Dampak Modernisasi pada NFT untuk Pertumbuhan Ekonomi
Beranda /
Blog /
Dampak Modernisasi pada NFT untuk Pertumbuhan Ekonomi
12 Januari 2023

Dampak Modernisasi pada NFT untuk Pertumbuhan Ekonomi

kehadiran nft di dunia digital
Source: Gramedia.com

Belakangan ini, NFT semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rasa penasaran masyarakat terhadap NFT mengakibatkan semakin tingginya pencarian mengenai cara kerja NFT dan dunia blockchain. 

Lalu, apakah yang dimaksud dengan NFT? Apa kaitannya dengan blockchain? Bagaimana teknologi NFT dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak ulasan berikut ini.

Non-Fungible Token (NFT) adalah sebuah aset autentik di dunia digital yang memiliki keunikan, sehingga tidak memungkinkan NFT untuk ditukar atau setara satu sama lain. Dengan kata lain, NFT merupakan sertifikat digital yang mewakili objek dunia nyata seperti foto, perjanjian, akta, video, dan bentuk virtual lainnya.

NFT bekerja sebagai sistem penyimpanan data digital, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data secara rahasia melalui skema enkripsi khusus. Skema tersebut dapat mengkonversi data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain.

Penggunaan blockhain dalam NFT untuk pertumbuhan ekonomi

Blockchain sebagai teknologi yang menyimpan informasi NFT untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia
Source: Cyberbahnit.com

Blockchain merupakan teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi. NFT adalah sebuah teknologi kripto berupa sertifikat kepemilikan berkode unik yang menyimpan berbagai informasi terenkripsi di dalam blockchain untuk memastikan kelangkaan dan keaslian suatu karya.

Pada dasarnya, NFT menggunakan teknologi blockchain Ethereum untuk merekam transaksi yang terjadi di dalamnya. Blockchain akan melakukan pencatatan secara permanen terhadap setiap transaksi yang terjadi.

Ethereum adalah salah satu jenis kripto atau mata uang virtual yang belakangan ini sangat populer. Ethereum sendiri merupakan sebuah token aset kripto yang dimanfaatkan dalam transaksi peer to peer. Artinya, aset ini dapat diperjualbelikan di bursa dengan nilai spekulatif.

Namun, Ethereum bukan satu-satunya cara untuk membeli NFT. Seseorang dapat mencetak dan membuat NFT di blockchain lainnya seperti BNB Chain (BNB), Solana (SOL), Cardano (ADA), Tron (TRX), dan Tezos (XTZ).

Dilansir dari Kemenkeu, NFT dibentuk dengan mengonversi foto, perjanjian, akta, video, dan bentuk virtual lainnya di marketplace NFT. Apabila ada yang tertarik untuk membeli, maka penjual akan mendapatkan bayaran berupa cryptocurrency yang umumnya berjenis Ethereum.

NFT adalah aset digital yang kepemilikannya dicatat di blockchain, di mana seiring berjalannya waktu akan mendorong ekonomi digital di Indonesia. Sifatnya yang eksklusif dan tidak dapat direplikasi atau dipalsukan menjadi keunggulan dari NFT. Adanya teknologi blockchain dalam perdagangan NFT dapat menghilangkan penipuan dan pencurian dalam transaksi digital.

Dalam transaksi perdagangan NFT, pemilik NFT akan mendapatkan kode untuk memverifikasi dan mengautentikasi karya seni yang dimiliki. Hal tersebut membuktikan bahwa NFT dapat digunakan untuk menyatakan hak kepemilikan suatu barang digital maupun fisik. 

Kehadiran NFT membuka peluang besar dalam dunia seni digital

NFT berhubungan erat dengan mata uang kripto
Source: PoliticaExterior.com

Saat ini, ekonomi kreatif telah terbukti dapat memajukan perekonomian di Indonesia. Ekonomi kreatif mempunyai dasar ide yang masih tergolong baru, unik, dan inovatif. Konsep perekonomian ini lebih mengutamakan kreativitas, ide, dan pengetahuan dari sumber daya manusia.

NFT diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam hal ini, NFT telah memudahkan penjualan dan promosi produk atau karya hasil masyarakat. 

Bagi perusahaan, penggunaan NFT dapat meminimalisir biaya dan mendukung kelangsungan bisnis digital. Selain memuat bentuk mata uang baru, NFT juga digunakan sebagai kunci digital untuk ruang online. Hal ini memungkinkan adanya komunikasi secara langsung antara pemegang token dan merek.

NFT dapat berfungsi sebagai kartu keanggotaan atau tiket yang memungkinkan pemegangnya untuk mendapatkan akses ke merchandise eksklusif dan diskon khusus. Beberapa brand internasional seperti Louis Vuitton dan D&G telah meluncurkan pasar sendiri yang menjual NFT. Sedangkan brand lainnya seperti Prada dan Bulgari sedang menjajaki peluang baru di pasar ini.

Salah satu pengaruh signifikan yang diberikan NFT pada pertumbuhan ekonomi adalah menyediakan metode investasi baru bagi masyarakat. Selain itu, NFT juga dapat menyediakan sistem baru agar bisnis dapat beroperasi. Kehadiran NFT memungkinkan perusahaan untuk membuat serta menjual aset digital yang mereka buat. 

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa platform NFT yang telah beroperasi. Salah satunya adalah Market metaNesia yang merupakan buatan anak bangsa dari Telkom Indonesia. Proses transaksi NFT di Market metaNesia juga mudah serta user-friendly, sehingga bisa digunakan masyarakat dari berbagai golongan.


Itulah penjelasan mengenai dampak modernisasi pada NFT untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Anda juga dapat mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan tanpa batasan ruang ataupun waktu melalui teknologi metaverse.

Apabila Anda tertarik untuk mencoba menjual produk digital atau menjalin kerja sama, mari bergabung dengan teknologi metaverse dari metaNesia, Anda dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis.

Anda juga dapat mencoba untuk masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman baru melalui metaNesia yang belum pernah Anda coba sebelumnya!