Inovasi dan Pengembangan Teknologi Kelautan Terbaru Dunia serta Indonesia

Inovasi dan Pengembangan Teknologi Kelautan Terbaru Dunia serta Indonesia

Tahukah kamu kalau Bumi yang kita tinggali terdiri dari 30% daratan dan 70% laut? Hal ini membuat Bumi terisi dari 70% laut yang berisi beragam ekosistem di dalamnya.

Laut juga memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, salah satunya dengan hasil perikanan yang dimiliki serta kemampuannya untuk terus menghasilkan hujan dan air. Oleh sebab itu, banyak pihak seperti perusahaan, organisasi internasional hingga pemerintahan yang berusaha untuk mengembangkan teknologi terbaru demi aspek kemaritiman serta kelautan dan perikanan.

Yuk, ketahui lebih lanjut terkait pengembangan dan kehadiran inovasi teknologi kelautan terbaru di bawah ini!

pengawasan pengembangan teknologi kelautan terbaru
Coastal and ocean observing (Australian Institute of Marine Science)

Apa itu teknologi kelautan dan perikanan? | Pengembangan Teknologi Kelautan Terbaru

Dilansir dari Kompas, teknologi kelautan merupakan cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mengkhususkan diri pada teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan laut demi kesejahteraan manusia.

Teknologi kelautan sendiri sering dikaitkan dengan perikanan karena kehadiran ekosistem laut yang beraneka ragam, membuat berbagai teknologi yang dihasilkan harus tetap menjaga keadaan alamnya dengan baik.

Bagi setiap pemerintahan negara, teknologi kelautan dan perikanan penting posisinya untuk dikembangkan karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Diantaranya seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menambah mata pencaharian nelayan, hingga meningkatkan pengaruh diplomatik antar negara.

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga telah melakukan berbagai riset serta mencoba hasil penelitian yang dilakukan, demi meningkatkan kekuatan maritim serta peningkatan teknologi kelautan dan perikanan yang lebih baik.

Secara umum, teknologi ini masih dibagi ke dalam beberapa pilihan ilmu berbeda seperti:

  • Komunikasi
  • Sistem navigasi
  • Sensor
  • Wahana bawah laut
  • Akustik
  • Perekayasaan
  • Bioteknologi
  • Nanoteknologi
  • Meteorologi
  • Optik, dan
  • Radar
armada kapal
Umitaka-maru, back style , an investigation ship of Tokyo University of Marine Science and Technology ,at the Harumi Pier of tokyo Port (Wikimedia Commons)

Contoh teknologi kelautan dan perikanan yang telah digunakan | Pengembangan Teknologi Kelautan Terbaru

Berikut beberapa contoh hasil inovasi teknologi kelautan dan perikanan yang telah digunakan di dunia, seperti:

Remotely Operated Vehicles (ROV)

Remotely Operated Vehicles atau yang sering disebut sebagai ROV merupakan salah satu jenis robot bawah air yang dikendalikan oleh remote control (RC). Biasanya, terdapat ROV yang terhubung dengan kabel maupun tidak.

Robot jenis ini biasanya digunakan pada bagian laut yang tidak bisa dijangkau manusia. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan seperti penjelajahan, inspeksi, serta eksploitasi bawah laut secara langsung.

Biasanya, ROV juga memiliki kamera yang memberikan tampilan langsung bagi ilmuwan atau ahli yang memantaunya. Kamera tersebut terhubung dengan prosesor mikro, yang kemudian datanya akan diterima operator serta ditampilkan pada GUI (Graphic User Interface).

Teknologi sonar

Sonar (Sound Navigation and Ranging) merupakan sebuah inovasi teknologi kemaritiman yang berfungsi sebagai salah satu alat navigasi untuk penginderaan jauh pencitraan bawah laut. Teknologi ini adalah suatu sistem yang terdiri dari transduser dengan arah miring beserta unit perekamannya, yang kemudian dapat digunakan untuk memberikan informasi citra bawah laut.

Inovasi ini bekerja dengan menggunakan frekuensi suara tinggi atau ultrasonik, yang biasanya berada pada kisaran 50KHz. Rentang frekuensi tersebut sudah tidak bisa didengar oleh manusia karena panjang gelombangnya yang sangat kecil.

Prinsip kerja sonar berjalan dengan memantulkan sinar ke dalam air, dan kapal akan kembali menerima pantulan suaranya. Pantulan suara tersebut kemudian diterima oleh receiver dan diolah datanya untuk mengetahui pemetaan dan objek yang berada di bawah air.

Sistem navigasi

Sistem navigasi kapal menjadi salah satu inovasi kemaritiman yang sangat berfungsi untuk mengetahui arah tujuan serta informasi lain yang berada di bawah laut. Teknologi ini sendiri terdiri dari beberapa jenis tergantung teknologi dan ukuran armada yang digunakan. Beberapa diantaranya seperti kompas, radar, sonar, barometer serta echo sounder.

Umumnya, armada kapal yang lebih kecil seperti nelayan menggunakan kompas dan juga arah mata angin. Sedangkan kapal yang lebih besar akan menggunakan teknologi lebih canggih layaknya radar dan sonar.

Mega-corer

Berbeda dengan produk teknologi kelautan dan perikanan lain yang hanya bisa mengetahui dan memetakan permukaan laut, mega-corer digunakan untuk mengambil sampel air laut pada beberapa daerah riset yang telah ditentukan.

Dengan rata-rata diameter 100mm x 60mm, mega-corer bisa mengambil sampel data untuk kemudian diolah oleh ahli ilmuwan. Data ini biasanya digunakan untuk mengetahui kebersihan serta keaslian ekosistem di dalamnya.

contoh remotely operated vehicles
Launching the ROV (NOAA’S National Ocean Service / Flickr)

Tantangan pengembangan teknologi kelautan | Pengembangan Teknologi Kelautan Terbaru

Meskipun memiliki peran penting dalam aspek maritim Indonesia, faktanya pengembangan teknologi kelautan dan perikanan masih menghadapi berbagai rintangan dalam aplikasinya. Di Indonesia sendiri, tantangan tersebut sering kali berhadapan dengan kolaborasi antar banyak pihak, yang kemudian berakibat pada kesulitan koordinasi antar pihak terkait.

United Nations Decade of Ocean Science for Sustainable Development, yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga telah mengungkapkan 10 tantangan yang akan dialami dalam pengembangan dan keadaan kelautan maritim dunia. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memahami dan mengalahkan polusi laut yang berdampak pada kesehatan manusia serta ekosistem laut
  • Melindungi dan memulihkan ekosistem serta keanekaragaman hayati di bawah perubahan kondisi lingkungan, sosial serta iklim.
  • Mengembangkan pengetahuan, mendukung inovasi hingga mengembangkan solusi maritim yang adil berkelanjutan dan merata.
  • Meningkatkan pemahaman tentang laut dan iklim guna membuka solusi berbasis laut yang tidak merusak keadaan bumi
  • Meningkatkan ketahanan masyarakat dan layanan peringatan dini terhadap bahaya laut
  • Memastikan sistem pengamatan laut yang berkelanjutan di semua cekungan laut, yang kemudian datanya bisa diolah pengguna.
penggunaan berbagai teknologi dalam armada kapal
Small vessel hybrid propulsion system efficiency test in the Gdansk University of Technology Faculty of Ocean Engineering and Ship Technology (Poland) laboratory (Wikimedia Commons)

Pengembangan produk dan riset dari teknologi kelautan | Pengembangan Teknologi Kelautan Terbaru

Salah satu institut perguruan tinggi di Indonesia yakni ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) sudah pernah mengembangkan beberapa inovasi hasil riset maritim yang bisa digunakan untuk aspek maritim Indonesia.

Beberapa diantaranya seperti:

Material alternatif bambu untuk kapal

Untuk bisa menangkap ikan, nelayan tentunya membutuhkan kapal yang kuat guna melindungi keadaan mereka di tengah laut yang sering tak menentu. Meski demikian, kini harga kayu berkualitas kian tinggi sehingga sulit didapatkan oleh nelayan.

Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa ITS berinovasi dan menyarankan penggunaan bambu sebagai pengganti karena ketersediaannya yang melimpah. Selain itu, bambu juga memiliki harga yang lebih terjangkau serta ketahanannya cukup baik.

Perangkat pemantauan kapal terintegrasi

Untuk menghindari kemungkinan illegal fishing akibat ketiadaan registrasi dan teknologi terintegrasi di kapal, dibutuhkan adanya Intelligent Maritim Transportation System (IMTS) guna melacak keberadaan kapal ilegal.

Automatic Identification System (AIS)

Automatic Identification System atau AIS diwajibkan untuk digunakan pada setiap kapal karena berfungsi sebagai sistem pelacakan otomatis untuk menghindari tabrakan kapal. Penggunaan teknologi ini sendiri sudah ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO).


Itulah pembahasan lengkap terkait pengembangan inovasi serta teknologi kelautan terbaru yang ada di dunia. Suka membaca berita teknologi menarik seperti satu ini? Yuk, cek informasi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia merupakan penyedia layanan virtual reality, augmented reality serta platform metaverse pertama di Indonesia. Berada di bawah naungan Telkom Indonesia, MetaNesia telah melayani beragam klien global maupun lokal dari banyak industri seperti ritel, manufaktur, pendidikan, kesehatan, lembaga pemerintahan, dan masih banyak lagi.

Mau coba gunakan teknologi canggih Telkom Indonesia pada bisnis kamu? Yuk, hubungi tim administrasi MetaNesia untuk dapatkan konsultasi gratis secara langsung!

Kamu juga bisa masuk ke dalam dunia virtual 3D imersif milik MetaNesia, loh. Rasakan pengalaman baru berinteraksi dengan pengguna lain serta mencoba beragam fitur menarik yang ada di dalamnya. Unduh aplikasi MetaNesia dan mainkan langsung di perangkat kamu!

Bagikan ini: