Telkom Dukung Digitalisasi Pertamina Hulu Rokan (PHR) Dalam Penyediaan Pelatihan Safety Secara Virtual Melalui Platform Metaverse (metaNesia)

Telkom Dukung Digitalisasi Pertamina Hulu Rokan (PHR) Dalam Penyediaan Pelatihan Safety Secara Virtual Melalui Platform Metaverse (metaNesia)

Jakarta, 16 Februari 2023 – Sebagai perusahaan digital telco terdepan pilihan masyarakat, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) guna mendigitalisasi Pelatihan Safety di Lokasi Tambang dan membangun Center of Excellence dalam virtual learning sektor energi Indonesia. Kolaborasi ini merupakan terobosan baru antara dua BUMN dengan pemanfaatan platform Metaverse pertama di Indonesia, metaNesia, yang merupakan produk dibawah naungan Leap-Telkom Digital. Kerja sama ini secara langsung diresmikan oleh Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid dan Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di Jakarta pada Kamis, (16/2).

Sinergi antar BUMN, PHR dan Telkom Metanesia dalam pengembangan Metaverse adalah untuk bersama-sama menjaga dan mengakselerasi kedaulatan digital nasional di sektor energi, di mana hal ini sejalan dengan arahan Kementrian BUMN.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, Telkom melalui metaNesia hadir memberikan solusi teknologi canggih dan terbaru melalui pelatihan di dalam metaverse, untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan pengalaman kerja pada pelatihan karyawan Pertamina Hulu Rokan.

Penandatanganan Mou Kerja Sama Pertamina Hulu Rokan & metaNesia
Penandatanganan MoU antara Pertamina Hulu Rokan dan Telkom Indonesia dalam Pengembangan Metaverse

Kesiapan metaNesia

metaNesia siap untuk memenuhi kebutuhan Pertamina Hulu Rokan dalam meningkatkan pengalaman dalam pelaksanaan pelatihan pada karyawan barunya. Hal tersebut berdasarkan kerja sama yang sudah tercipta di metaNesia dengan beberapa brand besar di Indonesia.

“Setelah resmi beroperasi sejak 31 Juli 2022, metaNesia sudah menjalin beberapa kerja sama dengan brand terkemuka. Seperti Honda dan Fruit Tea yang diajak untuk merasakan pengalaman berbisnis baru di dalam metaverse metaNesia. Berdasarkan pengalaman tersebut, kami siap menaklukkan tantangan baru untuk membuat metaNesia dapat digunakan oleh Pertamina Hulu Rokan sebagai sarana pelatihan untuk karyawan barunya,” ujar Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid.

Perkembangan teknologi metaverse di era yang semakin dinamis ini berhasil mengubah berbagai aspek pengerjaan dari beragam sektor, salah satunya industri energi. Metaverse yang didukung oleh teknologi Virtual Reality (VR) memberikan kemungkinan bagi penggunanya untuk melakukan beragam hal di dunia baru, salah satunya seperti mengikuti pembelajaran pelatihan.  

“Eksistensi metaNesia sebagai platform dan ekosistem metaverse pertama di Indonesia menunjukkan keseriusan kami untuk mengakselerasi dan mengedepankan berbagai sektor pembangunan di Indonesia, salah satunya dalam bidang minyak dan gas. Kerja sama antara Telkom dan Pertamina Hulu Rokan diharapkan dapat menjadi langkah awal kolaborasi teknologi di bidang energi, yang dapat memajukan dan menghasilkan teknologi baru yang berperan di kedua belah pihak.” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin menyampaikan dalam sambutannya, “Eksplorasi kerjasama antara PHR dan metaNesia dalam pengembangan teknologi Metaverse membuka potensi kerjasama usaha yang lebih luas di masa mendatang. Implementasi teknologi Metaverse untuk membangun Center of Excellence akan menjadi pusat pengetahuan digital dengan teknologi imersif (immersive technology) dari kegiatan migas seperti Keselamatan Kerja (HSE), Pengeboran (Drilling and Completion), Operasional, dan Perkapalan (Marine) di Wilayah Kerja Rokan, baik di Sumatera maupun Jakarta. Tujuannya adalah peningkatan dan pengembangan kompetensi pekerja PHR agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi terkini (cutting-edge technology),” tutup  Jaffee.

Virtual reality untuk pelatihan

Metaverse melalui teknologi Virtual Reality (VR) telah berhasil mengubah cara perusahaan besar melatih pekerjanya. Teknologi ini memungkinkan untuk menempatkan spesialis di hampir semua situasi atau lokasi yang hanya dapat kita bayangkan. VR memberi pekerja kemungkinan untuk berinteraksi dengan aman dengan objek virtual tanpa membahayakan mereka atau orang lain.

VR memungkinkan perusahaan membuat skenario di mana anggota tim dapat belajar bagaimana menghindari konsekuensi negatif pada pekerjaan mereka dengan menerapkan pengetahuan teoretis di lingkungan virtual. Hal ini memungkinkan mereka membuat kesalahan dengan aman dan kemudian membuat kesimpulan yang benar. Karena pembelajaran berdasarkan pengalaman merupakan aspek yang sulit diwujudkan di sebagian besar perusahaan.

Pada dasarnya, dengan menggunakan virtual reality, pekerja dapat memperoleh pengalaman pelatihan yang berharga. Kemudian, akan siap menghadapi situasi tak terduga bahkan sebelum mereka mulai mempraktikkan keterampilan mereka di lingkungan nyata.

Sehingga melalui pelatihan menggunakan teknologi VR di metaverse, berharap para pekerja di seluruh bidang dapat memahami tugas dan tanggung jawab mereka dalam menghadapi keadaan darurat dengan lebih aman, akurat, dan lebih efisien.

metaNesia, #UnlockYourDreams.

Bagikan ini: