Partisipasi metaNesia dalam Event DTP Expo Desember 2022
Beranda /
Blog /
Partisipasi metaNesia dalam Event DTP Expo Desember 2022
26 December 2022

Partisipasi metaNesia dalam Event DTP Expo Desember 2022

Perkembangan zaman dan teknologi membuat munculnya berbagai inovasi dan teknologi baru, di tengah lingkungan masyarakat yang semakin dinamis. Hal ini membuat manusia harus bisa beradaptasi untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada. 

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, Telkom Indonesia tentu saja bertujuan untuk terus mengeluarkan inovasi serta teknologi baru, yang dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia. 

DTP (Digital Technology Platform) Expo merupakan salah satu acara rutin internal yang diadakan Telkom Indonesia, untuk tetap bisa berpacu dan mengeluarkan teknologi terbaru, yang bermanfaat bagi masyarakat. Kali ini, DTP Expo diadakan di Bandung Digital Valley (BDV) lantai 5, pada tanggal 22 Desember 2022 kemarin. 

Rangkaian acara DTP Expo di Telkom Indonesia

Teknologi digital merupakan salah satu bagian teknologi yang mengalami perubahan dengan sangat cepat. Oleh sebab itu, Telkom Indonesia juga membuat divisi khusus yakni DBT (Digital Business Platform) agar dapat mengeluarkan berbagai produk teknologi menarik, yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat maupun UMKM Indonesia. 

DTP Expo yang diadakan di bawah Digital Business Platform ini menampilkan expo serta pameran show produk platform, yang berada di bawah DBT. Tidak hanya pameran serta showcase produk, DTP Expo kali ini juga memiliki 2 sesi talkshow yang bisa diikuti peserta untuk mengetahui produk DBT dengan lebih detail. 

metaNesia di DTP Expo Desember 2022

Sebagai salah satu produk yang bernaung di bawah ETC (Emerging Technology), metaNesia juga ikut andil dalam sesi talkshow serta memamerkan aplikasi metaverse buatannya pada kesempatan ini. Sesi talkshow yang dibawakan metaNesia menjelaskan terkait perkembangan metaverse dan perubahan yang mungkin terjadi dengan kehadiran dunia virtual ini. 

Dalam booth yang tersedia, peserta bisa mencoba perangkat VR yang sudah terhubung dengan aplikasi metaNesia. Peserta kemudian bisa mencoba berbagai keseruan dan aktivitas di dalam metaNesia seperti bermain game, mengunjungi pusat perbelanjaan virtual, dan lain sebagainya. 

Partisipasi produk teknologi lain di DTP Expo Desember 2022

Tidak hanya metaNesia, juga hadir beberapa produk serta layanan lain yang juga berada di bawah Telkom Indonesia. Beberapa layanan tersebut antara lain.

Bidang Digital Infrastructure & Security (INS)

  • Playcourt

Playcourt merupakan sebuah platform pengembangan aplikasi komprehensif yang dibuat khusus untuk pengembangan produk digital yang dimiliki Telkom Indonesia. 

  • INS’ Security Platform

INS’ Security Platform menawarkan perlindungan keamanan digital terbaik bagi produk digital Telkom yang sedang berada dalam pengembangan. 

  • Apilogy

Apilogy merupakan sebuah One Stop API Solution, yang menawarkan manajemen API serta marketplace yang bisa digunakan untuk mempertemukan calon konsumer dan publishers

  • DigiTech

DigiTech merupakan sebuah squad di bawah bidang INS yang menawarkan layanan digital IaaS seperti server space, storage, computer serta data center untuk produk digital Telkom Indonesia. 

  • Satu Data INS

Dikembangkan oleh tim ARMI, Satu Data INS menyediakan sumber data sentral yang dilengkapi dengan sistem manajemen serta agregasi untuk data yang ada. 

Bidang Finance

  • QIP

QIP atau Smart Platform QIP merupakan sebuah Integrated Financial & Gamification Smart Platform yang flexible dan scalable untuk membangun bisnis yang lebih kompetitif serta meningkatkan tingkat engagement pelanggan. 

QIP sendiri memiliki beberapa fitur seperti Payment Gateway, QR Payment, e-Money, Disbursement, Loyalty & Gamification, Biller serta Lending, yang bisa digunakan pengguna. 

Bidang Data Management, Analytics & Governance (DAG)

Bidang DAG berperan untuk membantu integrasi manajemen, tata kelola serta analisis big data yang dibutuhkan perusahaan. Untuk bisa mendukung peran tersebut, terdapat 3 produk yang bisa digunakan yakni:

  • Data Exchange

Data Exchange adalah sebuah platform pengelolaan data dan insight, yang dapat menyediakan berbagai insight pada bisnis. Insight tersebut didapatkan dari sumber internal dan eksternal yang dimiliki Telkom Indonesia dan menjadi showcase layanan yang dimiliki DAG. 

  • Smart Profile

Smart Profile merupakan sebuah platform pengolahan data pelanggan untuk memberikan gambaran detail terkait profil & segmentasi calon pembeli. Gambaran yang tersedia bisa digunakan untuk mendapatkan customer understanding yang lebih dalam dan lebih efektif saat melakukan aktivitas marketing.

  • Customer 360

Customer 360 merupakan sebuah layanan yang menghubungkan seluruh data customer secara aman, untuk sebuah view yang bersifat unified, dan membuat profil pelanggan yang lebih sophisticated sebagai fundamental untuk pengambilan data-decision making (saat ini baru digunakan antara Telkom & Telkomsel). 


Ingin tahu bagaimana metaNesia bisa membantu bisnis kamu semakin maju dan menarik? Yuk, hubungi Customer Service kami untuk lakukan konsultasi secara gratis. Ingin mencoba masuk ke dalam dunia metaverse dan rasakan pengalaman baru? Unduh metaNesia dan masuk ke dalam dunia virtual baru tanpa batasan.