Minecraft Earth: Memasuki Dunia Virtual dengan Permainan Augmented Reality

Minecraft Earth: Memasuki Dunia Virtual dengan Permainan Augmented Reality

Video game terus berkembang dan berubah di masa teknologi yang terus meningkat, salah satu penemuan terbaru yang menarik minat banyak gamer adalah Minecraft Earth. Selain menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan, game ini menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk menciptakan lingkungan permainan yang unik di dunia nyata. Simak artikel berikut untuk mengetahui permainan AR Minecraft Earth.

Permainan AR Minecraft Earth

minecraft
Minecraft (Flickr)

Minecraft Earth adalah game yang dikembangkan oleh Mojang Studios dan diterbitkan oleh Xbox Game Studios. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2019 dan tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android.

Minecraft, game sandbox yang sangat populer di dunia ini merambah ke ranah AR lewat Minecraft Earth. Pemain dapat menggunakan ponsel mereka untuk menjelajahi dan berkreasi di dunia nyata saat memainkan game ini, yang menghidupkan pengalaman membangun blok dengan cara yang benar-benar baru.

Pemain dapat keluar dan menyaksikan kreasi Minecraft favorit mereka menjadi hidup di depan mata berkat Minecraft Earth. Game ini menghamparkan blok dan objek virtual ke lingkungan yang sebenarnya menggunakan kemampuan AR, memberikan pemain pengalaman membangun dan berinteraksi yang benar-benar baru. Kemungkinannya tidak terbatas, baik membangun istana megah di taman atau menggali tambang dalam di halaman belakang rumah.

Pemain dapat melakukan ekspedisi di mana mereka akan bertemu dengan musuh, mengumpulkan persediaan, dan menemukan harta karun yang hilang. Pemain menjelajahi lingkungan sekitar mereka untuk memenuhi tujuan dan melaju melalui permainan dalam petualangan dunia nyata ini.

Aspek koleksi Minecraft Earth juga menambah pengalaman yang imersif. Dengan menjelajahi lingkungan sekitar, pemain dapat mengumpulkan benda-benda virtual yang disebut “Tappables”. Tappables ini dapat berkisar dari bahan biasa seperti kayu dan batu hingga barang eksotis dan mahal. Pemain dapat memperluas inventaris mereka dan membuka opsi bangunan dan kerajinan tambahan dengan mengumpulkan Tappables ini.

Game Sudah Ditutup

permainan ar minecraft earth
Minecraft Earth (Alan Martin/Trusted Reviews)

Karena epidemi Covid-19, yang membuat game Minecraft Earth versi seluler sulit dimainkan, Microsoft memutuskan untuk menghentikannya pada Juni 2021. Setelah tanggal 30 Juni, pemain tidak akan dapat mengunduh atau menggunakan Minecraft Earth, dan pada tanggal 1 Juli 2021, Microsoft akan menghancurkan semua data pemain.

Pada bulan Mei 2019, Microsoft meluncurkan Minecraft Earth. Konsepnya adalah menggunakan AR untuk mereplikasi pengalaman Minecraft di dunia nyata dan memungkinkan pengguna membangun struktur virtual dari sumber daya dalam game. Game ini menekankan komunikasi interpersonal, dan merupakan komponen dari inisiatif Microsoft untuk memanfaatkan tim server cloud HoloLens dan Azure.


Itu dia pemaparan mengenai permainan AR Minecraft Earth. Minecraft Earth adalah perpaduan yang menarik antara dunia nyata dan virtual. Game ini mengeksplorasi kemungkinan AR dalam permainan dan mendorong pemain untuk berkolaborasi dan berinteraksi dengan dunia sekitar mereka.

Namun, sayangnya game ini harus ditutup karena mengalami kesulitan pada masa Covid-19. Tertarik dengan informasi mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Yuk kunjungi blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: