Teknologi Mixed Reality Hot Wheels: Rift Rally, Masa Depan Balapan yang Mengagumkan

Teknologi Mixed Reality Hot Wheels: Rift Rally, Masa Depan Balapan yang Mengagumkan

permainan mixed reality
Mixed Reality Game for HoloLens (Michael Calore/Wired)

Garis yang memisahkan dunia virtual dan dunia nyata makin kabur dalam dunia game dan teknologi yang terus berubah. Pengalaman imersif memiliki jalan baru untuk dieksplorasi karena adanya mixed reality, kombinasi antara virtual dan augmented reality. Salah satu penemuan terobosan tersebut adalah sensasi video game “Mixed Reality Hot Wheels: Rift Rally,” yang telah melanda dunia.

Apa itu Teknologi Mixed Reality?

Sebuah teknologi yang dikenal sebagai mixed reality (MR) memadukan aspek lingkungan yang sebenarnya dengan item visual yang dibuat secara digital. Sementara augmented reality (AR) melapisi dunia nyata dengan item visual digital dan virtual reality (VR) menenggelamkan pengguna dalam dunia virtual, mixed reality memadukan keduanya.

Penggunaan peralatan khusus, seperti HoloLens dari Microsoft, diperlukan untuk mengeksploitasi teknologi MR. AR dan MR sering kali disamakan. Namun, MR memungkinkan interaksi pengguna di dua dunia yang berbeda.

Dimensi Baru Dunia Balapan

mobil hot wheels
Mobil Hot Wheels Second Wind 1976 (Wikimedia Commons)

Saat ini, augmented reality hampir seluruhnya masih bersifat teoritis. Meskipun perangkat AR khusus seperti Magic Leap 2 ditujukan untuk bisnis, bukan untuk bermain game, kualitas kamera passthrough pada Quest 2 dan PSVR2 terlalu tidak memadai untuk memfasilitasi game.

Pada akhirnya, kita mungkin akan melihat AR berkembang pada headset VR. Mayoritas pengalaman sebagian besar orang dengan augmented reality adalah Pokemon Go, yang benar-benar merupakan tipu muslihat yang menyedot baterai dan bukan pengalaman AR yang imersif.

Terima kasih kepada Velan Studios, perusahaan di balik Mario Kart Live: Home Circuit dan Knockout City, hal itu mungkin akan segera berubah. Hot Wheel: Rift Rally, game augmented reality berbasis mobil RC yang baru, memiliki banyak kesamaan dengan Mario Kart Live.

Hot Wheels: Rift Rally, Menciptakan Sirkuit Balap di Rumah

Racing Game
Mixed Reality Racing Game (Dean Takahashi/Venture Beat)

Hot Wheels: Rift Rally adalah game PlayStation 4/5 dan iOS yang dibundel dengan mobil yang dikendalikan dari jarak jauh dengan ukuran penuh (bukan ukuran Hot Wheels) yang disebut The Chameleon. Karena Chameleon memiliki kamera 1080p yang dipasang di tengah, kamu dapat melihat dunia sambil mengendarainya melalui ponsel atau televisi dalam perspektif orang pertama yang agak kabur. Chameleon, seperti namanya, dapat bertransformasi menjadi berbagai mobil Hot Wheels, itulah sebabnya kamu perlu melihatnya sekilas dalam bingkai.

Fondasi Hot Wheels: Rift Rally akan mudah dikenali jika kamu pernah memainkan Mario Kart Live. Kamu akan menggunakan empat gerbang di dalam kotak untuk membangun lintasan di rumahmu. Hot Wheels: Rift Rally memiliki cara untuk mengubah balapan dan rintangan secara dinamis untuk mendukungnya, terlepas dari bagaimana kamu membentuk atau mengukur lintasan.

Ada dua mode permainan utama. Mode aksi di mana kamu dapat dengan bebas mengemudi untuk mempraktikkan trik-trik seperti burnout dan wheelie. Kedua, mode cerita di mana kamu dapat membalap dengan mobil lain dan memainkan minigame di berbagai lanskap virtual yang dapat dinikmati di rumah.

Dengan harga kurang lebih 130 US dolar, Hot Wheels: Rift Rally memberi kamu mobil R/C ukuran besar yang bisa dimainkan pada perangkat iOS dan PlayStation yang tersambung pada TV. Game ini memadukan penglihatan yang memberi kesan bahwa kamu memainkan sesuatu yang jauh lebih berisiko dan mendebarkan.

Kelebihan Hot Wheels: Rift Rally

teknologi mixed reality hot wheels
Hot Wheels: Rift Rally (Engadget)

Namun dibandingkan dengan Mario Kart Live, Mixed reality Hot Wheels: Rift Rally merupakan peningkatan yang signifikan. Meskipun Home Circuit merupakan konsep yang revolusioner, namun sulit untuk bekerja dengan baik karena berbagai masalah teknis.

Pemain harus tetap berada di dekat mobil untuk mempertahankan koneksi karena mobil terhubung ke jaringan kamu melalui Switch. Ini berarti trek tidak bisa terlalu panjang atau menyimpang untuk melewati rintangan.

Bahkan jika kamu membuat lintasan tetap kecil, penurunan dan desinkronisasi frame sering terjadi. Hot Wheels: Rift Rally mengatasi masalah tersebut, sehingga kamu dapat membuat lintasan dan mengoperasikan kendaraan di mana pun ada WiFi.

Selain itu, Rift Rally adalah game yang jauh lebih lengkap daripada Home Circuit. Rift Rally memiliki variasi yang lebih besar dalam berbagai mobil dan tantangan yang ditawarkannya daripada Home Circuit. Game ini juga memiliki mekanisme kemajuan yang nyata.

Kamu akan mendapatkan token yang digunakan untuk membuka mobil baru ketika kamu menyelesaikan tantangan atau mencetak poin dalam mode aksi. Setiap mobil di Rift Rally memiliki serangkaian metrik unik, mulai dari kecepatan hingga daya dorong, dan The Chameleon menyesuaikan diri saat kamu berganti mobil.

Seiring kemajuan kamu dalam permainan, kamu juga akan mengumpulkan token yang dapat kamu gunakan untuk mengubah statistik kendaraan favoritmu. Hasilnya, kamu dapat mengubah angka setiap kendaraan sesuai kebutuhan untuk memberikan sedikit lebih banyak kecepatan atau penanganan yang lebih baik. Salah satu dari sekian banyak cara Rift Rally meningkatkan AR adalah kemampuan untuk melihat dan merasakan perubahan yang terjadi pada Chameleon yang sebenarnya.

Contoh Game dengan Teknologi Mixed Reality

Dengan menyatukan dunia nyata ke dalam pengalaman bermain game yang imersif, mixed reality telah mengantarkan era baru dalam bermain game. Pada intinya, ini memberi kita kemampuan untuk memperluas lingkungan nyata kita sehingga kita dapat langsung memanipulasi item analog dan digital.

Demeo

Dengan memanfaatkan kekuatan teknologi passthrough, pembaruan Mixed Reality Demeo membawa pengalaman meja permainan kooperatif yang terkenal keluar dari dunia virtual dan masuk ke dalam rumahmu. Kamu bahkan dapat melempar dadu di atas meja hanya dengan menjentikkan papan permainan ke permukaan datar apa pun di dunia nyata.

Semua pemilik Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro Demeo dapat mengunduh upgrade Mixed Reality Demeo secara gratis. Selain itu, pelacakan tangan akan segera tersedia di perangkat Quest.

Magic Leap’s Dr. Grordbort’s Invaders

Magic Leap’s Dr. Grordbort’s Invaders adalah game mixed reality untuk headset Magic Leap One, yang dibuat oleh Weta Workshop. Pemain menggunakan berbagai alat dan persenjataan untuk melindungi rumah mereka dari robot yang menyerang. Pengalaman yang halus dan imersif dimungkinkan oleh penggunaan komputasi spasial game untuk memadukan objek virtual ke dalam lingkungan yang sebenarnya.

HoloLens RoboRaid

Microsoft menciptakan game penembak orang pertama RoboRaid hanya untuk perangkat mixed reality HoloLens. Pemain menggunakan pelacakan dan pengenalan gerakan untuk berinteraksi dengan objek virtual yang muncul di sekitar mereka saat mempertahankan ruangan dari serangan robot. Untuk pengalaman yang benar-benar imersif, game ini memanfaatkan teknologi pemetaan spasial HoloLens.


Itu dia pemaparan mengenai teknologi mixed reality Hot Wheels: Rift Rally. Mixed reality telah merevolusi game dengan memadukan dunia fisik dan digital, memberikan pemain pengalaman yang imersif dan interaktif yang belum pernah ada sebelumnya. Punya pertanyaan mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Temukan jawabannya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: