Mikroskop Augmented Reality Buatan Google untuk Mendeteksi Kanker

Mikroskop Augmented Reality Buatan Google untuk Mendeteksi Kanker

Mikroskop adalah alat penting dalam dunia ilmu pengetahuan, kedokteran, dan pendidikan. Perkembangan teknologi telah membawa kita ke era baru dalam dunia mikroskop dengan kemunculan mikroskop augmented reality (AR).

Apa itu Mikroskop Augmented Reality?

mikroskop augmented reality
Lab Research (Rawpixel)

Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda kecil. Melalui setidaknya satu lensa dalam mikroskop, gambar objek dapat diperbesar. Karena cara lensa ini membelokkan cahaya, sebuah objek tampak lebih besar daripada yang sebenarnya.

Meskipun ada kemajuan terbaru dalam deteksi kanker, banyak kasus masih diidentifikasi melalui biopsi dan pemeriksaan mikroskopis dari irisan jaringan kecil. Slide sampel jaringan ini harus dianalisis dengan benar oleh ahli patologi yang berkualifikasi tinggi dan berpengalaman, dan tetap tunduk pada beberapa tingkat bias.

Pada tahun 2018, Google meluncurkan Augmented Reality Microscope (ARM), sebuah teknologi berbasis convolutional neural network (CNN). Inovasi ini akan menggunakan augmented reality dan deep learning untuk membantu seorang ahli mendiagnosis sampel jaringan.

Google menciptakan sebuah prototipe ARM untuk membantu para dokter dalam mendeteksi kanker. ARM, yang dibuat bekerja sama dengan Departemen Pertahanan AS, mencakup peningkatan kecerdasan buatan yang memberikan isyarat visual seperti peta panas atau batas-batas objek secara real time.

Selama bertahun-tahun, Departemen Pertahanan dan Google secara diam-diam telah berkolaborasi dalam hal ini. Meskipun teknologi ini masih dalam tahap awal dan saat ini belum digunakan secara aktif untuk membantu diagnosis pasien, studi awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Para ahli mengatakan bahwa teknologi ini dapat menjadi alat yang berguna bagi para ahli patologi yang tidak memiliki akses mudah untuk mendapatkan pilihan kedua. Perangkat yang dapat “dipasang ke mikroskop cahaya yang ada di rumah sakit dan klinik” adalah apa yang ingin diciptakan oleh Google. Mikroskop yang dilengkapi ARM dapat menampilkan umpan balik visual dalam bentuk teks, panah, kontur, peta panas, atau animasi.

Membantu Ahli Patologi

mikroskop augmented reality untuk deteksi kanker
Pathologist at work in the hospital lab (Flickr)

Jalur baru untuk patologi digital disediakan oleh Augmented Reality Microscope. ARM menyediakan metode yang hemat biaya untuk mendapatkan akses dan melihat aplikasi patologi digital secara langsung di dalam mikroskop. Hal ini dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan pemindai yang mahal dan memakan waktu untuk mengumpulkan gambar sebelum analisis digital.

Peningkatan Alur Kerja Patologi

Integrasi patologi digital di dalam alur kerja patologi konvensional sekarang dimungkinkan. Hal ini disebabkan karena penggabungan potensi diagnostik bantuan komputer, dengan keunggulan biaya, diagnostik dan alur kerja mikroskop yang telah terbukti.

Persyaratan untuk memperoleh gambar digital adalah penghalang utama untuk perpindahan patologi ke digital. Memotret slide tidak praktis dan memberikan akses ke seluruh slide. Sedangkan memindai slide kaca memakan waktu dan membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mahal.

Kelambanan ini dihilangkan melalui ARM. Di antara tujuan mikroskop yang ada dan unit lensa mata adalah tempat ARM dipasang.

Kamera internal merekam gambar bidang pandang secara real-time sehingga ahli patologi dapat terus melihat materi melalui lensa mata mikroskop. Kemudian, tanpa perlu mendigitalkan slide kaca, ARM dapat melapisi data lain, seperti alat morfometrik, analisis sel tingkat lanjut, dan data kasus utama, ke FOV mikroskop.


Itu dia pemaparan mengenai mikroskop augmented reality. Augmented reality microscope adalah inovasi teknologi yang menjanjikan dengan potensi besar dalam berbagai bidang. Ini dapat mengubah cara kita belajar, bekerja, dan melakukan penelitian.

ARM adalah langkah maju yang menarik dalam perkembangan teknologi dan sains. Punya pertanyaan mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Temukan jawabannya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: