Permainan VR Compound adalah Game Tembak Menembak untuk VR Paling Seru!

Permainan VR Compound adalah Game Tembak Menembak untuk VR Paling Seru!

Permainan VR Compound
Media poster permainan Compound (Steam)

Apakah kamu merupakan penggemar game tembak menembak? Apabila iya, maka kamu wajib memainkan game VR berjudul Compound! Compound disebut-sebut sebagai salah satu game VR bergenre shooter paling seru saat ini, lho! Game ini terinspirasi dari art style dan gameplay game klasik fenomenal Wolfenstein 3D tahun 1992 dan Duke Nukem 3D yang rilis 1996!

Bevan McKechnie, solo developer dari game VR Compound ini berhasil membawa estetika dan petualangan penuh aksi dalam kedua game tersebut ke dunia virtual reality. Selain itu, Bevan juga menggabungkan elemen bergenre Rogue-lite free roaming shooter kedalam Compound ini.

Penasaran dengan game yang membawa pengalaman FPS klasik untuk virtual reality ini? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Game Compound dipenuhi dengan Pengalaman Seru yang Mendebarkan!

Compound
Ilustrasi gameplay Compound (Steam)

Menurut banyak pihak, apabila berbicara mengenai permainan bergenre FPS atau first-person shooter, maka Compound adalah game yang paling mewakili genre tersebut saat ini. Dikarenakan, Compound memiliki gameplay yang sederhana dan tidak rumit serta seluruh kontennya didesain untuk memberikan pengalaman yang penuh adrenalin kepada pemainnya.

Compound juga memiliki desain dunia permainan yang bergaya piksel mencolok yang dipastikan mampu membuat seluruh pemainnya tersenyum lebar saat masuk kedalamnya. Pixel art yang indah, musik synthwave yang menggugah dan alur permainan yang istimewa pada game ini menjadikannya tidak tersaingi dalam genre first-person shooter VR.

Saat ini, konsumen dapat memainkan permainan ikonik yaitu Compound melalui aplikasi Steam. Compound juga sudah tersedia di Meta Quest Store bagi para konsumen yang ingin memainkan game ini di Meta Quest , Meta Quest 2 ataupun Meta Quest Pro. Namun, versi untuk headset VR terbaru dari Sony yaitu PlayStation VR 2 hingga saat ini belum diumumkan.

Jalan Cerita Permainan VR Compound

Game Compound
Ilustrasi pemilihan tingkat kesulitan game VR Compound (Steam)

Dalam dunia permainan Compound, para pemain akan mengambil peran protagonis yaitu sebagai seorang anti-hero yang tidak memiliki nama. Pemain melalui sang jagoan pada game ini akan memiliki misi utama untuk menjatuhkan seorang CEO dari perusahaan raksasa yang jahat sebagai antagonis utama permainan ini.

Permainan dimulai dengan latar tempat di sebuah ruangan apartemen yang kumuh milik protagonis game Compound ini. Metode untuk memilih tingkat kesulitan pada permainan ini juga dapat dikatakan tergolong unik. Sebab, pemain memilih kesulitan dengan mengkonsumsi kue (easy mode), medium-rare steak (medium mode) atau botol minuman keras (hard mode).

Setelah memilih tingkat kesulitan yang diinginkan, pemain langsung dibawa untuk memasuki sebuah elevator dan permainan seru Compound segera dimulai. Menariknya, setelah itu tidak akan ada adegan apapun termasuk intro yang umumnya dijumpai dalam sebuah video game untuk menawarkan tutorial bermain.

Sehingga, didalam Compound, para pemain akan mempelajari alur cerita dari dunia distopia Compound secara casual dengan sedikit demi sedikit seiring menjelajahi dunia game. Pemain juga akan mempelajari latar cerita yang ditawarkan Compound sambil menembaki musuh yang ada di game ini hingga akhirnya berhasil mengalahkan penjahat di game ini.

Memiliki Latar Tempat Beragam dan Pengalaman Singkat Namun Menyenangkan!

Compound juga memiliki berbagai lokasi untuk dijelajahi oleh para pemainnya. Kamu akan dituntut untuk mencari jalan keluar di gorong-gorong, berperang di sebuah gudang yang luas hingga perkantoran dan laboratorium riset. Seluruh tempat tersebut harus diselesaikan oleh pemain sebelum akhirnya sampai di lokasi terakhir yaitu sebuah lantai eksekutif mewah.

Secara umum, game Compound menawarkan waktu bermain sekitar 30 sampai 40 menit bagi para pemainnya mulai dari awal hingga mencapai bos terakhir game ini.

Mainkan Compound Sesuka Hati Kamu!

Compound VR Game
Salah satu tangkapan layar permainan Compound (Steam)

Compound sendiri mengadopsi gameplay berupa randomized rogue-lite free roaming shooter. Randomized rogue-lite free roaming shooter sendiri dapat diartikan gameplay sulit yang hampir dapat dipastikan akan sangat menantang para pemain. Pemain Compound umumnya akan seringkali merasakan game-over dan mengulang kembali bermain dari awal.

Pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi seperti contohnya hard mode, jumlah musuh yang akan dihadapi oleh pemain akan menjadi lebih banyak dan jauh lebih kuat. Dalam Compound, untuk menghadapi musuh-musuh yang kuat, pemain dapat membuka berbagai jenis senjata dan barang misterius yang dinamakan sebagai mutators.

Manipulasi Gameplay Compound Sesuai Keinginan!

Mutators merupakan sebuah item dalam game berbentuk suntikan yang dapat melakukan manipulasi genetika kepada protagonis game Compound ini. Sehingga, setelah digunakan, mutators dapat membuat para pemain untuk mengubah peraturan dan gameplay yang ada pada game Compound ini.

Sebagai contoh, terdapat mutators yang dapat membuka mode oldschooler yang membawa permainan Compound menyerupai game shooter klasik legendaris yaitu Doom. Apabila pemain mengaktifkan mode ini, pemain dapat membawa hingga 16 senjata dan dapat bergerak dengan jauh lebih cepat. Namun, jumlah musuh dan kecepatan proyektil menjadi lebih sulit.

Compound juga menyediakan berbagai levels yang tidak dibuat secara statis namun levels tersebut dibuat secara acak dan dapat terlihat serupa satu sama lain. Keberagaman dalam Compound utamanya terbentuk dari berbagai penampilan dan kombinasi dari berbagai jenis musuh.

Keberagaman Compound kemudian lebih jauh ditambah oleh faktor jenis senjata dan juga mutators yang dipilih oleh pemain. Sehingga dalam kata lain, game Compound merupakan judul game yang memberikan kebebasan untuk para pemainnya dalam menyelesaikan game ini.

Permainan VR Compound Memiliki Gameplay yang Mengalir dengan Luar Biasa!

Senjata pada game Compound
Berbagai pilihan senjata yang dapat digunakan pada game ini (Steam)

Compound menawarkan pengalaman bermain yang dijamin akan sangat menyenangkan bagi para pemainnya. Selain karena memiliki persenjataan yang sangat beragam, namun setiap senjata yang dapat digunakan nantinya memiliki kelemahan dan kekurangannya masing-masing. Senapan, blaster hingga senjata peledak pada game juga memiliki suara yang istimewa.

Setiap lantai permainan yang terdapat di Compound memiliki desain yang cukup sempit. Sehingga, pemain dapat bergerak dengan cepat didalamnya dan selalu menjumpai berbagai hal yang terjadi dimana tentunya hal tersebut dapat mendebarkan sekaligus memacu adrenalin!

Dalam permainan Compound, akan terdapat elevator untuk menutup levels disetiap akhir lantai yang telah dilewatkan pemain. Sehingga, elevators tersebut bisa jadi merupakan satu-satunya tempat bagi para pemain untuk menarik nafas dan mempersiapkan untuk menuju lantai berikutnya.

Memiliki Gameplay yang Melelahkan Namun Sangat Menyenangkan!

Pada levels selanjutnya dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, pemain dituntut untuk melalukan gerakan menunduk, menghindar hingga memutar untuk menhindari berbagai proyektil. Sehingga, dengan sistem tanpa kabel seperti Meta Quest 2, gaya permainan kinetik tersebut dapat sangat menyenangkan karena memiliki resiko tersandung yang rendah.

Meskipun permainan Compound dapat dimainkan dalam posisi duduk, namun cara tersebut dirasa mengurangi secara signifikan keseruan yang ditawarkan game tersebut. Selain itu, soundtrack synthwave cemerlang karya Speedblackjuga berhasil untuk membangkitkan semangat para pemain game ini.

Rasa lelah pemain saat bermain Compound akan terasa sangat worth it yang terbayarkan dengan estetika piksel, soundtrack hingga suasana yang diberikan game ini. Bahkan, khususnya dari segi soundtrack beberapa pemain berharap mereka dapat menaikan volume suara di bagian pengaturan. Tingginya permintaan pemain juga membuat OST game ini diunggah ke Spotify.

Beberapa Kekurangan yang Terdapat pada Permainan VR Compound

Permainan VR Compound
Ilustrasi musuh yang dapat dijumpai di game Compound (Steam)

Salah satu yang membedakan Compound dengan game serupa yaitu mekanisme isi ulang senjata yang terdapat didalamnya. Setiap jenis senjata memiliki mekanisme reload yang berbeda. Sehingga, para pemain dituntut untuk mengingat setiap mekanisme pengisian ulang tiap senjata yang digunakan.

Meskipun mekanisme pengisian senjata manual terasa sangat menyenangkan, namun dalam jangka waktu yang lama tentu dapat menimbulkan rasa bosan kepada pemainnya. Meskipun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan mutators yang memberikan kemampuan isi ulang otomatis kepada para pemain Compound.

Salah satu kekurangan yang juga jelas terasa di Compound yaitu sistem artificial intelligence atau AI yang terdapat pada musuh dalam game ini. Musuh yang terdapat di game ini umumnya seringkali terasa tidak realistik karena sering melakukan hal yang tidak masuk akal.


Demikianlah artikel mengenai permainan VR Compound ini. Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel lainnya!

Bagikan ini: