Penerapan Teknologi Pelatihan Keselamatan Kerja Virtual dengan Metaverse dan VR!
Beranda /
Blog /
Penerapan Teknologi Pelatihan Keselamatan Kerja Virtual dengan Metaverse dan VR!
19 December 2022

Penerapan Teknologi Pelatihan Keselamatan Kerja Virtual dengan Metaverse dan VR!

teknologi pelatihan keselamatan kerja
Sumber: IT Pro

Pelatihan keselamatan kerja merupakan upaya yang diselenggarakan untuk mengembangkan kemampuan dan mengedukasi karyawan dalam prosedur pelaksanaan pekerjaan. Selain itu, pelatihan ini juga mengajarkan karyawan tentang bahaya yang ada di lingkungan pekerjaan dan pencegahannya. Sayangnya, teknologi pelatihan keselamatan kerja memiliki biaya cukup tinggi

Dengan biaya teknologi pelatihan keselamatan kerja yang cukup tinggi, perusahaan mulai beralih kepada pelatihan keselamatan pada lingkungan virtual. Pelatihan keselamatan kerja tersebut memanfaatkan teknologi imersif seperti virtual reality (VR) dan metaverse.

Virtual training dengan VR dan metaverse

Seiring dengan kehadiran Covid-19, banyak aktivitas tatap muka yang kemudian diubah dan diadakan secara online. Pelatihan kerja merupakan salah satunya. Terlebih bagi karyawan yang bekerja di pabrik, yang harus mengikuti training online untuk bisa menguasai pekerjaannya.

Virtual training di metaverse dan VR kemudian hadir untuk menjawab masalah tersebut. Biasanya, pelatihan jenis ini banyak digunakan untuk safety induction, yang merupakan sebuah pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan baru.

Sebagai pemilik bisnis, tentu kamu ingin karyawan agar tetap aman dalam melakukan pekerjaannya. Untuk memudahkan dalam mengajarkan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, peran teknologi VR dan metaverse menjadi solusi alternatif,

Teknologi VR dan metaverse untuk pelatihan karyawan bukanlah hal baru di Industri 4.0. Di luar negeri, efektivitas teknologi pelatihan keselamatan kerja virtual menggunakan VR dan metaverse telah terbukti.

Berbagai perusahaan manufaktur menggunakan virtual reality dan metaverse untuk menjelaskan pentingnya keselamatan kerja. Seperti halnya menjelaskan peraturan keselamatan, seringkali ada pengarahan keselamatan.

Perbedaan virtual training di dalam VR dan metaverse

Meskipun memiliki berbagai kemiripan, VR dan metaverse merupakan dua hal yang berbeda. Metaverse merupakan sebuah platform dunia virtual baru, di mana pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas layaknya di dunia nyata. Sedangkan, VR adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi 3D komputer.

Pelatihan keselamatan kerja berbasis VR pun pastinya berbeda dengan pelatihan virtual di metaverse. Sebenarnya keduanya memiliki kesamaan yaitu membuat simulasi lingkungan virtual dari pekerjaan.

Perbedaannya, pelatihan simulasi keselamatan kerja berbasis VR menggunakan aplikasi khusus yang bisa diakses saat karyawan akan mengikuti pelatihan. Sedangkan sesuai namanya, pelatihan simulasi di metaverse bisa diakses melalui platform metaverse kapanpun dan dimanapun.

pelatihan virtual di dalam metaverse
Sumber: Digitizing Polaris

Pelatihan keselamatan kerja atau safety induction wajib dilakukan agar karyawan baru terhindar dari bahaya dan potensi kecelakaan saat berada di lapangan. Dengan teknologi metaverse dan VR, karyawan bisa mempelajari cara mengatasi dan menghadapi bahaya dengan lebih baik, karena berbagai macam simulasi yang dimiliki.

Perusahaan yang telah menggunakan teknologi pelatihan keselamatan kerja virtual

Shell

Shell merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, yang membutuhkan ribuan karyawan untuk berada di garis terdepannya. Meskipun sudah memiliki peraturan keamanan yang baik, insiden kecelakaan tetap saja bisa terjadi bagi karyawan terdepannya.

teknologi pelatihan keselamatan kerja
Sumber: smarteye.id

Untuk menghindari hal tersebut, Shell menjalankan program Goal Zero yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dan membuat pekerjaan semakin aman. Program ini dilakukan dengan bantuan virtual training, Internet of Things, Artificial Intelligence, dan teknologi lainnya.

Pelatihan yang diadakan Shell ini memiliki visi utama untuk bisa menghindari kecelakaan maupun kebocoran pipa minyak yang saling terhubung.

Peugeot

Karyawan Peugeot dilatih untuk kerja seefisien mungkin dengan tetap mempertahankan tingkat keselamatan yang tinggi. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan produktif. Karena itu, Peugeot juga menerapkan teknologi pelatihan keselamatan kerja virtual.

Para peserta pelatihan keselamatan kerja nantinya akan mengunjungi terapis untuk belajar posisi postur kerja yang benar dalam bentuk fisik dan mental. Pelatihan soft skill juga diberikan untuk membantu berkomunikasi dengan rekan kerja.

Teknologi pelatihan keselamatan kerja ini menggunakan film interaktif 360 derajat yang akan berisi pertanyaan pilihan ganda. Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh pengguna melalui suara.

Peugeot mengklaim bahwa para karyawan akan terus distimulasi dan menjadi lebih terlibat, menghasilkan retensi informasi yang lebih baik. Hal ini bisa mengurangi risiko seperti kecelakaan dan kebakaran di tempat kerja. Lebih dari 40.000 karyawan telah mengikuti pelatihan tersebut, yang kini tersedia di lima negara dengan 60 opsi pelatihan berbeda.

Volkswagen

Selain Shell, Volkswagen juga menjadi salah satu perusahaan yang telah menggunakan virtual training untuk meningkatkan lingkungan kerja yang lebih aman bagi karyawannya. Beberapa contoh pelatihan simulasi yang dilakukan seperti pemasangan rem maupun pintu pada mobil, dan juga pelayanan customer service serta orientasi karyawan baru.

Pelatihan virtual dalam metaverse ini memiliki sekitar 30 skenario dan telah diikuti lebih dari 10.000 karyawan Volkswagen. Pelatihan virtual yang dilakukan oleh Volkswagen tentunya menghemat banyak uang. Bayangkan saja jika 10,000 karyawan harus mengikuti pelatihan yang sama, berapa uang yang harus dihabiskan?

Penerapan pelatihan virtual lainnya

Selain teknologi pelatihan keselamatan kerja, VR dan metaverse juga bisa digunakan untuk pelatihan virtual lainnya. Berikut merupakan beberapa diantaranya.

Uconn Health

teknologi pelatihan keselamatan kerja
Sumber: Uconn Today

Uconn Health merupakan bagian dari University of Connecticut yang menangani prosedur medis, riset biomedical serta edukasi dalam industri kesehatan. Dalam pelatihannya, dokter bedah di Uconn Health hanya bisa melakukan 1 kali latihan pada 1 tubuh, dikarenakan tubuh tersebut tidak bisa dijadikan objek latihan berulang kali.

Oleh sebab itu, virtual training diadakan di dalam platform aplikasi metaverse khusus untuk mengurangi biaya pelatihan yang dikeluarkan.

Untuk bisa mengikuti pelatihan, setiap dokter bedah diharuskan menggunakan perangkat Oculus Quest 2. Kemudian, ada 6 tingkat kesulitan yang bisa dipilih saat pelatihan.

Menurut penelitian, pelatihan virtual seperti yang dilakukan Uconn Health terhitung 570% lebih efektif dibanding pelatihan tradisional biasa. Hal ini dikarenakan latihan tersebut dapat diulang oleh para dokter bedah, hingga mereka terbiasa.

Bank of America

vr training bank of america
Sumber: Training Industry

Bank of America mempekerjakan lebih dari 50 ribu karyawan, banyak di antaranya perlu mempelajari keterampilan baru dengan cepat. Metode e-learning yang digunakan, tidak menghasilkan performa yang diinginkan. Itu sebabnya bank menggunakan pelatihan virtual metaverse dan VR.

VR dan metaverse digunakan oleh perusahaan untuk melatih karyawan tentang cara membuka akun, serta tugas seperti melakukan panggilan layanan. Artificial Intelligence (AI) digunakan dalam percakapan dengan pelanggan untuk mensimulasikan respons berdasarkan jawaban yang diberikan.

Karyawan mempelajari hal tersebut untuk bekerja secara profesional dalam situasi di mana emosi merupakan faktor penting, seperti mengajukan pinjaman. Contoh pelatihan virtual metaverse dan VR ini menunjukkan bahwa industri yang kemungkinan kecil pun bisa mendapat manfaat dari VR.

Bank of America memperoleh efisiensi dari pelatihan virtual karena tingkat pengetahuan sejumlah besar karyawan dapat ditingkatkan dengan cepat. Selain itu, pelatihan membantu mengembangkan empati di antara staf.


Berikut merupakan daftar perusahaan yang telah melakukan program pelatihan virtual mereka menggunakan virtual reality maupun metaverse. Meskipun cukup baru, virtual training terbukti lebih efektif serta efisien dibandingkan pelatihan tradisional seperti umumnya.

Kalau kamu ingin membuat pelatihan virtual di dalam metaverse, coba metaNesia! metaNesia merupakan platform metaverse pertama dari Indonesia, yang berada di bawah Telkom Indonesia.

Di dalam metaNesia, kamu bisa lakukan berbagai hal menarik mulai dari bermain game, mengikuti konser virtual, seminar dan workshop online, hingga pelatihan virtual, loh! Nggak hanya itu, kamu juga bisa masuk ke dalam dunia virtual baru metaNesia dengan unduh aplikasinya di gadget kamu! Sampai bertemu di metaNesia!