Yuk, Kenal Lebih Jauh Peran AI dalam Industri Media!

Yuk, Kenal Lebih Jauh Peran AI dalam Industri Media!

gambaran industri media
Ilustrasi industri media (Freepik)

Tren Perkembangan AI dalam Industri Media

Kecerdasan buatan (AI) telah menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kehadiran AI telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Perubahan ini dapat dilihat dalam beberapa segmen industri, seperti bisnis, pendidikan, bahkan industri media dan hiburan sekalipun.

Menurut PwC’s Entertainment & Media Outlook, industri media di Amerika Serikat telah mencapai angka US$ 759 miliar atau sekitar 11.298 triliun Rupiah. Angka fantastis ini tentunya diproyeksikan meningkat seiring peningkatan implementasi AI dalam industri ini. Peningkatan ini juga disebabkan oleh Covid-19 yang memengaruhi gaya hidup masyarakat sehingga lebih nyaman di rumah dan menikmati layanan hiburan melalui gadget.

Pengadopsian AI dalam Industri Media dan Hiburan

Industri media memang sedang dihebohkan dengan ‘hype’ dari AI dan hal ini berusaha dimanfaatkan dengan baik untuk mengatasi berbagai macam tantangan di dalam industri ini. AI memang banyak digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang berulang, menyederhanakan pembuatan teks, memfilter dan mendistribusikan berita, dan banyak lagi. Berikut beberapa contoh pengadopsian AI dalam industri media:

AI sebagai penyaring berita hoaks

Internet memang dipenuhi dengan ‘berita hoaks’ sehingga semakin sulit bagi konsumen untuk mengidentifikasi fakta dari sebuah berita. Namun, kini kehadiran AI  dapat digunakan untuk memeriksa sumber dan fakta sebuah berita untuk mengidentifikasi ‘berita hoaks’.

University of Michigan menjadi salah satu pionir dengan mengembangkan AI untuk menemukan berita hoaks dengan akurasi sebesar 76%. Hal ini dilakukan dengan memasukkan situs web ke dalam algoritma cerdas untuk memindai sumber dan memprediksi versi cerita yang paling akurat dan terpercaya.

AI digunakan untuk meningkatkan efisiensi

Kini, AI banyak digunakan sebagai alat untuk meringankan tugas-tugas yang bersifat repetitif dan membosankan dalam industri media. Hal ini memungkinkan pekerja media dapat mengerjakan tugas lain sehingga lebih efisien. Seperti halnya penggunaan AI untuk membuat subtitle dalam video sekaligus siaran langsung secara real-time.

Peran AI dalam Industri Media

peran AI dalam industri media
Gambaran AI dalam industri media (Freepik)

Kemunculan AI tentunya telah merevolusi industri media secara masif. Teknologi AI dimanfaatkan oleh pelaku industri media untuk membantu dalam menghasilkan konten-konten yang lebih baik. Mari kita lihat secara lebih detail tentang bagaimana AI mampu berperan dalam industri media.

Membantu proses pemasaran dan periklanan

Pemrograman AI dapat membantu pelaku industri dalam tujuan pemasaran, seperti periklanan, desain, dan promosi film. Contoh sederhananya adalah pengembangan trailer film yang menarik perhatian penonton secara lebih efektif dengan menggunakan AI.

Mempersonalisasi pengalaman konsumen

Saat ini, pengalaman konsumen yang dipersonalisasi adalah salah satu faktor bisnis yang penting untuk dipertimbangkan. Seperti halnya Netflix yang menggunakan AI dalam bentuk algoritma deep learning untuk mengidentifikasi preferensi pengguna dan menunjukkan rekomendasi film yang sesuai.

AI juga memiliki kemampuan analitik tingkat lanjut yang berdampak langsung pada strategi pemasaran bisnis. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi konten yang disukai oleh konsumen untuk mendorong total penjualan. Perusahaan kemudian dapat mengidentifikasi strategi dan membuat rencana bisnis untuk mendorong pendapatan berdasarkan pengalaman konsumen.

Tantangan AI dalam Industri Media

Selain peluang besar yang dimiliki oleh AI dalam industri media, pelaku industri juga menemukan beberapa tantangan dalam mengimplementasikan AI. Beberapa tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

Kelangkaan data akibat aturan privasi data konsumen

Langkah pertama dalam mengembangkan model AI adalah mengumpulkan data untuk melatih model dan mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan sistem. Hal ini adalah salah satu aspek terpenting karena menentukan proses pengambilan keputusan sistem AI. Dalam kasus implementasi AI di industri media, data ini dapat dikaitkan dengan apa yang ditonton pengguna di platform streaming. 

Developer menghadapi beberapa tantangan dalam memperoleh kumpulan data yang berkualitas. Hal ini terjadi karena undang-undang privasi yang terus berubah terkait data pelanggan. Kelangkaan data adalah masalah yang signifikan karena meningkatnya pembatasan yang diberlakukan oleh negara sebagai tanggapan atas berita penggunaan data pelanggan yang tidak etis oleh perusahaan. 

Penyimpanan dan keamanan data

Penggunaan big data juga menciptakan tantangan bagi developer. Pihak developer AI dituntut untuk mengembangkan sistem yang efektif untuk mengelola dan menyimpan data yang sangat besar ini. Selain itu, mereka juga perlu memastikan mekanisme keamanan data. Hal ini tentunya dikarenakan data dalam industri media menjadi salah satu sasaran strategis bagi para penjahat siber.

Proses integrasi sistem

Sebagian besar perusahaan memiliki sistem yang harus diganti atau diintegrasikan dengan sistem AI yang baru dikembangkan. Hal ini berarti bahwa developer perlu menjembatani kesenjangan antara berbagai aspek yang secara signifikan membedakan sistem yang lama dengan sistem AI yang dikembangkan. Selain itu, perusahaan juga perlu bekerja dengan infrastruktur usang untuk mencapai efisiensi terbaik dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Kebutuhan akan keahlian dan pengetahuan

Dalam menghadapi perkembangan AI yang masif, developer harus memiliki keahlian yang semakin kompeten. Hal ini mengharuskan developer terus meningkatkan keterampilan agar up-to-date dengan perkembangan industri AI dan sebagainya.Kompleksitas komputasi yang terlibat dalam sistem AI juga mengharuskan developer untuk memperoleh pengetahuan agar mampu menerapkan solusi di berbagai lingkungan. Hal ini diharapkan agar produk media yang dihasilkan oleh AI dapat diandalkan dan mampu menjawab kebutuhan konsumen.


Berikut penjelasan singkat mengenai implementasi dan tantangan yang dihadapi AI dalam industri media. Teknologi AI tentunya diharapkan dapat membawa dampak positif secara luas untuk mempercerah masa depan masyarakat di seluruh dunia.

Selain teknologi AI, tentunya tugas ini juga diemban oleh teknologi-teknologi lainnya, salah satunya adalah metaverse. Kehadiran metaverse juga diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan mampu menghasilkan dampak positif yang besar. 

Dengan menggunakan produk MetaNesia, Anda ikut berkontribusi dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik melalui metaverse. Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Anda juga dapat mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, MetaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: