Aplikasi Pakaian Virtual DRESSX, Kumpulkan Dana Investasi Jutaan Dolar untuk Kembangkan Ranah Digital Fashion

Aplikasi Pakaian Virtual DRESSX, Kumpulkan Dana Investasi Jutaan Dolar untuk Kembangkan Ranah Digital Fashion

Digital fashion masa depan

Digital fashion masa depan
Digital Fashion (rawpixel)

Semakin bekembangnya teknologi di masa kini, hal tersebut mempengaruhi banyak industri menjadi lebih kreatif dan inovatif. Di masa depan, bisnis pada industri fashion mungkin akan terlihat berbeda. Bahkan, saat ini telah banyak inovasi yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan, dalam menghadirkan platform digital fashion. 

Platform digital fashion tersebut, biasanya berfungsi untuk mencoba pakaian secara virtual. Artinya, kamu tidak perlu mencoba pakaian di toko physical secara langsung, namun hanya dengan mengunduh platform dan menggunakannya secara virtual. Fungsi canggih ini, biasanya mengadopsi teknologi yang dikenal sebagai augmented reality (AR).

Adopsi teknologi augmented reality dalam digital fashion platform membuka berbagai kemungkinan bagi pelanggan, untuk memberikan pengalaman yang unik dan canggih. Hadirnya teknologi AR dalam industri fashion, juga dapat memberikan kenyamanan mencoba dan berbelanja bagi konsumen, hanya dari rumah saja, lho! 

Salah satu platform digital fashion real life, yang sukses besar atas inovasinya dalam memberikan pengalaman mencoba pakaian virtual yakni DRESSX. Yuk, simak informasinya sebagai berikut!

Platform pakaian virtual DRESSX

Aplikasi Pakaian Virtual DRESSX
DRESSX Platform (DRESSX)

​​DRESSX merupakan platform fashion yang menghadirkan pengalaman imersif bagi pelanggan, untuk mencoba ribuan jenis pakaian. Contohnya seperti pakaian yang digunakan sehari-hari, pakaian couture (baju yang dibuat secara ekslusif oleh desainer)dan pakaian dari fashion brands ternama secara virtual. Platform ini terintegrasi dengan teknologi augmented reality, sehingga dapat menampilkan visual 3D secara real time. 

Tak hanya menawarkan pengalaman mencoba pakaian secara virtual, platform ini juga digunakan untuk keperluan periklanan maupun presentasi produk fashion week, lho!

Platform DRESSX sendiri, didirikan oleh dua wanita luar biasa yakni Daria Shapovalova dan Natalia Modenova. Keduanya, memimpin start-up berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, yang seluruh timnya memiliki pengalaman luas di bidang fashion dan teknologi. 

Pada kesempatan ini, para tim sangat paham dalam memberikan kebutuhan pengguna, jika mereka ingin mencoba dan membeli berbagai jenis pakaian digital 3D dengan mudah, efisien dan efektif. 

DRESSX juga menawarkan layanan khusus bagi luxury brands, yang ingin menciptakan koleksi pakaian virtual dan menjualnya melalui platform mereka. Inilah contoh nyata, bagaimana teknologi virtual maupun augmented reality dapat membawa inovasi ke dalam industri fashion, menjadi lebih canggih dan bermanfaat bagi pengguna. 

Kira-kira, apa saja ya fitur yang dihadirkan oleh aplikasi virtual clothing DRESSX? Simak sebagai berikut!

Fitur aplikasi digital clothing DRESSX

Fitur DRESSX
DRESSX Features (DRESSX)

Aplikasi DRESSX, telah menghadirkan beberapa fitur imersif yakni sebagai berikut:  

  • Menghadirkan ribuan digital clothing

Fitur pertama yang ditawarkan oleh DRESSX, yakni telah menghadirkan lebih dari 3.500 digital clothing item fashion, di mana kamu bisa mencoba dan membeli produk tersebut dengan mudah. 

Ribuan pakaian digital tersebut, tidak hanya hasil rancangan DRESSX, namun juga menyajikan produk dari merek ternama dunia.

  • Terintegrasi dengan beberapa platform metaverse

Untuk membeli produk pakaian virtual tersebut, DRESSX menawarkan fitur pembelian, di mana kamu dapat membelinya di beberapa platform metaverse. Pakaian digital tersebut, tersedia pada platform seperti Roblox, Zepeto, Meta Horizon Worlds dan Snapchat.

  • Menyajikan digital fashion item untuk avatar bagi pengguna

Terintegrasinya DRESSX dengan beberapa platform metaverse, menghadirkan fitur menarik lainnya. Saat membeli pakaian digital di DRESSX, kamu bisa menggunakannya pada avatar-mu di platform virtual tersedia, lho! 

  • Visualisasi 3D 

Selain itu, DRESSX juga menyajikan tampilan pakaian secara 3D, sehingga visual yang dihadirkan dapat sesuai dengan pakaian di dunia physical. 

Investor platform pakaian virtual DRESSX 

Pakaian Virtual DRESSX NFT Digital Fashion Week
NFT DRESSX (NFT DRESSX)

Melalui kesuksesan platform DRESSX yang menghadirkan teknologi AR dan VR dalam industri fashion, hal tersebut, mendorong DRESSX untuk semakin berkembang. Luar biasanya, platform digital fashion DRESSX berhasil mengumpulkan $15 juta, untuk kembangkan misi mereka di masa depan.  

Dalam hal ini, DRESSX dibantu oleh beberapa investor seperti perusahaan investasi Greenfield Capital, Slow Ventures, Warner Music, The Artemis Fund, dan Red DAO. Harapan kedepannya melalui investasi ini, DRESSX dapat menumbuhkan komunitas dan kemitraan untuk terus menjadi penyedia utama mode digital di metaverse. Selain itu, pendanaan tersebut dapat digunakan DRESSX untuk memperluas penawaran aset digital NFT-nya.

DRESSX tidak tertarik dengan teknologi kripto

Meskipun DRESSX akan memperluas penawaran aset digital fashion NFT, melalui pendanaan investasi tersebut. Pada kenyataannya, mereka kurang tertarik menggunakan teknologi berbasis kripto. CEO DRESSX yakni Natalia Modenova, menyatakan bahwa mereka akan menawarkan pakaian digital yang kompatibel dengan blockchain, tetapi akan menjauhkan diri dari teknologi kripto.

Kedepannya, DRESSX akan fokus berupaya memperluas jangkauan dan meningkatkan kinerja platform dalam pasar digital aset NFT. Selain itu, mereka juga terus menumbuhkan aplikasi AR fashion yang lebih baik di masa depan. 


Berikut informasi mengenai platform DRESSX, yang menciptakan perubahan teknologi begitu cepat, dinamis, dan membawa banyak perubahan pada sektor industri fashion. Kemunculan mode clothing digital, telah menggandeng teknologi canggih dan inovatif, sehingga menjadikan pelopor dan mengembangkan ranah ini di masa depan. 

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga! 

Bagikan ini: