Mobil Terbang Pertama yang Sudah Dipasarkan dan Siap Dijual, Harganya Mengejutkan!

Mobil Terbang Pertama yang Sudah Dipasarkan dan Siap Dijual, Harganya Mengejutkan!

Mobil terbang Alef
Alef Flying Car (wikimedia)

Startup California, Alef Aeronautics meluncurkan mobil terbang pertama di dunia yang bernama ‘Model A’. The Federal Aviation Administration (FAA) telah memberikan izin resmi untuk uji coba kendaraan tersebut dan melakukan penelitian serta pengembangan. 

Mobil ini sudah dipasarkan dengan harga US$300.000 USD (sekitar Rp 4,5 miliar) dan siap dikirim kepada pemesan di tahun 2025. Meski belum dijual secara resmi, namun sudah ada lebih dari 400 pesanan dari pre-order. Untuk antrean umum, terkena biaya US$150 dan US$1.500 untuk antrean prioritas.

FAA mengatakan bahwa Alef bukanlah kendaraan pertama yang mendapatkan sertifikat khusus. Namun, Alef menyatakan bahwa kendaraannya berbeda karena dapat berfungsi di darat dan di udara, tampil seperti mobil biasa dan dapat parkir di tempat parkir biasa.

Model A, Mobil Terbang Pertama

Model A merupakan mobil terbang pertama yang dapat dikendarai di jalan umum seperti mobil konvensional, namun juga memiliki kemampuan untuk mendarat dan lepas landas secara vertikal. Mobil ini 100% listrik.

Mobil tersebut hanya dapat membawa 1 atau dua penumpang dengan maksimal berat 90.7 kg, sudah termasuk penumpang dan barang bawaan. Jarak tempuh darat dari mobil tersebut ialah sejauh 321 km, serta 177 km di udara.

Mobil ini tidak akan melaju lebih cepat dari 40 km per jam di jalan beraspal, dan akan disertifikasi sebagai ‘Kendaraan Berkecepatan Rendah’. Jika pengemudi membutuhkan rute yang lebih cepat, maka kemampuan terbang mobil tersebut dapat digunakan.

Setelah mendapat sertifikasi dari FAA, kendaraan harus mematuhi peraturan Administrasi Jalan Raya dan Keselamatan Lalu Lintas Nasional. Kendaraan diatur pada rute transit tertentu, dan membatasi wilayah udara yang dapat dilewati. 

CEO Alef, Jim Dukhovny berkata, “Kami senang menerima sertifikasi ini dari FAA. Hal ini memungkinkan kami untuk menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan dan lebih cepat kepada orang-orang, menghemat jam kerja individu dan perusahaan setiap minggu. Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil.”

Terinspirasi dari Film ‘Back to The Future’

Mobil Back to the Future
Mobil Back to the Future, DeLorean (pxfuel)

Pengembangan mobil tersebut telah dilakukan sejak 2015. Constantine Kisly, Pavel Markin, Oleg Petrov dan Dukhovny, terinspirasi oleh film “Back to the Future” memutuskan untuk membentuk sebuah perusahaan untuk mencoba mengembangkannya. Film tersebut meramalkan bahwa mobil terbang pertama akan tersedia pada tahun itu, yaitu 2015.

Menurut perusahaan, uji terbang awal versi kerangka mobil berhasil dilakukan pada 2018, dan pada tahun berikutnya dilakukan uji coba prototype ukuran asli. Namun untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan yang diperlukan, mereka perlu sertifikat khusus dari FAA.

Model Kedua Mobil Terbang

Meskipun mobil terbang pertama yaitu Model A belum resmi digunakan secara umum, kini Alef sedang mengerjakan model mobil terbang yang kedua bernama ‘Model Z’. Mobil tersebut diprediksi akan rilis di tahun 2035.

Beberapa calon pembeli mungkin akan kecewa dengan harga Alef Model A yang cukup mahal. Kepala unit Alef mengatakan bahwa saat ini perusahaan fokus pada produksi skala kecil yang dijalankan dengan unit berbiaya tinggi. Namun, pada tahun 2035 perusahaan berencana untuk memulai produksi massal Model Z yang lebih murah yang akan dijual hanya seharga $35.000. 

Model Z memiliki model sedan dan dapat berisi empat penumpang. Mobil tersebut memiliki jarak tempuh udara 482 km serta jarak tempuh darat 321 km. Dengan tenaga hidrogen hingga 500 mil di udara, Dukhovny mengatakan bahwa kendaraan akan diizinkan lepas landas dan mendarat dari mana saja kecuali “daerah yang di blacklist“.


Demikian artikel mengenai mobil terbang pertama di dunia, Model A. Teknologi sudah semakin canggih sehingga mobil dapat digunakan bukan hanya di darat, namun juga bisa di udara. Saat ini Alef sudah memasarkan mobil terbang tersebut dan akan dikirim kepada pembeli di tahun 2025. 

Jika anda tertarik dengan metaverse, Anda dapat bergabung dengan kami dan menghubungi Customer Service melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya dan berkonsultasi dengan pihak MetaNesia.

Untuk masuk ke platform MetaNesia, caranya cukup mudah. Anda tinggal mengunduhnya melalui website MetaNesia. Mari kita kembangkan pasar digital karya anak bangsa melalui MetaNesia!

Bagikan ini: