Kolaborasi Niantic Labs dan Nintendo Hadirkan Permainan Augmented Reality (AR) Baru Bernama Pikmin Finder

Kolaborasi Niantic Labs dan Nintendo Hadirkan Permainan Augmented Reality (AR) Baru Bernama Pikmin Finder

Permainan yang menggunakan teknologi AR telah menjadi salah satu perkembangan yang menarik dalam industri hiburan modern. Paradigma permainan telah berubah sebagai hasil dari teknologi, sehingga memungkinkan untuk menikmati jenis permainan baru yang secara eksklusif memadukan dunia fisik dan digital. Artikel ini akan membahas permainan AR baru Niantic yang berkolaborasi dengan Nintento, Pikmin Finder.

Permainan AR Baru Niantic dan Nintendo, Pikmin Finder

Pikmin Finder, permainan AR baru Niantic
Pikmin Finder (Nintendo Life)

Permainan Pikmin Finder adalah sebuah game AR yang diluncurkan oleh Nintendo dan developer perangkat lunak Niantic Labs. Game AR gratis ini dirancang untuk ponsel dan dapat diakses di semua browser, termasuk Mozilla Firefox dan Google Chrome. Mirip dengan Pokemon Go yang sangat populer dari Niantic, Pikmin Live akan menampilkan berbagai macam Pikmin yang dapat ditemukan berdasarkan lokasi dan waktu.

Dalam permainan ini, para pemain diperkenalkan ke dunia Pikmin, makhluk lucu yang mirip tanaman. Menemukan makhluk Pikmin ini di lingkungan sekitar adalah tujuan permainan, dan kamu dapat menemukannya di berbagai tempat sepanjang hari. Pemain dapat menemukan berbagai barang/harta karun yang terkubur di lokasi yang mereka kunjungi dengan mengikuti Pikmin.

Permainan ini mudah didapatkan. Pemain hanya perlu mengklik tautan yang disediakan untuk meluncurkan permainan. Kemajuan permainan berbasis browser ini disimpan melalui cooking browser, jadi tidak diperlukan penyimpanan data.

Kolaborasi antara Niantic Labs dan Nintendo ini telah menghasilkan dunia lain yang menarik untuk dijelajahi oleh para pemain. Pikmin Finder menawarkan pengalaman AR yang menyenangkan dan imersif di ponsel, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh berbagai macam pengguna.

Bentuk Pengembangan Baru dari Game Sebelumnya

karakter-karakter yang terdapat pada permainan ar baru niantic
Berbagai Karakter Pikmin (Ruetir)

Nintendo telah menjanjikan sebuah game Pikmin baru selama bertahun-tahun, tetapi ketika Pikmin 4 dirilis pada bulan Juli lalu, para penggemar tidak bisa berhenti menikmati seri ini. Seri keenam dari game ini disambut positif oleh para kritikus dan penggemar setia.

Akan tetapi, teka-teki Pikmin 4 yang mudah dan permainannya yang sederhana membuat beberapa pemain menginginkan lebih. Tepat pada waktunya saat acara Nintendo Live beberapa waktu lalu, yang diselenggarakan di Seattle, pengembang meluncurkan Pikmin Finder untukbrowser di perangkat seluler.

Niantic dan Nintendo telah meraih kesuksesan dengan Pikmin Bloom, jadi tidak mengherankan jika mereka ingin mengembangkannya meskipun ini bukan ide yang inovatif. Pada tahun 2021, kedua bisnis ini berkolaborasi untuk membuat game AR, dan hasilnya adalah Pikmin Bloom, game yang sangat disukai pada waralaba ini sebelum peluncuran Pikmin 4.

Mirip dengan Pokemon Go, Pikmin Bloom menghitung langkah pemain saat pemain berjalan di sekitar lingkungan dan menumbuhkan Pikmin. ikmin Finder tampaknya tidak terlalu berbeda, tetapi ini menunjukkan bahwa Nintendo masih memperhatikan seri ikonik ini, yang masih memiliki beberapa pengikut setia.

Fakta-fakta Menarik Pikmin Finder

pikmin bloom
Pikmin Bloom (Engadget)

Pengalaman yang menyenangkan

Pengalaman yang menyenangkan akan didapatkan pemain saat bermain game Pikmin Finder. Dalam permainan ini, pemain dapat “memetik” Pikmin dari area sekitar dengan menggunakan kamera ponsel. Meskipun konsep dasarnya sama dengan Pokemon Go, yang membedakan adalah Pikmin Finder dapat mengumpulkan harta karun.

Terinspirasi Pikmin Bloom

Pikmin Bloom, sebuah gameberbasis AR yang mendapatkan popularitas pada tahun 2021, menjadi inspirasi utama Pikmin Finder. Namun, permainan ini tersedia dalam gaya yang lebih sederhana, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan pesona Pikmin dalam paket yang lebih kecil.

Permainan AR Baru Niantic yang Perilisannya Tidak Populer

Momen perilisan Pikmin Finder yang tidak diketahui, menyebabkan banyak orang terkejut. Perilisan resmi permainan ini hanya dipublikasikan secara luas di sumber-sumber online, dan tidak banyak pengumuman yang dibuat oleh perusahaan. Hal ini mungkin terkait dengan kesulitan yang dialami Niantic akhir-akhir ini, termasuk masalah internal dan PHK.


Itu dia pemaparan mengenai permainan AR baru Niantic dan Nintendo. Punya pertanyaan mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Temukan jawabannya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: