Bagaimana Pelatihan Virtual Reality untuk Bisnis Bisa Diterapkan?

Bagaimana Pelatihan Virtual Reality untuk Bisnis Bisa Diterapkan?

Virtual reality menjadi lebih dari sekedar tren, apalagi memasuki tahun 2023 ini. Headset virtual reality yang tadinya dianggap sebagai perangkat hiburan semata, kini menjadi sarana baru bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Program VR training pun mulai dicanangkan pemilik perusahaan besar untuk meningkatkan proses pengembangan karyawan. Lantas, bagaimana pelatihan virtual reality untuk bisnis bisa membantu dan bagaimana penerapan teknologi ini?

Apa itu virtual reality?

pelatihan virtual reality untuk bisnis
person wearing VR smartphone head-set inside room (stephan sorkin/unsplash)

Teknologi yang sering disebut juga sebagai realitas virtual ini adalah sebuah teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer. Teknologi baru ini menempatkan user ke dalam pengalaman simulasi tiga dimensi. Artinya, daripada sekedar pengalaman melihat layar saja, user dibawa untuk memasuki dan berinteraksi dunia simulasi tersebut.

Saat memasuki dunia VR, kelima panca inderamu bisa digunakan layaknya di kehidupan nyata. Semua terjadi secara real-time.

Tipe virtual reality

VR sebagai sebuah teknologi virtual pun memiliki kategorinya sendiri. Berdasarkan tingkatan imersif yang dirasakan pengguna, virtual reality dibagi menjadi 3 kelompok.

Non-Immersive VR

Kategori VR yang satu ini sering sekali diabaikan pengguna dan tidak dianggap sebagai VR. Terutama karena VR ini jarang sekali digunakan akibat dianggap ‘sederhana’

Non-immersive VR menampikan lingkup virtual yang diolah oleh data komputer. User menyadari bahwa mereka berada di dalam dunia virtual dan setiap kegiatan yang dilakukan dipengaruhi lingkungan hasil olah data VR. Contoh dari VR tipe ini adalah video game.

Semi-Immersive VR

Semi-Immersive VR
woman in black sweater holding white and black vr goggles (Maxim Hopman/unsplash)

Tipe VR yang satu ini menggabungkan antara dunia nyata, sekaligus menampilkan lingkup virtual secara parsial. Umumnya, tipe VR seperti ini ditemukan di simulasi penerbangan untuk pemula. Ada pula kegiatan belajar-mengajar yang menggunakan VR dengan tipe ini.

Immersive VR

Sampai saat ini, belum ada teknologi VR yang betul-betul terasa nyata. Namun, pengembangan tanpa henti sedang berlanjut untuk mewujudkan immersive VR.

Tipe immersive VR akan memberikan user pengalaman simulasi yang benar-benar realistis. Mulai dari pengalaman dengan indera pendengaran, pengelihatan, bahkan kadang sampai ke indera penciuman.

Contoh yang tepat untuk immersive VR adalah simulasi game balap mobil. User akan merasakan seolah-olah mengendarai mobil sungguhan, merasakan kecepatannya dan juga menyetir dan mengontrol laju kendaraan.

Pada akhirnya, pengalaman dengan VR tidak hanya terasa nyata VR, yang dibuat dari hasil olahan data komputer, harus dapat membuat penggunanya merasakan pengalaman multidimensi yang terasa nyata. Tentu saja, berinteraksi dengan seamless dengan dunia tersebut.

Apa keuntungan dari VR training? | Pelatihan virtual reality untuk bisnis

Apa keuntungan dari VR training?
man playing VR goggles (Laurens Derks/unsplash)

Seiring bertumbuhnya bisnis, biaya pelatihan untuk karyawan pun mau tak mau akan meningkat. Tidak hanya biaya, resiko kecelakaan dalam pelatihan juga akan semakin tinggi. Hal ini semakin tinggi resikonya jika perusahaan bergerak di bidang manufaktur, konstruksi, dan sejenisnya.

Dengan teknologi virtual reality (VR), pemilik usaha dapat memberikan pelatihan terbaik untuk karyawan dengan skalabilitas yang jauh lebih ramah biaya. Mengapa demikian? VR training bersifat digital dan seluruh aktivitas di dalamnya disimulasikan secara online, sehingga mengeliminasi risiko kecelakaan kerja.

Umumnya, seluruh proses VR training juga sudah dirancang sedemikian rupa oleh penyedia jasa. Oleh karena itu, pemilik bisnis tidak perlu khawatir dengan pengembangan materi maupun penyediaan perangkat.

Aplikasi VR training di pelatihan perusahaan | Pelatihan virtual reality untuk bisnis

Pengalaman pengguna (customer experience) | Pelatihan virtual reality untuk bisnis

Aplikasi VR training di pelatihan perusahaan
man sitting in front of table (Arlington Research/unsplash)

Toko ritel mulai menggunakan pelatihan VR untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Misalnya, Walmart memiliki hubungan jangka panjang dengan STRIVR (sebelumnya dikenal untuk melatih atlet NFL di VR) untuk membuat pelatihan tim customer experience. Sekaligus mensimulasikan ‘Black Friday’ untuk melatih dan mempersiapkan karyawan menghadapi kesibukan liburan.

Perhotelan juga bisa mendapatkan keuntungan dari VR training. McDonald’s bekerja dengan Tantrum Labs untuk mengimplementasikan pelatihan perhotelan. VR training embantu karyawan mereka bekerja melalui berbagai skenario dengan opsi pilihan ganda, untuk membantu praktik saat ada keluhan dan konflik pelanggan.

Produktivitas di tempat kerja | Pelatihan virtual reality untuk bisnis

VR training juga digunakan untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Sebut saja pengaplikasian yang dilakukan oleh DHL.

DHL Express ingin meningkatkan keahlian dan pengetahuan orang-orang di dalam organisasi mereka. Bekerja dengan Immerse, mereka membangun platform pelatihan VR untuk mempromosikan prinsip penumpukan unit load device (ULD) yang aman dan efisien.

Metode baru ini diuji di 12 lokasi di seluruh dunia. Hasilnya, 99% peserta merasa metode ini membantu mereka bekerja lebih baik dan lebih efisien.

Kemudian, industri otomotif pun tidak ketinggalan menerapkan VR training untuk para karyawannya. Ford adalah salah satu pemain besar yang menerapkan VR training.

Bekerja dengan Gravity Sketch, Ford telah menggunakan VR untuk menghasilkan maket mobil dengan hasil yang mengesankan. Mampu memulai dalam 3D, dan tetap dalam 3D telah meningkatkan produktivitas dan mengubah alur kerja desainer mereka. VR dan Gravity Sketch memungkinkan desainer membuat sketsa 3D langsung dari imajinasi mereka.

Rekrutmen | Pelatihan virtual reality untuk bisnis

Pelatihan VR juga dapat digunakan untuk meningkatkan proses rekrutmen dan onboarding dalam suatu bisnis. Dengan menggunakan simulator wawancara, HR dan user dapat berlatih mengajukan pertanyaan wawancara kepada kandidat potensial. Sekaligus mempelajari pertanyaan yang biasanya diajukan, keterampilan yang harus dicari, dan tanda peringatan tentang calon karyawan.

Avatar VirtualSpeech yang terintegrasi dengan ChatGPT dapat membantu mensimulasikan wawancara dari kedua sisi percakapan. Selain itu, avatar juga dapat berperan sebagai pewawancara atau kandidat dan menawarkan umpan balik secara real time.

VR training dari MetaNesia | Pelatihan virtual reality untuk bisnis

VR training dari MetaNesia
Platform metaNesia Milik Telkom (MetaNesia)

MetaNesia, sebagai bagian dari perusahaan korporasi telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom, berfokus pada penyediaan layanan digital. Termasuk layanan virtual reality, augmented reality, dan metaverse. Seluruh proses yang dikembangkan MetaNesia dirancang untuk kemajuan pelatihan karyawan tanpa mengabaikan aspek keamanan (safety).

Kurikulum yang terstandar

Pelatihan VR yang didapatkan akan dirancang untuk memenuhi standar kurikulum pelatihan konvensional. Semua disesuaikan dengan kurikulum perusahaan yang telah ada.

Simulasi yang realistis

Modul pelatihan akan disimulasikan secara realistis dalam sistem VR yang didapatkan. Modul merupakan gabungan gambar 360 dan ruang 3D.

Pengalaman yang imersif

MetaNesia menjamin pengalaman yang imersif bagi pelatihan VR yang dibuat untuk karyawan. Hal ini dicapai melalui gabungan skenario dan interaksi yang nyata dan akurat.

Beragam materi VR training

Beragam materi VR training
man standing in front of people sitting beside table with laptop computers (Campaign Creators/unsplash)

VR training dari MetaNesia mencakup beragam materi yang dikemas secara menarik. Misalnya safety induction untuk pelatihan keamanan umum seperti K3 dalam berbagai situasi bekerja, emergency safety drills (pelatihan respon pekerja dalam menghadapi situasi darurat), dan defensive driving (pelatihan berkendara untuk pekerja yang sering bertugas di jalan).

Perangkat VR yang disediakan

Di awal diskusi proyek pelatihan perusahaan, MetaNesia akan menanyakan berapa banyak perangkat VR yang dibutuhkan pemilik bisnis. Kemudian, MetaNesia yang akan mengurus proses pemesanan dan pemasangan aplikasi pada perangkat. Biaya perangkat VR akan dimasukkan dalam tagihan akhir proyek.


Itulah pembahasan pelatihan virtual reality untuk bisnis dan aplikasi dalam bermacam sektor. Ingin mencoba menerapkan virtual reality untuk bisnis? Hubungi MetaNesia dan dapatkan konsultasi gratis dengan tim kami.

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama di Indonesia yang juga merupakan bagian dari Telkom Indonesia. Anda juga bisa merasakan keseruan masuk ke dalam dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia. Yuk unduh hari ini, jangan sampai ketinggalan keseruannya!

Bagikan ini: