Partisipasi metaNesia pada acara Indonesia Metaverse Show 2023
Beranda /
Blog /
Partisipasi metaNesia pada acara Indonesia Metaverse Show 2023
19 Januari 2023

Partisipasi metaNesia pada acara Indonesia Metaverse Show 2023

tampilan main stage di indonesia metaverse show

Metaverse atau kini yang dikenal sebagai metamesta dalam bahasa Indonesia banyak menjadi pusat perbincangan teknologi terbaru. Bagaimana tidak? Kamu bisa masuk ke dalam dunia virtual baru, yang memungkinkan kamu untuk membuat avatar unik sesuai keinginan serta melakukan berbagai aktivitas di dalamnya. 

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tentu tidak ingin kalah untuk mendukung teknologi terbaru tersebut, apalagi jika dapat meningkatkan berbagai aspek pada masyarakat Indonesia. Salah satu BUMN yang memiliki fokus pada bidang digital adalah Telkom Indonesia. 

Untuk menjadi wadah informasi terkini yang berkaitan dengan beragam teknologi canggih seperti metaverse, blockchain serta AI, Forum Digital Bumn (Fordigi) kemudian menyelenggarakan Indonesia Metaverse Show 2023 pada 18 Januari 2023 silam. 

Kira-kira, ada apa saja di acara ini, ya? Yuk, ikuti keseruannya!

Indonesia Metaverse Show dan persembahan Fordigi untuk Indonesia

memasuki platform metaverse metanesia

Seperti yang telah dijelaskan, Indonesia Metaverse Show (IMS) merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh Fordigi untuk mendukung perkembangan teknologi canggih di Indonesia. Fordigi sendiri merupakan sebuah forum atau komunitas yang membahas terkait produk digital di ruang lingkup BUMN. 

Acara IMS dibuka langsung oleh Fajrin Rasyid selaku Ketua Umum Fordigi. Selain itu, acara ini juga dihadiri beberapa tokoh penting BUMN seperti Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata serta 5 Kepala Bidang Forum Digital BUMN (Fordigi).

Selain menjadi wadah informasi bagi teknologi terbaru, IMS diharapkan mampu mendukung perkembangan teknologi digital yang bisa diimplementasikan ke kehidupan sehari-hari maupun pertumbuhan bisnis. Baik pelaku bisnis kecil (UMKM) maupun perusahaan juga dapat mengembangkan strategi usaha menggunakan beragam pilihan teknologi canggih tersebut. 

menggunakan vr headset untuk masuk ke metanesia

Acara IMS ini diadakan secara hybrid, dengan online melalui metaNesia serta Youtube dan offline pada Telkom Landmark Tower (TLT) Jakarta lantai 6. Diadakan dari pagi hingga sore hari, terdapat banyak institusi maupun BUMN yang membuka booth dan juga menghadiri acara ini. Beberapa diantaranya seperti:

  • Packet System Indonesia
  • Shinta VR
  • Bank Mandiri
  • Telkom Indonesia (metaNesia)
  • Pertamina
  • Bank BRI
  • PLN
  • Pointstar
  • Pegadaian
  • MMI
  • Bank BNI
  • NPP
  • Inovasi Informatika Indonesia
  • Binareka
  • Blue Power Techno
  • GIS
  • Perhutani

Beragam booth institusi dan lembaga BUMN hadir untuk memacu BUMN mengembangkan teknologi yang efektif di lingkungan BUMN serta mewujudkan Satu Data BUMN untuk mendukung pengelolaan BUMN yang efektif.

fajrin rasyid

Kerja sama Fordigi dengan Kampus untuk Membantu Masyarakat

Selain IMS, terdapat juga rangkaian acara Fordigi Goes to Campus yang bertujuan untuk mengajak para civitas akademi agar turut membantu beragam permasalahan yang ada di masyarakat. Program kerja sama ini dilaksanakan untuk memperkenalkan serta mendukung generasi muda agar mengetahui dan mempelajari perkembangan teknologi terbaru yang ada di dunia. 

Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedy Bharata, juga mengatakan bahwa program Fordigi Goes to Campus merupakan arahan langsung dari Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir, untuk mengundang mahasiswa serta talenta muda masuk ke dalam ekosistem BUMN. 

Nantinya, program Fordigi Goes to Campus akan hadir pada 10 kota besar Indonesia yakni  Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya. Makassar, Banjarmasin, Denpasar, dan Sorong.

Adapun universitas maupun institusi pendidikan yang turut bekerja sama antara lain Institut Teknologi Del Medan, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Lambungmangkurat, Universitas Udayana, Universitas Hasanudin, dan Universitas Victory Sorong.

metaNesia di Indonesia Metaverse Show

perbincangan terkait metanesia

Pada kesempatan ini, metaNesia mendapatkan 2 booth yang digunakan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan pada IMS. Booth pertama yang berfungsi sebagai tempat publikasi maupun promokasi portofolio klien yang telah menggunakan jasa metaNesia. 

Kemudian, metaNesia juga mendapatkan satu booth lain yang berfungsi sebagai Game Station. Pada booth Game Station ini, pengunjung dapat masuk dan bermain di dalam platform metaNesia menggunakan headset VR yang disediakan. Tidak hanya bermain game, pengunjung juga bisa mendapatkan merchandise khusus serta kartu e-Money.

promosi metanesia di indonesia metaverse show

Tidak hanya menjadi platform metaverse pertama di Indonesia, metaNesia diharapkan bisa menjadi satu-satunya platform metaverse utama yang ramai digunakan dan masuk ke dalam ekosistem sehari-hari masyarakat Indonesia.

metaNesia, #UnlockYourDreams.