Perkembangan Mixed Reality dan Extended Reality di Indonesia: Menggali Potensi Teknologi Masa Depan

Perkembangan Mixed Reality dan Extended Reality di Indonesia: Menggali Potensi Teknologi Masa Depan

Di era digital yang terus berkembang, teknologi telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi yang menarik untuk diikuti adalah mixed reality (MR) dan extended reality (XR). Simak artikel berikut untuk mengetahui perkembangan mixed reality di Indonesia, serta extended reality.

bagaimana perkembangan mixed reality di Indonesia?
A Mixed Reality Experience (Flickr)

Apa Itu Mixed Reality dan Extended Reality?

Mixed reality adalah teknologi yang menggabungkan elemen dunia nyata dan objek visual digital. Jika virtual reality (VR) membuat pengguna terbenam dalam dunia maya, dan augmented reality (AR) yang melapisi dunia nyata dengan objek visual digital, mixed reality menggabungkan keduanya. Untuk memanfaatkan teknologi mixed reality, diperlukan perangkat khusus seperti HoloLens milik Microsoft.

Mixed reality sering disamakan dengan AR. Namun, mixed reality memungkinkan pengguna untuk berinteraksi di dua dunia. Objek visual digital pada mixed reality tidak hanya melapisi dunia nyata, namun kamu dapat berinteraksi dengan mereka sepenuhnya.

Perangkat apa pun yang memodifikasi realitas dengan memasukkan aspek digital ke dalam pengaturan dunia nyata disebut sebagai extended reality (XR). Virtual reality, augmented reality, dan mixed reality adalah tiga teknologi yang membentuk XR. Istilah XR tidak mengacu pada teknologi tertentu, tetapi mencakup teknologi apa pun yang sudah ada, bahkan baru yang dapat dibuat di masa depan.

Perkembangan Mixed Reality di Indonesia

demo HoloLens dari Microsoft
Microsoft HoloLens Demo (Flickr)

Perusahaan Indonesia pertama yang bergabung dengan Microsoft Mixed Reality Partner Program (MRPP) adalah perusahaan teknologi imersif Hologram Indonesia. Keanggotaan ini memungkinkan Hologram Indonesia untuk mengembangkan potensi perkembangan mixed reality di Indonesia pada berbagai industri.

Hal ini didukungan oleh teknologi Microsoft, bantuan teknis dari para ahli teknologi handal serta komunikasi dan diskusi dengan anggota MRPP lainnya yang tersebar di berbagai negara. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang telah memanfaatkan mixed reality secara efektif.

Mayoritas kegiatan operasional SBI, yang berfokus pada penyediaan bahan bangunan, berlokasi di pabrik, fasilitas penggilingan, dan terminal distribusi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun karena wabah Covid-19, SBI berupaya untuk mempercepat transisi digital bisnis untuk meminimalkan interaksi dan mobilisasi manusia di area operasional, terutama untuk pemantauan dan inspeksi peralatan rutin.

SBI menggunakan Microsoft Dynamics 365 Remote Assist dengan bantuan Hologram Indonesia dan menyediakan HoloLens untuk para teknisi lapangan mereka di beberapa pabrik. Kedua solusi teknologi ini memungkinkan jumlah teknisi yang perlu datang ke area kerja menjadi sangat berkurang. Hal ini disebabkan karena komunikasi antar teknisi yang tersebar di berbagai tempat dapat dilakukan tanpa kesulitan, di mana mereka dapat bekerja sama dan berbagi file secara hands-free.

Pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Hasilnya, SBI sebagai sebuah bisnis dapat tetap menghasilkan output meskipun ada wabah dan membantu Indonesia memenuhi kebutuhan pembangunannya.

Perkembangan Extended Reality di Indonesia

perkembangan mixed reality di Indonesia
XR Expo (Unsplash)

Meskipun mixed reality menjadi fokus, pertumbuhan extended reality di Indonesia juga tidak kalah luar biasa. XR memadukan VR, AR, dan mixed reality untuk menghasilkan pengalaman yang lebih imersif, bagaimana perkembangannya?

Industri Perfilman

Kemajuan teknologi juga berdampak pada pertumbuhan industri kreatif, termasuk film. Teknologi XR, menurut Upie Guava, direktur dan chief creative officer DossGuava XR Studio, memperluas jangkauan teknik pembuatan film. Keberhasilan teknologi real time rendering, yang sering digunakan di sektor game, sangat penting bagi pengembangan XR.

Sejak saat itu, bisnis film mulai memodifikasi penggunaan teknologinya. Kurangnya ruang pertemuan selama wabah Covid-19 juga mendorong perkembangan cepat teknologi ini. Pembuatan film sekarang dapat dilanjutkan tanpa harus berpindah tempat berkat XR.

Prilly Latuconsina dan Umay Shahab, dua artis muda, baru-baru ini mulai bekerja di belakang layar. Mereka melakukan hal ini dengan mendirikan perusahaan produksi Sinemaku Pictures.

Saat ini, Umay dan Prilly sedang bekerja sebagai sutradara dan produser eksekutif untuk film kedua. Selain menjabat sebagai produser eksekutif, Prilly tetap menjadi pemeran dalam film ini. Menurut kabar, film dibuat dengan menggabungkan beberapa pengambilan gambar dengan menggunakan teknologi XR. Sebuah layar LED yang disebut XR menampilkan visual yang telah disesuaikan dengan scene.

Industri Musik

Lagu “Sang Dewi,” yang diaransemen dan dinyanyikan ulang oleh Andi Rianto dan Lyodra pada Agustus 2022, masih menjadi favorit para penggemar. Suara Lyodra yang indah dan musiknya yang luar biasa bahkan berkontribusi pada music video (MV) “Sang Dewi” yang telah ditonton lebih dari 48 juta kali di kanal YouTube miliknya.

Video klip yang juga melibatkan aktor muda Kenny Austin ini berhasil menduduki posisi trending teratas di YouTube Music bahkan setelah hanya 15 jam ditayangkan. Lyodra membagikan Behind The Scene MV ‘Sang Dewi’ melalui sebuah video, bahkan Andi Rianto pun mengakui betapa hebatnya konsep video klip ini. Menurut Upie Guava, sang sutradara, teknologi XR yang digunakan dalam MV “Sang Dewi” memanfaatkan latar belakang LED dan perangkat lunak under engine.


Itu dia pemaparan mengenai perkembangan teknologi mixed reality dan extended reality di Indonesia. Punya pertanyaan mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Temukan jawabannya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: