Apakah Bisa Nonton Netflix dengan VR Headset?

Apakah Bisa Nonton Netflix dengan VR Headset?

Aplikasi Netflix
Neflix (Netflix)

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak penerapan teknologi virtual reality (VR) untuk menikmati konten melalui perangkat VR headset. Melalui penggunaan VR headset, hal tersebut meningkatkan evolusi teknologi bagi beberapa aplikasi penyedia konten hiburan maupun film. 

Salah satu aplikasi penyedia film dan series yang bisa kamu coba menggunakan perangkat virtual reality headset adalah Netflix. Netflix merupakan aplikasi berlangganan untuk streaming film maupun series melalui berbagai perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.  

Pada umumnya, menonton film atau series di Netflix menggunakan cara konvensional yakni melalui PC, tablet, smartphone Android maupun perangkat iOS lainnya.

Bagaimana kalau menonton film atau series di Netflix dengan menggunakan perangkat VR headset, ya? Simak informasinya di bawah ini!

Netflix VR Mode 

Nonton Netflix di VR
Neflix VR Mode (Popular Mechanics)

Saat kamu nonton Netflix dengan VR headset, tampilan aplikasi akan berubah menjadi Netflix VR Mode. Dengan tampilan VR Mode ini, kamu dapat menikmati halaman utama aplikasi Netflix dan konten di dalamnya secara 3D yang bisa kamu gerakan 360 derajat. 

Untuk memilih film atau series, kamu bisa menggunakan VR controller untuk membantu mengklik dan menavigasi tombol pilihan di aplikasi Netflix. Kira-kira, virtual reality headset apa saja yang bisa digunakan untuk nonton film atau series di Netflix, ya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Virtual Reality Headset yang bisa digunakan untuk nonton Netflix  

Rangkaian VR headset Meta Oculus

  • Meta Oculus Quest   
Oculus Quest 1
Quest 1 (Thailand Posts English/Dawkins)

VR headset pertama yang bisa kamu gunakan untuk menonton tanyangan di Netflix yakni Meta Oculus Quest. Walaupun perangkat Oculus Quest telah berhenti menerima pembaruan fitur, kamu tetap bisa menggunakan perangkat ini untuk menonton film atau series di Netflix, lho! Untuk mengakses konten Netflix menggunakan perangkat ini, kamu perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Netflix pada website Oculus ya! 

Setelah selesai mengunduh dan masuk pada akun Netflix-mu, tampilan halaman utama akan berubah menjadi Netflix VR Mode tanpa bantuan aplikasi eksternal lainnya. Sehingga, kamu bisa langsung memilih film atau series yang akan kamu tonton dengan perangkat VR ini. Cukup mudah bukan?

  • Meta Oculus Quest 2   
Oculus Quest 2
Quest 2 (IGN/Whitson Gordon)

Perangkat VR headset kedua yang bisa kamu coba untuk streaming layanan aplikasi Netflix yakni Meta Oculus Quest 2. VR headset ini sangat populer di kalangan penggemar dunia virtual reality, karena fitur dan resolusi luar biasa ditawarkan dengan harga yang masuk akal. 

Cara mengakses film atau series di aplikasi Netflix sebenarnya sama dengan menggunakan VR headset Meta Oculus Quest. Kamu cukup mengunduh aplikasi Netflix di website Oculus dan langsung bisa mengakses aplikasi ini secara imersif.

Selain kedua rangkaian perangkat Meta Oculus yang telah disampaikan di atas, kamu juga bisa menggunakan Meta Oculus Go untuk menonton Netflix dengan cara mengakses yang sama, ya!

Samsung Gear VR    

Samsung Gear VR
Samsung Gear VR (Samsung)

Tidak hanya kompatibel dengan rangkaian VR headset Oculus milik Meta, kamu juga bisa menggunakan Samsung Gear VR untuk menonton Netflix. Untuk dapat menggunakannya, kamu perlu mengunduh aplikasi Netflix di Google Play dan membutuhkan smartphone Android Samsung yang kompatibel dengan VR headset ini. 

Beberapa smartphone Android Samsung yang bisa kamu gunakan untuk VR headset ini yakni Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy S6 Edge+, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge.

HTC VIVE 

Nonton Netflix dengan VR headset HTC VIVE
Netflix VR HTC VIVE (UltraVR)

Perangkat VR headset selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah HTC VIVE. Untuk mengaksesnya kamu perlu mengunduh aplikasi VR yakni Big Screen App pada PC yang terhubung dengan VR headset HTC VIVE. 

Setelah mengunduh aplikasi VR tersebut, kamu bisa menavigasikan tampilan virtual reality untuk masuk ke aplikasi Netflix dan langsung nikmati pengalaman imersif saat menonton film atau series yang dipilih. Bagaimana, tertarik mencoba? 

Tampilan imersif saat menonton Netflix menggunakan VR headset

Nonton Netflix dengan Virtual Reality Headset
VR Mode on Netflix (WIRED/Reece Rogers)

Saat mengakses Netflix menggunakan beberapa VR headset di atas, kamu akan diberikan pilihan tampilan untuk menonton Netflix, lho! Contohnya seperti tampilan menonton dari ruang tamu dengan sofa lengkap dan tampilan jendela yang tinggi dengan pemandangan gunung salju maupun halaman luas. Kemudian tampilan home theater, di mana kamu seperti memiliki bioskop pribadi di rumah sendiri, lho!

Menghindari Motion Sickness 

Menonton Netflix dengan VR headset sangat seru untuk dicoba bukan? Namun, ada beberapa saran yang bisa kamu lakukan untuk menghindari motion sickness saat menggunakannya, yakni sebagai berikut: 

  1. Kamu perlu menghindari posisi tidur saat menggunakan VR headset untuk menonton Netflix, ya! Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kelelahan mata akibat menahan beban. VR headset,
  2. Saran kedua yakni perlunya mengkonsumsi makanan sebelum menggunakan VR headset untuk menonton Netflix, 
  3. Yang ketiga yakni disarankan melakukan jeda dan melepaskan VR headset beberapa saat untuk menghindari mata lelah dan pusing. 

Semoga saran di atas dapat membantu menghindari rasa mual, mata lelah dan pusing saat kamu menggunakan VR headset untuk menonton Netflix ya!


Berikut informasi mengenai penggunaan VR headset untuk menonton film dan series di Netflix. Hal ini merupakan cara unik yang menghadirkan pengalaman berbeda dibandingkan menonton Netflix dari laptop, smartphone Android maupun iOS.

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: