Permainan Virtual Reality Unplugged, Game Air Guitar Hand-Tracking Exclusive!

Permainan Virtual Reality Unplugged, Game Air Guitar Hand-Tracking Exclusive!

Permainan Virtual Reality Unplugged
Poster permainan Unplugged (Bleeding Cool)

Unplugged adalah salah satu judul permainan VR air guitar ekslusif hand tracking yang dirilis pada bulan Oktober 2021 silam untuk Meta Quest. Fitur hand tracking exlusive yang disematkan pada game buatan Anotherway ini merupakan fitur unggulan dan sekaligus menjadi inti pengalaman yang ditawarkan Unplugged.

Game VR Unplugged sendiri memiliki banyak penggemar karena game ini dianggap berhasil untuk memenuhi fantasi bermain air guitar menjadi seperti di dunia nyata. Selain itu, Unplugged juga populer karena dapat menggabungkan prinsip-prinsip permainan dari game populer Guitar Hero dengan teknologi canggih terbaru.

Teknologi terdepan yang digunakan dalam Unplugged sehingga mampu menghasilkan gameplay hand tracking exclusive merupakan keunggulan utama yang disanjung oleh banyak orang. Dalam Unplugged, pemain dapat memainkan air guitar sesuai yang mereka inginkan hanya dengan tangan mereka secara langsung tanpa membutuhkan kontroler lagi.

Penasaran dengan game air guitar populer Unplugged ini? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel ini!

Unplugged Menawarkan Gameplay Inovatif Kepada Para Pemainnya

Unplugged Air Guitar
Tangkapan layar permainan Unplugged (UploadVR)

Tingginya popularitas yang dimiliki game Unplugged selain karena konsepnya yang fantastis juga didukung oleh implementasi peningkatan yang semakin baik sejak diluncurkan. Anotherway dan Meta sejak perilisan game ini terus mengeluarkan update baru yang semakin membuat game ini menjadi lebih baik.

Update resmi dari Meta terutama peningkatan dari segi hand tracking dari awal perilisan Unplugged hingga saat ini menjadi salah satu peningkatan yang krusial dalam Unplugged. Hal itu dikarenakan update tersebut terbukti mampu meningkatkan pengalaman bermain dan reliabilitas game Unplugged ini.

Antusiasme Penggemar Terhadap Unplugged untuk PSVR2

Selain pengalaman permainan, berbagai update baik dari Anotherway maupun Meta tersebut juga meningkatkan pemetaan dan kompleksitas permainan ini. Seluruh faktor tersebut baik konsep yang inovatif dan teknologi hand tracking Meta yang terus berkembang tentu membangun antusiasme penggemar terutama untuk memainkannya di PSVR2.

Penggemar Unplugged saat ini banyak yang sudah tidak sabar untuk dapat merasakan pengalaman yang lebih jauh lagi dengan memainkan game tersebut dengan headset PSVR2. Para penggemar beralasan mereka merasa yakin fitur-fitur terbaru pada PSVR2 mampu membuat Unplugged lebih baik lagi.

Sayangnya, ekspektasi tinggi dari para penggemar Unplugged tersebut belum dapat dipastikan akan terealisasikan atau tidak. Pasalnya, hingga PSVR2 diluncurkan saat ini, headset terbaru dari Sony tersebut tidak memiliki dukungan terhadap hand tracking dalam bentuk apapun.

Permainan Virtual Reality Unplugged di PSVR2

Permainan Virtual Reality Unplugged
Permainan Unplugged pada PSVR2 (Gamespew)

Saat permainan Unplugged dijalankan di headset PSVR2, konsumen hanya memiliki satu opsi bermain yaitu dengan memainkan Unplugged dengan menggunakan kontroler Sense PSVR2. Hal tersebut kemudian diimplementasikan menjadi solusi berbasis kontroler yang diterapkan Unplugged untuk versi PC VR dan juga menajadi opsi tambahan untuk versi Meta Quest.

Bermain game VR Unplugged ini dengan menggunakan kontroller Sense yang dimiliki PSVR2 secara umum tetap menawarkan pengalaman bermain yang menarik. Meskipun demikian, tanpa hand tracking, Unplugged terasa menjadi kurang inovatif dan semakin menyerupai game Guitar Hero untuk virtual reality.

Tidak seperti memainkan Unplugged dengan hand tracking yang memiliki empat note setiap saat, versi tanpa pelacakan tangan hanya mendukung dua note yang dapat dimainkan bersamaan. Meskipun demikian, permainan Unplugged tanpa teknologi pelacakan tangan dengan menggunakan tombol kontroler tetap menyenangkan dan berjalan lancar.

Unplugged untuk PSVR2 ataupun perangkat yang tidak mendukung sistem pelacakan tangan lainnya tetap akan dapat menikmati seluruh fitur unggulan lainnya yang ditawarkan game ini. Dari segi visual contohnya, permainan Unplugged terlihat fantastis terutama ditambah dengan kapabilitas dan performa tinggi yang ditawarkan headset PSVR2.

Mekanisme Permainan Virtual Reality Unplugged PSVR2 dalam Kesulitan Mudah dan Menengah

Dalam versi PSVR2 tanpa hand tracking, pada tingkat kesulitan mudah dan menengah pemain hanya akan melihat 2 warna note yang berbeda dalam satu fret gitar. Note kecil berwarna biru dipetakan ke trigger dan note warna cyan yang lebih besar dapat ditekan dengan menggunakan tombol pada grip kontroler.

Selain pemetaan tombol note yang berbeda, pemetaan atau konfigurasi lainnya yang terdapat pada Unplugged versi non hand tracking bekerja serupa dengan versi hand tracking. Sehingga, perbedaannya hanya terletak di kombinasi note yang jauh lebih sedikit. Pemain tetap dapat melakukan slides dan membangun kombo serta harus menekan seluruh note dengan benar.

Mekanisme Permainan Virtual Reality Unplugged PSVR2 dalam Mode Sulit

Dalam game virtual reality Unplugged, semakin tinggi tingkat kesulitan yang dipilih maka semakin tinggi juga tingkat kerumitan yang harus dihadapi pemain. Mode sulit dalam Unplugged PSVR2 dapat dimainkan dengan cara menggerakan pergelangan tangan keatas dan kebawah. Gerakan tersebut yaitu untuk mengubah dua set kombinasi note.

Kombinasi note atau nada dalam hard mode meliputi kombinasi warna biru dan cyan yang dapat dipilih dalam posisi pergelangan tangan normal atau standar. Selanjutnya, dengan menggerakan pergelangan kebawah atau lantai maka akan mengubah kombinasi note menjadi warna kuning dan pink yang juga dipetakan ke tombol trigger dan grip.

Permainan Virtual Reality Unplugged Memiliki Daftar Lagu yang Banyak!

Unplugged Track List
Ilustrasi daftar lagu yang terdapat pada game Unplugged (UploadVR)

Aspek lainnya dari Unplugged yang menjadi daya tarik bagi para konsumen yaitu dari segi pilihan lagu yang dapat dimainkan. Unplugged memang dikenal sebagai game musik yang memiliki banyak pilihan lagu hits terutama musik bergenre rock klasik. Hal ini tentu dapat menjadi nilai jual tambahan bagi para konsumen Unplugged versi non hand-tracking.

Melalui update yang dirilis bersamaan dengan dukungan penggunaan kontroler untuk memainkan Unplugged, Vertigo Games sebagai publisher juga menambahkan 25 lagu. Meskipun pihak Vertigo Games belum mengumumkan daftar lagu lengkapnya, namun mereka telah memberikan beberapa judul lagu sorotan yang akan dapat dimainkan dalam Unplugged.

Beberapa lagu yang disertakan Vertigo Games untuk memperbaharui daftar lagu yang dapat dimainkan nantinya yaitu lagu-lagu dari musisi terkenal Pantera, Muse, Slayer hingga Rob Zombie. Seluruh lagu dari grup band ataupun musisi terkenal tersebut sebelumnya dihadirkan oleh Vertigo Games sebagai downloadable content atau DLC berbayar.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel lainnya!

Bagikan ini: