Perkembangan Navigasi AR Google Maps dan Penggunaannya Sehari-hari

Perkembangan Navigasi AR Google Maps dan Penggunaannya Sehari-hari

Google Maps merupakan salah satu aplikasi peta online yang bisa diakses oleh seluruh pengguna secara gratis dan dihadirkan oleh Google. Aplikasi satu ini menjadi primadona banyak orang yang akan berkunjung ke sebuah daerah baru, karena dapat menampilkan lingkungan sekitar serta rekomendasi rute jalan yang harus dilewati.

Seiring dengan perkembangan tren teknologi dan informasi terbaru, Google Maps kini mendapatkan berbagai fitur baru, salah satunya yakni penggunaan augmented reality yang sudah terintegrasi dengan GPS dan juga data layanan perangkat penggunanya.

tampilan pengguna dengan ar live view google maps | perkembangan navigasi ar google maps
Full shot man with screen outdoors (Freepik)

Google Maps AR Live View

Google Maps AR Live View merupakan salah satu mode yang dirilis pada tahun 2019, yang mengintegrasikan teknologi augmented reality pada sistem informasi yang dimiliki Google Maps. Meskipun baru bisa digunakan pada mode berjalan (Walking), kehadiran mode ini membantu banyak pengguna untuk sampai ke tempat tujuan dengan mudah dan juga tetap aman.

Fitur Google Maps AR Live View juga bisa digunakan pada semua perangkat, baik Android maupun iOS. Kamu bisa menggunakan mode AR Live View melalui kamera belakang ponsel dan kemudian sistem AI (Artificial Intelligence) pada Google Maps akan melakukan scanning pada gedung yang berada di sekitar daerah pengguna.

Berikut cara penggunaan fitur AR Live View pada perangkat kamu:

  • Buka aplikasi Google Maps dan masukkan lokasi tempat yang ingin kamu tuju
  • Setelah rekomendasi rute dan waktu tempuh diberikan, pilih opsi “Live View” pada perangkat iOS dan “Start AR” pada perangkat Android
  • Tampilan Google Maps kemudian akan berubah dan pengguna dapat mengarahkan screen pada daerah sekitar menggunakan kamera belakang ponsel yang otomatis langsung menyala
  • Tinggal ikuti arahan dan kamu akan sampai tempat tujuan

Fitur yang tersedia di Google Maps AR Live View

Seperti yang diketahui sebelumnya, fitur AR Live View dapat hadir pada Google Maps karena terintegrasi dengan teknologi augmented reality (AR). AR sendiri bukanlah teknologi baru dan sudah mulai banyak digunakan sejak tahun 2020 untuk berbagai kebutuhan mulai dari hiburan, pendidikan, hingga membantu berbagai aktivitas sehari-hari.

AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata secara langsung. Untuk bisa menggunakan AR, pengguna tidak perlu memiliki perangkat khusus dan cukup menggunakan kamera perangkat yang dimiliki seperti smartphone maupun tablet.

Kehadiran AR dapat fitur Live View memungkinkan Google Maps untuk mengidentifikasi objek sekitar yang dekat dengan pengguna dan memberikan arahan jalan agar dapat sampai tujuan dengan aman. Perlu diketahui bahwa objek yang dibaca oleh AI Google Maps hanyalah gedung dan bukan objek lain seperti pohon maupun tanda jalur lalu lintas. Hal ini dilakukan agar privasi pengguna tetap terjamin aman dan tidak terbaca oleh Google Maps.

Deskripsi informatif

Salah satu kelebihan fitur yang digemari dari AR Live View adalah deskripsi informatif yang hadir, sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Deskripsi informatif ini meliputi penjelasan terkait gedung serta alamat yang berada di sekitar, hingga pilihan jalan yang bisa dilewati. Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui gedung maupun jalan apa saja yang telah dilewati untuk mengetahui rute.

fitur AR Live View dari Google Maps
How to use Google Maps Live View | Tom’s Guide (Tom’s Guide)

Panah penentu jalan

Kehadiran AR dalam fitur Live View memungkinkan Google Maps untuk hadirkan panah besar dalam bentuk objek digital guna memperjelas rekomendasi rute yang disarankan. Panah penentu jalan ini hadir dalam ukuran besar yang hampir memenuhi screen (layar) dan berwarna biru.

Fitur keamanan

Sebagian orang mungkin bertanya terkait keamanan yang dihadirkan fitur AR Live View, karena membuat pengguna harus terus memperhatikan perangkat saat menelusuri jalan. Hal ini tentu saja bisa menghadirkan intensi kriminal buruk, terutama saat mengunjungi daerah yang masih tidak familiar.

Tenang, Google Maps tentu saja telah memperhatikan fitur keamanan yang dimiliki dengan berbagai perintah yang akan meminta penggunanya untuk menyimpan HP saat jalanan yang ditelusuri hanya lurus dalam jarak yang sudah ditentukan.

Kalau pengguna membutuhkan arahan lagi dari mode AR Live View, tinggal kembali arahkan kamera belakang ponsel dan mode akan langsung menyala dan merekomendasikan rute yang harus dilewati. Jadi, pengguna tidak harus terus menerus memperhatikan screen.

Kelanjutan penggunaan Google Maps AR Live View

Meski demikian, belum ada lagi update terbaru terkait penggunaan mode AR Live View pada Google Maps. Update terakhir yang diberikan dilakukan pada akhir 2022 dengan tambahan tempat baru yang menyediakan berbagai informasi khusus seperti restoran, pom bensin, stasiun, hingga cafe. Pembaruan terbaru ini juga meliputi jangkauan area baru yang bisa diakses pengguna meliputi Los Angeles, London, New York, Paris, San Francisco, dan Tokyo.


Berikut merupakan informasi terbaru terkait penggunaan dan perkembangan navigasi AR Google Maps yang bisa digunakan oleh pengguna. Mengikuti ketenaran AR di kehidupan sehari-hari, bukan tidak mungkin jika Google akan menambahkan berbagai fitur dan mode menarik lainnya untuk meningkatkan performa aplikasi peta online ini.

Suka membaca berita dan tren terbaru terkait teknologi? Cek selengkapnya di MetaNesia.

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama di Indonesia yang berada di bawah naungan Telkom Indonesia. Berdiri sejak tahun 2022, MetaNesia telah melayani beragam klien global maupun lokal untuk memenuhi berbagai kebutuhan metaverse, virtual reality hingga augmented reality.

Ingin tahu informasi lengkap terkait MetaNesia? Hubungi tim kami dan dapatkan konsultasi gratis langsung tanpa dipungut biaya.

Mau merasakan pengalaman langsung di dunia virtual metaverse terbaru? Unduh MetaNesia sekarang di perangkat dan coba interaksi virtual baru di dalam dunia metaverse!

Bagikan ini: