Permainan VR Before Your Eyes dapat Dimainkan dengan Eye-tracking tanpa Membutuhkan Kontroler!

Permainan VR Before Your Eyes dapat Dimainkan dengan Eye-tracking tanpa Membutuhkan Kontroler!

Permainan VR Before Your Eyes
Poster game Before Your Eyes (Hybrid)

Ada kabar gembira bagi para penggemar video game virtual reality, lho! Baru-baru ini, PlayStation secara resmi telah merilis trailer pengumuman game terbarunya yang berjudul Before Your Eyes! Video game VR terbaru dari PlayStation ini memiliki keistimewaan dimana nantinya dapat dimainkan hanya dengan fitur eye-tracking!

Penasaran dengan game petualangan untuk PlayStation VR2 ini? Yuk, simak berita selengkapnya pada artikel berikut ini!

Permainan VR Before Your Eyes Memanfaatkan Eye-tracking Modern yang Terdapat pada PSVR2

Game Before Your Eyes
Ilustrasi tampilan eye-tracking Before Your Eyes (GAMING Bible)

Video game inovatif yang memanfaatkan teknologi eye-tracking canggih yang ada pada Playstation VR2 ini merupakan karya developer GoodByeWorld Games. Pada game ini, nantinya para pemain akan disuguhkan dengan grafik yang nyata sekaligus penuh warna layaknya latar belakang yang terdapat pada buku komik.

Menariknya, game Before Your Eyes ini dapat dimainkan sepenuhnya hanya dengan kedipan mata, lho! Pasalnya, sang developer mengungkapkan di sebuah artikel pada PlayStation Blog bahwa game ini tidak lagi membutuhkan kontroler setelah dimulai. Sehingga, seluruh interaksi yang terjadi dalam dunia game akan dilakukan sepenuhnya dengan mata pemain.

Pada versi Playstation VR2, sistem eye-tracking yang terintegrasi pada headset tersebut akan dapat menangkap gerakan mata pemain. Sehingga, pemain dapat mengontrol kamera dengan gerakan kepala mereka dan berinteraksi dengan berbagai adegan pada game dengan mengedipkan mata.

Berbagai interaksi yang dapat dilakukan dengan gerakan mata pada game ini dapat dijumpai pada berbagai trailer yang terdapat di YouTube. Trailer tersebut umumnya menunjukkan bahwa dengan menutup mata, pemain dapat mempercepat ataupun mengulang waktu.

Permainan VR Before Your Eyes Berhasil Memenangkan Berbagai Penghargaan

Before Your Eyes Review
Review dari game Before Your Eyes (Glitch Wave)

Game Before Your Eyes sepenuhnya akan menggunakan kedipan mata pemainnya untuk berinteraksi. Selain fitur yang unik tersebut, game ini juga memiliki narasi cerita yang tidak umum yang berhasil mendapatkan berbagai pujian dari para kritikus. Selain mendapatkan review yang sangat baik, game ini bahkan juga mendapatkan penghargaan BAFTA, lho!

Game yang dirilis oleh Skybound Games ini awalnya dirilis untuk PC pada 8 April 2021 yang lalu. Setelah PC, game ini kemudian diport untuk dapat dimainkan pada platform macOS pada bulan September di tahun yang sama. Tidak berhenti disitu, Game Before Your Eyes juga diport untuk dapat dimainkan di Android dan iOS pada July 2022.

Peluncuran Before Your Eyes untuk headset VR pertama kali akan dapat dinikmati oleh para pemilik Playstation VR2. Dari berbagai sumber informasi yang tersedia, Before Your Eyes dijadwalkan akan rilis pada tanggal 10 Maret 2023. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai perilisan game ini untuk headset VR lainnya.

Jelajahi Dunia Afterlife yang Sangat Indah dalam Permainan VR Before Your Eyes!

Before Your Eyes game
Ilustrasi dunia game Before Your Eyes (BeforeYourEyes)

Dalam game ini, pemain akan dapat berpetualang sekaligus menyaksikan pemandangan yang indah di dunia game yang ditawarkan. Permainan Before Your Eyes ini akan mengambil sudut pandang atau perspektif orang pertama dengan gerakan mata pemain terutama kedipan. Pada versi 2D yang tersedia di Steam, pemain dapat menggunakan webcam pada monitor.

Narasi game Before Your Eyes dimulai setelah kematian dari karakter utama permainan ini. Berlatarkan pada sebuah perahu mistik, sang karakter utama memiliki tugas utama untuk mengantarkan souls untuk dapat sampai ke dunia setelah kehidupan.

Pemain melalui karakter utama harus membantu para souls tersebut dengan mempelajari kisah kehidupan mereka. Sehingga, pemain akan diajak ke masa lalu para souls tersebut untuk memutar ulang berbagai peristiwa penting yang ada pada kehidupan mereka.

Awalnya, perjalanan karakter utama game ini akan membawa pemain melewati berbagai kenangan indah dari para souls. Kenangan tersebut dapat meliputi kenangan mengenai keluarga ataupun cinta pertama. Namun, pada bagian selanjutnya pemain juga akan merasakan berbagai kenangan pahit para souls yang sangat menyedihkan.

Dijanjikan akan Memiliki Kontrol yang Mulus pada PlayStation VR2

Playstation VR2
Playstation VR2 (PlayStation Blog)

Graham Parkes, co-director dari projek game ini untuk PSVR2 menyatakan bahwa implementasi fitur eye-tracking pada headset tersebut memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan utama yaitu eye-tracking pada PSVR2 bekerja secara sempurna untuk game ini. Dimana hal tersebut tidak akan dapat dirasakan terutama pada pemain yang menggunakan webcam.

Graham lebih lanjut menyatakan bahwa hal tersebut dilatarbelakangi oleh faktor dimana pada versi PC, pemain memiliki webcam dan kondisi pencahayaan yang beda-beda. Sehingga hal tersebut dapat diatasi dengan teknologi tracking canggih yang ada di PSVR2. Ia mengatakan bahwa Before Your Eyes berjalan dengan sangat lancar pada headset VR besutan Sony tersebut.

Graham Parkes sebagai salah satu petinggi projek Before Your Eyes untuk VR menyatakan bahwa ia sebenarnya sudah lama ingin mengimplementasikan game ini untuk VR. Teknologi eye-tracking yang menjadi fokus utama Sony pada PSVR2 kemudian menurut Graham merupakan kesempatan yang tepat untuk melaksanakannya.

Dapat dinikmati oleh Semua Orang Tanpa Terkecuali

Before Your Eyes
Tangkapan gambar Before Your Eyes (BeforeYourEyes)

Selain fitur inovatif dan alur cerita yang istimewa, game Before Your Eyes ini juga memiliki keunggulan utama pada bidang aksesibilitas. Hal tersebut dengan maksud yaitu karena game ini dapat dimainkan oleh para pemain yang kesulitan untuk bermain dengan menggunakan tangannya. Namun, tentu sang developer tidak hanya berhenti sampai pada tahap itu.

GoodByeWorld Games menyatakan bahwa permainan petualang mereka yang satu ini harus dapat dimainkan oleh audiens yang sangat luas. Salah satu prinsip yang menarik yaitu seluruh elemen pada game mereka harus lolos uji “mom test”. Uji yang dimaksud tersebut yaitu developer game ini menggunakan ibu mereka sendiri sebagai test player game mereka.

Faktor utama pada “mom test” tersebut yaitu bagaimana para test player dapat menikmati game mereka. Para ibu sendiri dipilih dengan alasan bahwa mereka bukan merupakan seorang gamers. Sehingga, apabila mereka dapat menikmati dan berinteraksi dengan seluruh fitur game dengan baik, maka hampir dapat dipastikan game tersebut dapat dinikmati semua orang.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: