMask?

MetaMask dan PayPal
Source: Freepik

Wallet MetaMask adalah dompet cryptocurrency yang tersedia sebagai ekstensi browser untuk membantu kamu dalam menyimpan token, berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi, dan memperdagangkan Ethereum.

Dengan menghubungkan MetaMask ke dapps berbasis Ethereum, pengguna dapat melakukan pembelian dengan koin mereka dalam game dan memperdagangkannya di bursa terdesentralisasi (DEX).

Selain itu, MetaMask juga memberi pengguna titik masuk ke dunia baru keuangan terdesentralisasi atau DeFi, dan menyediakan cara untuk mengakses aplikasi DeFi seperti Compound dan PoolTogether.

Kemudian, pengguna juga dapat menyimpan dan mengelola Bitcoin, Ether, dan mata uang kripto lainnya menggunakan dompet blockchain. Dompet ini tersedia sebagai dompet digital atau online.

Dompet blockchain memberikan beberapa manfaat. Seperti transfer mata uang kripto, mencegah pencurian aset kripto, dan pengguna dapat mengubahnya kembali menjadi mata uang lokal.

Apa itu PayPal

MetaMask dan PayPal
Source: Freepik

PayPal adalah platform pembayaran dengan situs web dan aplikasi seluler yang memungkinkan pembayaran antar pihak melalui transfer uang online. Pengguna PayPal membuat akun dan menghubungkannya ke rekening giro, kartu kredit, atau keduanya.

Setelah identifikasi dan bukti dana dikonfirmasi, pengguna dapat mengirim atau menerima pembayaran secara online atau di toko menggunakan PayPal sebagai perantara. Pengguna dapat menggunakan PayPal untuk mengirim uang dengan aman ke teman dan keluarga serta menerima uang dari orang lain.

Fitur ini berguna ketika pengguna ingin melakukan pembelian barang dari e-commerce seperti e-bay dan Amazon, misalnya, atau menerima uang atas pekerjaan freelance yang dikerjakan.

PayPal kini sudah mendukung empat cryptocurrency termasuk Ethereum, Bitcoin, Litecoin, dan Bitcoin Cash. Juga, tambahan fitur “Crypto Checkout” untuk pengguna melakukan pembelian online menggunakan saldo crypto di akun mereka

Alasan mengapa kerja sama ini penting

Kesepakatan ini merupakan kerja sama besar. PayPal adalah platform pembayaran online terkemuka dengan lebih dari 432 juta akun aktif. Pada 2016, perusahaan ConsenSys mendirikan MetaMask, dan antara 2016 dan 2021, tumbuh menjadi lebih dari 5 juta pengguna bulanan.

Kemitraan ini menjadi hal bagus bagi pengguna ekosistem cryptocurrency. Ini akan memungkinkan perdagangan yang lebih sederhana dan mulus bagi mereka yang top up dompet MetaMask langsung melalui PayPal.

ConsenSys menyampaikan bahwa pihaknya mengumpulkan nama pengguna, kata sandi dan informasi gender. Serta data keuangan seperti kepemilikan aset, nomor rekening bank dan nomor rute bank yang digunakan seperti Mastercard dan Visa.

Sebagai informasi, bagi pengguna MetaMask yang menggunakan jaringan Ethereum atau penyedia layanan RPC, perusahaan tidak akan mengumpulkan data mereka.

Awal tahun ini, PayPal juga menambahkan dukungan untuk transfer crypto. Pengguna PayPal di A.S. bisa mendapatkan alamat dompet untuk mendanai akun PayPal mereka dengan aset kripto. Demikian pula, pengguna PayPal dapat mengirim dana ke dompet crypto pihak ketiga.

Karena banyak orang menganggap cryptocurrency sebagai uang internet, mereka berpikir crypto dapat menggantikan PayPal sama sekali sebagai cara untuk mengirim dan menerima uang dari komputer dan ponsel.

Tapi akan selalu ada jembatan antara rekening bank tradisional dan dompet crypto. Dan PayPal berencana memanfaatkan itu. Saat ini, fitur yang kini tersedia hanya dapat digunakan oleh pelanggan AS terpilih.


Kunjungi metaNesia untuk mendapatkan informasi lainnya seputar NFT dan Cryptocurrency