Peluang Karir Industri AR/VR: 7 Skill yang Harus Dimiliki untuk Meningkatkan Peluang

Peluang Karir Industri AR/VR: 7 Skill yang Harus Dimiliki untuk Meningkatkan Peluang

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah bidang yang sedang berkembang yang bertanggung jawab atas beberapa kemajuan paling menarik dalam teknologi modern. Industri VR dan AR semakin bergeliat dan menunjukkan peluang karir yang semakin menjanjikan. Lantas bagaimana cara memaksimalkan peluang karir industri AR/VR? Artikel ini membahas 7 skill yang harus dimiliki jika kamu ingin bekerja di industri augmented reality, virtual, dan mixed reality.

peluang karir industri AR/VR
Pekerja di industri AR/VR (SAE Australia)

Skill yang kamu butuhkan untuk berkarir di AR/VR

Berikut adalah 7 skill yang paling dicari oleh perekrut pada kandidat yang ingin memulai karir di AR/VR:

1. Ilmu komputer atau gelar terkait

Meskipun ini bukan keharusan, gelar dalam ilmu komputer atau bidang terkait lainnya dapat membantu menyempurnakan resume dan membantu kamu menonjol dari kandidat lainnya. Perlu dicatat bahwa gelar saja mungkin tidak cukup. Gelar Sarjana bisa saja cukup, tetapi jika kamu memutuskan untuk mengambil gelar Master atau Ph.D., akan membantu meningkatkan peluang.

2. Keterampilan Pemrograman

Skill pemrograman yang mumpuni (Flickr/Graham Higgins)

Lingkungan AR dan VR didukung oleh skrip yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman. Jadi jika kamu ingin berkarir di industri ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengembangkan skill pemrograman. C#, Java, Python, dan JavaScript hanyalah beberapa bahasa pemrograman yang mungkin akan kamu pelajari.

Saat mempelajari bahasa pemrograman, pastikan untuk memahami konsep seperti pemrograman berorientasi objek, notasi Big O, abstraksi, dan konsep penting lainnya seperti menulis clean code. Ini penting karena kamu mungkin akan bekerja dalam tim, jadi kamu harus memastikan kode yang ditulis jelas dan dapat dipahami dengan mudah oleh orang lain.

3. Membangun pengalaman

peluang karir industri AR/VR
Memiliki pengalaman yang cukup membuat kandidat dipekerjakan lebih cepat (AIXR)

Apakah kamu memiliki gelar dalam ilmu komputer atau telah belajar membuat kode sendiri menggunakan platform pembelajaran online, penting untuk membangun pengalaman dengan pengembangan perangkat lunak dengan mengerjakan satu atau dua proyek sebagai portofolio.

Dengan membangun portofolio, ini akan membantu meningkatkan pemahaman kamu tentang konsep utama terkait industri dan juga membantu menunjukkan kepada calon perekrut apa yang dapat kamu tawarkan.

Kamu dapat memutuskan untuk memulai dari yang kecil dengan proyek sederhana. Kemudian, jangan merasa terintimidasi untuk mencoba proyek yang lebih menantang seiring peningkatan skill yang kamu miliki. Platform seperti GitHub bisa sangat berguna untuk membangun portofolio.

4. Pemahaman dasar tentang extended reality

peluang karir industri AR/VR
Ilustrasi teknologi extended reality (5. Pemahaman tentang desain eser experience yang baik

Lingkungan AR/VR sering kali membutuhkan desain yang baik dan solusi kegunaan agar dapat diapresiasi sepenuhnya. Agar pengguna memiliki pengalaman yang baik, diperlukan waktu dan upaya dalam proses desain.

Pemahaman yang tepat tentang UI/UX, dapat sangat berguna dalam merancang headset AR/VR yang nyaman dan efisien untuk dinikmati pengguna. Jadi aspek seperti kegunaan, aksesibilitas, dan interaksi harus dianggap penting.

6. Skill animasi dan pemodelan 3D

Blender, Unity, dan Unreal Engine hanyalah beberapa dari perangkat lunak 3D yang mungkin ingin kamu pelajari karena sangat berguna untuk mendesain lingkungan augmented dan virtual reality.

Kamu dapat menggunakan jenis perangkat lunak ini untuk membuat prototipe untuk ditampilkan kepada perekrut atau klien potensial. Hal ini bisa sangat membantu, karena beberapa konsep desain mungkin sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata atau gambar.

7. Selalu mengikuti tren terbaru

Apa pun bidang yang kamu geluti, akan sangat membantu untuk tetap mengikuti tren terkini. Ini dapat membantu kamu mengetahui apa yang dengan cepat menjadi usang dan keterampilan yang mungkin ingin kamu pelajari sekarang atau dalam waktu dekat.

Salah satu cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan media sosial. Platform seperti Twitter memiliki pengguna yang menawarkan pembaruan ke berbagai bidang seperti AR/VR.

Dengan menyukai, mengomentari, dan membagikan tweet yang terkait dengan AR/VR, algoritme yang dirancang untuk menampilkan konten yang kamu sukai, kemungkinan akan mulai menampilkan lebih banyak informasi terkait dengan AR/VR. Kamu mungkin juga ingin menghadiri webinar untuk pandangan yang lebih akademis tentang tren terbaru.


Industri AR/VR, meski cukup baru, terus membuat kemajuan. Bagi kamu yang ingin memiliki karir di bidang ini, informasi yang tercantum dalam artikel ini mungkin berguna. Jika kamu tidak memiliki latar belakang pemrograman, beberapa skill mungkin agak sulit untuk dikuasai, tetapi selama kamu memiliki keinginan dan waktu, kamu masih memiliki peluang yang tinggi untuk mencapai tujuan.

Yuk, kunjungi metaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar augmented reality, virtual reality dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: