Pentingnya Transformasi Digital Industri Manufaktur Guna Hadapi Disrupsi Teknologi

Pentingnya Transformasi Digital Industri Manufaktur Guna Hadapi Disrupsi Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat semua lapisan masyarakat mau tidak mau harus mengikuti adaptasi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari industri pendidikan, kesehatan, hiburan hingga ritel dan manufaktur perlahan mengadaptasi teknologi dalam maintenance dan proses pekerjaannya.

Tanpa membeda-bedakan industri yang ada, semua industri penting kehadirannya untuk memastikan berbagai macam aspek penting di dunia bisa berjalan dengan baik. Meski demikian, industri manufaktur menjadi salah satu industri utama yang paling berpengaruh karena kemampuannya untuk memproduksi barang jadi yang dapat dijual dan menghasilkan lapangan kerja.

Industri manufaktur memiliki sejarah panjang mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi di setiap eranya. Untuk mengetahui informasi lengkap terkait peluang dan pentingnya transformasi digital pada industri manufaktur, baca selengkapnya di bawah ini!

perkembangan revolusi industri
How Does Industry 4.0 Differ From The Previous Generation? (Renaix)

Disrupsi teknologi dalam industri manufaktur | Pentingnya transformasi digital industri manufaktur

Teknologi merupakan suatu bagian dunia yang selalu melakukan inovasi dan tidak dapat dihentikan. Manusia yang terus-terusan mencoba untuk menemukan hal baru menjadi cikal bakal munculnya berbagai macam teknologi yang digunakan pada banyak industri. Pada industri manufaktur, konsep ini disebut sebagai transformasi digital dengan yang paling baru adalah Industry 4.0.

Perkembangan atau revolusi industri sendiri diartikan sebagai keadaan di mana aspek kehidupan terpengaruh oleh perubahan global dengan dampak yang masif. Jika dihubungkan dengan ekonomi, revolusi industri berperan penting untuk meningkatkan standar ekonomi masyarakat.

Hal ini dikarenakan kehadiran mesin memiliki peran fundamental untuk menghemat waktu. meningkatkan jumlah produksi barang secara signifikan dan menghemat tenaga yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang jadi.

penggunaan teknologi pada industri manufaktur
How Smart Technology is Helping the Manufacturing Industry (CEO Monthly)

Sejarah revolusi industri dunia | Pentingnya transformasi digital industri manufaktur

  • Revolusi industri 1.0

Revolusi industri 1.0 terjadi sekitar tahun 1784 akibat ditemukannya alat penenun benang mekanik buatan James Watt, yang merevolusi cara kerja mesin sebelumnya menjadi baru. Terjadinya revolusi industri 1.0 membuat mesin bekerja dengan lebih efisien dan tidak membutuhkan tenaga manusia untuk bisa menghasilkan barang jadi.

Penemuan mesin uap yang revolusioner oleh James Watt membuat seluruh industri dan bagian berubah, mulai dari transportasi, pertanian, manufaktur, pertambangan hingga teknologi. Kini mesin bisa berjalan dan digunakan 24 jam untuk melakukan berbagai hal.

  • Revolusi industri 2.0

Revolusi industri 2.0 terjadi pada abad 19 hingga 20, yang ditandai dengan hadirnya listrik untuk menyalakan berbagai mesin, dengan biaya yang lebih murah dibanding mesin uap sebelumnya. Salah satu bagian revolusi industri 2.0 yang paling berpengaruh adalah kehadiran ban berjalan di tahun 1913.

Kehadiran ban berjalan ini membuat kendaraan seperti mobil yang tadinya harus dirakit oleh manusia, menjadi lebih efisien dan bisa dirakit secara massal di pabrik manufaktur kendaraan.

  • Revolusi industri 3.0

Pada masa revolusi ini, yang paling signifikan adalah kehadiran mesin penggerak yang dapat berpikir secara otomatis layaknya komputer maupun robot. Revolusi industri 3.0 menghadirkan teknologi komputer yang mempermudah berbagai aktivitas manusia, terlebih jika sudah menggunakan sistem otomatisasi yang dikontrol oleh komputer.

Revolusi industri 3.0 juga memberikan pengaruh yang besar pada sistem komunikasi, membuat informasi dari berbagai belahan dunia bisa disebarkan dengan sangat cepat. Selain itu, terdapat juga berbagai penemuan seperti semikonduktor, transistor serta integrated chip yang membuat ukuran komputer dan kebutuhan konsumsi daya listrik semakin kecil.

kehadiran pengembangan industri 4.0
Person Soldering Chip (Pexels / Blaz Erzetic)

Industry 4.0 (Fourth Industrial Revolution) | Pentingnya transformasi digital industri manufaktur

Industri 4.0 merupakan era modern baru yang dirasakan pengguna sejak abad 20, yang ditandai dengan penggabungan teknologi otomatisasi beserta teknologi cyber. Terjadinya revolusi industri 4.0 juga diikuti dengan kehadiran berbagai macam jenis serta peluang teknologi baru seperti komputerisasi, micro chip, Internet of Things (IoT), machine learning dan deep learning serta artificial intelligence (AI).

Internet menjadi salah satu hal penting dalam industri 4.0 karena kemampuannya untuk membuat manusia bisa selalu terhubung melalui platform pilihan. Kehadiran transformasi digital dalam industri manufaktur juga bisa memberi keuntungan, diantaranya seperti:

Dokumentasi streamlining

Dokumentasi merupakan salah satu proses penting pada semua industri, terutama industri manufaktur untuk kepentingan penyimpanan data historikal sebelumnya yang bisa berkaitan dengan pengembangan maupun inovasi teknologi baru. Pabrik maupun perusahaan manufaktur yang memiliki teknologi sistem dokumentasi streamlining terbaru bisa mengatur dan menganalisis berbagai kumpulan data melalui perangkat HP maupun platform media lain.

Tampilan data dokumentasi yang lebih rapi dan teratur tentunya mempermudah karyawan dan manajemen dalam mengatur data yang berkaitan dengan proses manufaktur.

Mempermudah pelatihan dengan automation

Sistem automasi yang ada pada berbagai mesin manufaktur mempermudah proses pelatihan karyawan dengan versi kurikulum paling baru. Hal ini tentunya menguntungkan manajemen maupun pihak perusahaan manufaktur untuk memastikan karyawan mereka tetap mendapatkan kurikulum terbaru saat menggunakan mesin.

operasi automasi pada pabrik manufaktur
Factory Worker Using a Milling Cutter (Mandiri Abadi / Pexels)

Proses manajemen data baru

Dengan transformasi digital, perusahaan bisa menggunakan platform data terhubung untuk mengolah dan menganalisis data terkait lebih mudah. Waktu yang tadinnya dihabiskan untuk mengolah banyak data pada komputer bisa dihemat dan dilakukan lebih mudah dengan sistem yang sudah digunakan.

Proses analisis dan perubahan yang dilakukan pada data juga bisa dilakukan melalui media dan platform terhubung yang digunakan bersamaan oleh manajemen.

Penyatuan organisasi yang lebih baik

Kehadiran transformasi digital pada industri manufaktur memungkinkan semua golongan pekerja untuk menggunakan alat pekerjaan terhubung, di mana mereka semua dapat berpartisipasi bersama demi meningkatkan produktivitas.

Dibutuhkan juga satu orang khusus yang berperan sebagai Operational Technology Engineer untuk memastikan proses disrupsi teknologi tidak berhenti dalam perusahaan manufaktur, dan tetap mendapatkan update terbaru terkait berbagai aspek yang berhubungan.

penggunaan teknologi dalam industri umkm manufaktur
Concentrated ethnic guy browsing laptop in woodworker workshop (Ono Kosuki / Pexels)

Jenis teknologi transformatif pada industri manufaktur | Pentingnya transformasi digital industri manufaktur

Berikut beberapa teknologi transformatif yang dimaksud menggerakan industri manufaktur:

Percetakan 3D

Percetakan 3D atau 3D printing dipercaya dapat meningkatkan efektivitas karena dapat membuat prototipe barang jadi sebelum diproduksi secara massal. Jika ada komponen mesin yang rusakpun bisa diganti dan dibuat menggunakan 3d printing, karena kualitasnya yang mirip dengan harga jauh lebih terjangkau.

Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML)

Setelah mendapatkan data, komputer dan mesin kemudian bisa mengolah data tersebut menggunakan artificial intelligence (AI) serta machine learning (ML) untuk kemudian dianalisa menjadi berbagai pernyataan demi menguntungkan pihak manufaktur. Beberapa analisa yang bisa dihasilkan seperti saran untuk meningkatkan produktivitas dan juga prediksi pelaku konsumen.

Komputasi kinerja tinggi (HPC)

High performing computer (HPC) atau yang juga disebut sebagai komputasi kinerja tinggi merupakan agregasi komputer berdaya tinggi yang memberikan kekuatan komputer super jauh lebih cepat dibanding komputer desktop atau laptop biasa. Teknologi satu ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai simulasi demi keperluan penelitian dan pengembangan yang lebih cepat.

Tantangan digital transformation journey mendatang

Meskipun transformasi dan disrupsi digital membawa berbagai pengaruh baik bagi perusahaan manufaktur, nyatanya perubahan ini tentu memiliki tantangan dalam aplikasinya tiap hari. Beberapa tantangan yang dihadapi seperti:

  • Korelasi data dan informasi yang beralih cepat dalam rantai pasokan yang semakin panjang dan kompleks
  • Karakteristik pelanggan muda baru yang memiliki kepribadian berbeda dibandingkan pelanggan lama, sehingga perusahaan harus melakukan riset lebih dalam.
  • Kemampuan untuk bergerak dan beradaptasi lebih cepat demi bisa bersaing pada situasi yang lebih kompetitif
  • Tantangan sosial akibat efisiensi dan otomatisasi mesin mengakibatkan penekanan dan pengurangan sumber daya manusia sebagai operator
  • Pengelolaan risiko di dalam konteks perubahan yang tidak menentu dari situasi makro-ekonomi dan geo-politik, serta perlunya penghematan dan peningkatan efisiensi melalui otomatisasi.
  • Kebutuhan tenaga ahli untuk memahami berbagai teknologi transformatif dan penerapannya di dalam manufaktur secara holistik mau pun per kasus

Berikut pembahasan lengkap terkait pentingnya transformasi digital dalam industri manufaktur. Suka membaca berita teknologi seperti satu ini? Yuk, cek informasi menarik lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia merupakan penyedia layanan virtual reality, augmented reality serta platform metaverse pertama di Indonesia. Berada di bawah naungan Telkom Indonesia, MetaNesia telah melayani banyak klien global maupun lokal dari berbagai industri seperti pendidikan, kesehatan, ritel, manufaktur, lembaga pemerintahan, dan masih banyak lagi.

Mau coba teknologi canggih Telkom Indonesia pada bisnis kamu? Hubungi tim administrasi MetaNesia untuk dapatkan konsultasi gratis secara langsung!

Kamu juga bisa mencoba pengalaman baru masuk ke dalam dunia virtual imersif milik MetaNesia, loh! Rasakan pengalaman interaktif bertemu dengan orang baru dan bermain bersama di dalam metaverse. Unduh aplikasi MetaNesia dan mainkan langsung di perangkat kamu!

Bagikan ini: