Facebook dan Instagram Kini Bisa Pamerkan Koleksi NFT, Berikut Cara Pakainya

Facebook dan Instagram Kini Bisa Pamerkan Koleksi NFT, Berikut Cara Pakainya

NFT di metaverse
Berita NFT Metaverse (nftspremier/Pixabay)

Perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook telah lama mengincar tahap berikutnya dari internet. Pada tahun 2014, Facebook mengakuisisi Oculus, yang saat itu menjadi proyek yang didanai Kickstarter. Kini, dikenal sebagai Meta, dan masuk ke Web3.

Selain game metaverse Horizon Worlds yang dipublikasikan oleh Meta, perusahaan ini juga menghadirkan Instagram dan Facebook. Dua platform Web2 yang paling menentukan fungsionalitas penuh Web3.

Namun perubahan itu tidak akan terjadi dalam semalam. Inilah mengapa non-fungible token (NFT) menjadi pusat perhatian pada transisi Web3 Facebook dan Instagram, dan pada artikel kali ini akan menjelaskan semua yang perlu kamu ketahui tentang posisi NFT di masa depan.

Instagram: dari platform berbagi gambar ke pasar NFT

Saat Instagram diluncurkan pada Oktober 2010, Instagram dikenal sebagai aplikasi gratis untuk smartphone di mana pengguna dapat dengan bebas berbagi foto dengan lingkaran sosial mereka. Namun, mengingat perangkat keras kamera yang relatif primitif dari sebagian besar smartphone saat itu, membuat hasil foto kurang bagus saat dibagikan.

Instagram bertahan selama sekitar satu setengah tahun sebagai platform media sosial yang mandiri sebelum diakuisisi oleh Facebook, April 2012 lalu. Sejak saat itu Instagram memperluas rangkaian layanannya dari berbagi gambar sederhana hingga menyertakan carousell, video, instagram story, reel, dan NFT sejak Mei 2022.

Skema NFT Instagram

Meskipun pembaruan terkini memungkinkan beberapa kreator NFT terkenal untuk menjual karya mereka sebagai NFT di Instagram, ini tidak akan menjadi fitur eksklusif selamanya. Sama seperti bagaimana Meta meluncurkan fitur yang memungkinkan pembuat dan kolektor NFT untuk menampilkan dan membagikan NFT mereka di Instagram secara gratis pada Mei 2022.

Instagram memperluas dukungan untuk fitur berbagi NFT-nya. Hanya tiga bulan setelah fitur tersebut pertama kali diuji, Instagram menyertakan lebih dari 100 negara pada Agustus 2022, termasuk Indonesia, untuk mendukung fitu NFT tersebut. Hanya masalah waktu sebelum pengguna reguler dapat juga menjual koleksi digital di platformnya.

Cara kerja NFT Instagram

Untuk lebih memfasilitasi status potensial Instagram sebagai platform onboarding Web3 yang masif, Meta telah menempatkan fokus yang besar untuk memastikan bahwa memanfaatkan fitur baru NFT di Instagram semudah mungkin untuk diakses.

Jadi apa daya tarik implementasi NFT di Instagram? Untuk memulai, Meta telah menekankan beberapa fitur utama, seperti berbagi NFT sebagai postingan, yang sepenuhnya gratis. Selain itu, ketika layanan NFT marketplace bangkit dan ramai, Meta menjanjikan untuk sepenuhnya bebas dari gas fee, setidaknya untuk saat ini.

Meta juga berniat untuk memastikan daftar blockchain dan dompet digital yang kompatibel seinklusif mungkin. Di antara daftar blockchain yang kompatibel adalah Ethereum, Polygon, Flow, dan Solana. Adapun dompet digital yang kompatibel termasuk MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, Rainbow, Dapper, dan Phantom Wallet.

Jadi, jenis non-fungible token (NFT) apa yang bisa kamu pasang untuk ditampilkan di Instagram? Secara teori jenis apapun bisa, selama ada semacam komponen visual. Baru-baru ini, Meta memperluas jenis NFT yang dapat dibagikan pengguna. Yakni, NFT video dan animasi.

Cara memposting NFT ke Instagram

Cara terbaik untuk mengetahui apakah fitur NFT tersedia untukmu adalah dengan memeriksa apakah opsi “Digital collectibles” dapat ditemukan, seperti yang ditunjukkan pada screenshot di bawah.

NFT Facebook dan Instagram
Fitur NFT di Instagram (Meta)

Pengguna dapat menghubungkan dompet digital mereka ke platform dengan mengunjungi menu “Digital collectibles”. Sesampai di sana, pemberitahuan akan terbuka di layar dan membawa pada langkah selanjutnya untuk terhubung ke beberapa pilihan dompet digital yang kompatibel, contohnya seperti coinbase wallet. Kamu juga dapat menghubungkan dompet tambahan ke akun dengan mengklik tombol “Add wallet”.

NFT Facebook dan Instagram
Fitur Add Wallet (Meta)

Selanjutnya, pengguna dapat melihat semua NFT mereka dan membagikannya sebagai postingan. Mirip dengan membagikan postingan lain di Instagram, pengguna dapat mengetuk tanda tambah di bagian atas layar mereka dan kemudian memilih “Post”. Kamu dapat menambahkan deskripsi ke NFT yang dipilih sebelum membagikannya ke feed.

Selanjutnya, pengguna dapat melihat semua NFT mereka dan membagikannya sebagai postingan. Mirip dengan membagikan postingan lain di Instagram, pengguna dapat mengetuk tanda tambah di bagian atas layar mereka dan kemudian memilih “Post”. Kamu dapat menambahkan deskripsi ke NFT yang dipilih sebelum membagikannya ke feed.

Cara kerja NFT di Facebook

Untuk saat ini, penerapan NFT di Facebook terbatas pada membagikannya sebagai postingan, sama seperti pada Instagram. Meskipun pengguna Facebook menerima fitur berbagi NFT ini pada saat yang sama dengan penghuni Instagram, belum ada kabar kapan tepatnya perdagangan NFT akan tersedia di platform media sosial.

Cara memposting NFT ke Facebook

Proses berbagi koleksi digital ke feed Facebook mirip dengan di Instagram. Pengguna harus dapat menemukan tab “Digital Collectibles” di bawah bookmark mereka di platform versi desktop.

NFT Facebook dan Instagram
Fitur NFT di Facebook (Meta)

Kamu harus menghubungkan dompet digital untuk mengakses koleksi digital milikmu.

NFT
Fitur share to feed (Meta)

Selanjutnya, kamu harus memilih salah satu barang koleksi digital untuk dipamerkan di feed Facebook milikmu. Setelah dipilih, kamu dapat mengeklik “Share to feed”, di mana kamu akan diminta untuk memilih apakah kiriman dalam feed akan bersifat publik atau hanya dibagikan kepada sekelompok teman tertentu.

Kamu kemudian akan diminta untuk mengisi postingan dengan teks tambahan, gambar, atau detail lainnya sebelum memposting. Setelah diposting, barang koleksi digital akan muncul di profil dan feed utama dengan lambang “Digital Collectibles”.

Cara memonetisasi NFT Facebook dan Instagram

Menghubungkan dompet digital ke Instagram dan Facebook mungkin merupakan cara yang baik untuk memamerkan koleksi atau kreasi NFT milikmu dan memverifikasi keasliannya. Langkah ini mengikuti platform media sosial lainnya seperti Twitter dan Reddit yang baru saja menambahkan fungsionalitas NFT.

Peluang utama terkait monetisasi adalah menggunakan NFT Instagram sebagai cara tambahan untuk memasarkan atau membangun hype untuk koleksi NFT. Di masa mendatang, Meta dapat memperluas akses ke fungsi pencetakan dan penjualannya. Dengan memberikan alat “end-to-end” kepada kreator untuk membuat, menampilkan, dan menjual NFT.

Meta hentikan integrasi fitur NFT di platformnya

Baru-baru ini, Meta mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan fitur NFT di platform Instagram dan Facebook, meskipun fitur NFT tersebut baru diluncurkan kurang dari setahun yang lalu. Keputusan ini menunjukkan pergeseran strategi perusahaan dalam menangani aspek monetisasi dan fokus pada fitur yang memberikan dampak yang lebih besar.

Meta akan mulai beralih fokus ke fitur yang berdampak lebih besar, seperti Reel, serta fitur-fitur pesan seperti Direct Message di Instagram dan Messenger di Facebook. Dengan demikian, Meta bisa memperkuat pengalaman pengguna dalam hal fitur-fitur, yang berpotensi untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pengguna.


Itu dia informasi mengenai fitur NFT di platform Instagram dan Facebook yang kompatibel dengan blockchain Ethereum, Polygon, Flow, dan Solana, berikut dengan cara kerjanya. Ingin tahu informasi lain seputar NFT dan teknologi metamesta lainnya? Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi dan artikel menarik lainnya.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia metaverse. Platform ini memungkinkan pengguna untuk terhubung, berinteraksi, dan bertukar koleksi digital dalam lingkungan virtual yang imersif.

Apabila tertarik untuk menghadirkan lingkungan virtual di perusahaanmu. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan MetaNesia, silakan hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Kamu juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Tertarik untuk mencoba masuk ke dunia metaverse? Yuk, Unduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: