Permainan Virtual Reality Demeo, Game RPG Seru untuk Dimainkan Bersama Teman!

Permainan Virtual Reality Demeo, Game RPG Seru untuk Dimainkan Bersama Teman!

Permainan Virtual Reality Demeo
Poster resmi permainan Demeo (Epic Games)

Video gaming tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu bidang yang sangat populer pada dunia virtual reality. Saat ini, minat untuk menggunakan headset VR sebagai sarana memenuhi keperluan bermain game semakin meningkat. Selain headset yang semakin memumpuni, banyaknya judul game VR yang menarik juga menjadi alasannya.

Seperti salah satunya permainan untuk virtual reality yang bernama Demeo. Game virtual reality Demeo berambisi untuk menggabungkan keseruan bekerjasama, fantasi role-playing dan gameplay depth secara bersamaan dalam satu permainan. Tentu saja apabila berhasil maka Demeo berpotensi menjadi salah satu game VR terbaik di genrenya saat ini.

Penasaran dengan game untuk virtual reality berjudul Demeo ini? Yuk, simak informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai!

Proyek Terbesar dan Paling Ambisius dari Resolution Games!

Resolution Games
Logo resmi dan video game VR unggulan dari Resolution Games (Auganix)

Bermain game virtual reality dapat membuat seseorang merasa sendirian atau kesepian karena hingga saat ini masih belum banyak judul game yang dapat dimainkan secara bersama-sama. Terlebih, umumnya permainan multiplayer VR hanya dapat dimainkan dengan pemain lain yang menggunakan headset VR sehingga pemain tanpa headset VR tidak dapat bergabung.

Namun, berbeda dengan game berjudul Demeo yang didesain untuk dapat dimainkan hingga empat pemain ini. Sejak tanggal 7 April 2022 silam, Demeo juga dapat dinikmati bersama dengan para pemain yang tidak menggunakan headset VR atau versi 2D melalui Steam. Sehingga, dalam Demeo, pemain VR dan non VR dapat bermain secara bersama-sama.

Selain keterbatasan tersebut, Demeo juga memiliki misi untuk menyediakan permainan dengan fitur role-playing dan konten mekanisme permainan yang ambisius. Dimana, saat ini kedua aspek tersebut masih jarang ditemui khususnya dalam dunia game virtual reality.

Demeo juga tersedia untuk Playstation VR 2 dan Playstation 5 (versi 2D). Secara grafis, versi ini setara dengan versi PC-nya, tetapi menawarkan efek haptic yang lebih baik, terutama pada PSVR 2. Tidak ada perbedaan dalam hal gameplay.

Resolution Games, studio pengembang game Demeo ini juga memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang produksi permainan. Salah satu studio game VR terbaik belakangan ini sebelumnya telah merilis beberapa game VR yang sukses dipasaran. Beberapa contohnya yaitu, Angry Birds VR, Cook-Out dan permainan Blaston.

Studio game asal Swedia yang kemampuan produksi gamenya tidak perlu diragukan ini juga menyatakan Demeo adalah proyek terbesar dan terambisius hingga saat ini. Pengembangan Demeo sendiri telah mereka laksanakan selama kurang lebih tiga tahun. Menurut Tommy Palm, CEO Resolution Games, Demeo akan terus diupdate dengan konten-konten yang baru.

Permainan Virtual Reality Demeo Memberikan Pengalaman Bermain yang Menyenangkan!

Demeo
Ilustrasi permainan Demeo (Steam)

Tidak hanya berhasil membawa board game kedalam dunia VR untuk dimainkan bersama kerabat, pemain solo game Demeo juga dapat merasakan pengalaman yang seru dari game ini. Hal ini berkat konten-konten baru yang secara berkala ditambahkan kedalam game Demeo oleh Resolution Games. Sehingga, Demeo menawarkan waktu bermain yang cukup lama.

Demeo Berhasil Memadukan VR dengan Tabletop Gaming

Peran VR dalam permainan tabletop role-playing game strategi ini yaitu mensimulasikan situasi yang terjadi didalam game itu sendiri. Tidak seperti tabletop gaming umumnya, seluruh elemen dalam game ini memiliki tema yang magis atau mistis. Paduan tersebut membuat pemain dapat melihat dunia game, karakter hingga monster didepan mata mereka secara langsung.

Berkat kapabilitas yang ditawarkan teknologi VR tersebut, Demeo juga mampu menghadirkan pengalaman bermain dengan kemungkinan yang lebih luas kepada pemainnya. Kamu dapat bergerak dengan bebas diatas papan permainan seperti layaknya hantu ataupun mengecil hingga menyerupai ukuran karakter dan merasakan pengalaman pertarungan dari dekat.

Mekanisme Gameplay Permainan Virtual Reality Demeo

Demeo VR
Permainan Demeo dalam mode VR (Road to VR)

Saat memulai permainan Demeo, para pemain di awal setiap ronde diharuskan untuk memilih satu dari lima jenis karakter yang tersedia di game ini. Jenis atau tipe karakter yang dapat dipilih pemain meliputi Guardian, Wizard, Hunter, Bard ataupun Assassin. Setiap karakter tersebut memiliki kemampuan yang unik dengan kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Misi utama dalam permainan Demeo ini yaitu para pemain harus mencapai bagian terdalam dari sebuah dungeon dan mengalahkan lawan kuat atau bos yang ada disitu. Sepanjang perjalanan, para pemain akan menghadapi berbagai jenis musuh mulai dari tikus, goblin, laba-laba raksasa hingga cave troll.

Memiliki Dungeons yang Sangat Menantang!

Pada permainan Demeo, pemain dapat menggerakan karakter mereka secara manual dengan meletakkannya di titik yang diinginkan. Demeo sendiri memiliki sistem turn-based sehingga setiap pemain bebas menyusun strategi dan merencanakan langkah selanjutnya. Sehingga, permainan Demeo tentu akan lebih seru apabila dimainkan secara bersama-sama.

Komunikasi saat tahap menyusun strategi dan diskusi langkah selanjutya juga menjadi faktor penting didalam Demeo karena tingkat kesulitan yang dihadapi pemain. Tanpa perencanaan yang matang dan persiapan yang cukup, Demeo akan dapat dengan mudah menghukum pemainnya atas kesalahan yang mereka lakukan.

Kesulitan yang dapat dijumpai dalam Demeo dapat diimbangi dengan banyaknya pilihan bagi pemain untuk mengatasi kesulitan tersebut. Karakter yang dapat dimainkan memiliki berbagai kemampuan spesial yang dapat digunakan pemain dalam permainan. Pada saat peluncurannya, Demeo memiliki lebih dari 60 kemampuan khusus dari tiap karakter!

Ketika pemain melakukan sebuah tindakan, sebuah lemparan dadu akan menentukan apakah action tersebut akan berhasil, critical damage ataupun gagal dan mengenai karakter teman. Pemain dapat mengumpulkan kartu-kartu tersebut seiring memainkan Demeo. Dimana, kartu tersebut beberapa diantaranya sangat kuat dan dapat menentukan keberhasilan permainan.

Terdapat Sistem Experience Points atau EXP!

Seperti permainan pada umumnya terutama RPG, setiap berhasil menyelesaikan satu ronde petualangan, pemain akan mendapatkan experience points atau EXP. Pemain dapat menggunakan EXP tersebut untuk membuka ranking baru. Poin tersebut juga dapat digunakan untuk membuka topeng dan skin baru untuk tiap karakter, markas dan dadu.

Seluruh upgrade atau peningkatan yang dapat dibeli menggunakan EXP saat ini sifatnya hanya untuk kosmetik atau kepentingan estetika saja. Sehingga, sistem progresi Demeo saat ini masih dikatakan masih memiliki banyak ruang untuk peningkatan. Sebab, tanpa adanya dampak yang berarti tentu kurang mendorong pemain untuk berpetualang berulang kali.

Petualangan yang Terdapat Pada Game Demeo

Demeo Adventures
Berbagai jenis petualangan yang dapat dimainkan pada Demeo (Steam)

Setiap petualangan yang dapat dimainkan di game VR Demeo terdiri dari total tiga levels atau tingkat. Pada dua levels pertama, pemain harus mencari sang key bearer atau pembawa kunci dan mengalahkannya untuk mengambil kunci menuju tingkat selanjutnya. Pintu atau gerbang yang harus dibuka dengan kunci tersebut juga harus ditemukan terlebih dahulu.

Setelah berhasil mendapatkan kunci sekaligus membuka gerbang pada dua levels pertama, selanjutnya pemain dapat melanjutkan ke level terakhir yaitu bagian terdalam dungeon. Pada level ketiga ini pemain akan dihadapkan dengan musuh kuat terakhir atau final boss. Apabila pemain berhasil mengalahkan musuh tersebut, pemain telah menyelesaikan petualangan.

Durasi yang dibutuhkan dalam satu ronde petualangan Demeo dapat memakan waktu yang bervariasi antara 90 menit hingga 3 jam permainan. Petualangan pertama yang bernama The Black Sarcophagus memiliki pilihan 15 kartu dungeon yang berbeda tiap dimulai. Kartu dungeon tersebut kemudian menentukan jenis musuh, peti harta karun dan jalan keluar yang acak.

Selain jenis musuh, peti harta dan jalan keluar yang acak, seluruh aspek tersebut juga akan diletakkan acak secara otomatis. Sehingga, hal ini dapat memberikan variasi dan keberagaman yang berbeda untuk pemain dalam tiap rondenya. Tentu sistem seperti ini juga dapat mengurangi repetisi didalam game dan mencegah kebosanan bagi para pemain.

Alur Cerita Permainan Virtual Reality Demeo

Permainan Virtual Reality Demeo
Ilustrasi permainan Demeo dengan menggunakan headset VR (Steam)

Alur cerita utama yang terdapat dalam narasi Demeo yaitu kisah mengenai sang ratu kaum elf. Meskipun demikian, game ini memiliki fokus utama dalam eksplorasi dungeon dan pertarungan yang ada didalamnya. Demeo sendiri seringkali terasa seperti tidak memiliki alur cerita atau narasi permainan yang kurang imersif.

Saat diluncurkan pada bulan Mei 2021 lalu, game VR yang satu ini hanya menawarkan satu jenis petualangan saja. Namun, pada akhir tahun 2021 tersebut, terdapat dua tambahan petualangan yang bertajuk “The Realm of the Rat King” dan “The Roots of Evil”. Pada update “The Roots of Evil” tersebut juga ditambahkan karakter baru yaitu Bard dan outdoor levels.

Demeo Mode Mixed Reality

Demeo in Mixed Reality Simulation (Tomislav Bezmalinovic/Mixed-News)

Dalam salah satu dari sekian banyak pembaruannya, Demeo kini sudah mendapatkan mode mixed reality. Tempatkan bidang permainan di atas meja dalam gambar kamera dari lokasi yang sebenarnya. Kemudian, persis seperti dalam permainan papan tradisional, kamu mengambil bidak dari meja dan melempar dadu.

Dukungan pelacakan tangan yang sebelumnya diisukan akan meningkatkan imersi secara signifikan. Di Twitter, Resolution Games awalnya memamerkan implementasinya. Dalam sebuah video singkat, seorang pemain memainkan game role-playing tanpa controller.

Setumpuk kartu yang mengambang akan muncul persis seperti permainan pada umumnya, jika bagian dalam kartu menghadap ke arah pemain. Kemudian jari tangan yang lain mengambil kartu tersebut. Setelah menempatkan kursor pada lawan, mereka mengambil dadu, melemparkannya ke bidang permainan, dan menyelesaikan permainan kartu.

Sejauh ini, update tersebut baru tersedia untuk Oculus Quest atau Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro. Resolution Games belum mengumumkan tanggal rilis pembaruan atau informasi lebih rinci.


Itu dia pemaparan mengenai virtual reality gaming yang bernama Demeo. Kunjungi blog Metanesia untuk mendapatkan informasi mengenai teknologi lainnya!

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: