Permainan VR LOW-FI akan Rilis Pada Tahun 2023 ini!

Permainan VR LOW-FI akan Rilis Pada Tahun 2023 ini!

Permainan VR LOW-FI
Poster dari permainan VR LOW-FI (UploadVR)

Penggunaan VR experience untuk bidang hiburan seakan memiliki potensi tidak terbatas. Salah satu bentuk hiburan yang sangat umum dengan teknologi VR dapat dijumpai pada dunia video game. Terbukti, dalam beberapa tahun terakhir ini terdapat peningkatan terhadap minat video game berbasis VR termasuk jumlah judul game VR yang dirilis.

Salah satu permainan yang sangat dinantikan oleh para gamers VR terbaru ini yaitu permainan VR berjudul LOW-FI. Game tersebut merupakan karya dari studio IRIS VR yang juga merupakan kreator game TECHNOLUST yang dirilis pada tahun 2016 lalu. LOW-FI sendiri akan mengusung konsep gameplay petualangan open-world dengan tema cyberpunk!

Informasi terbaru mengenai peluncuran game LOW-FI oleh IRIS VR ini yaitu dijadwalkan untuk dirilis tahun 2023 ini. Peluncuran tersebut ditujukan untuk PlayStation 5, PSVR 2, dan headset PC VR lainnya melalui Steam dan Meta PC platform.

Permainan VR LOW-FI Diawali dengan Kampanye Kickstarter

Kickstarter Logo
Ilustrasi dari platform Kickstarter (Kickstarter)

IRIS VR sendiri memulai pembuatan game LOW-FI ini dengan membuat kampanye Kickstarter pada akhir tahun 2019 silam. Saat itu, kampanye yang dijalankan oleh IRIS VR terbilang sukses yang berhasil mengumpulkan dana lebih dari $80.000! Dana tersebut kemudian membantu game LOW-FI untuk mulai dikembangkan dari nol.

Kampanye Kickstarter yang dibuat oleh IRIS VR untuk game LOW-FI ini saat itu menjelaskan LOW-FI sebagai game yang berorientasi utama sebagai game virtual reality. Mereka juga menyatakan bahwa LOW-FI akan dikembangkan dari bawah untuk headset PC VR dan juga untuk generasi selanjutnya headset PSVR.

Blair Renaud sebagai salah satu developer game LOW-FI menyatakan saat ini konsumen dapat melakukan pre-order untuk versi PC seharga $35. Dengan melakukan pre-order tersebut, konsumen juga akan mendapatkan early access untuk headset SteamVR.

Apabila kamu melakukan pre-order seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu akan mendapatkan berbagai development build access secara langsung. Selain fitur early access tersebut, kamu tentu akan berhak untuk mendapatkan versi final yang sudah dirilis secara penuh untuk platform VR pilihan kamu nantinya.

Permainan LOW-FI akan Memiliki Dunia Game yang Sangat Besar!

Dunia Game LOW-FI
Gambaran open world dalam game LOW-FI (Steam)

Salah satu faktor yang menjadikan peluncuran LOW-FI menjadi sangat populer dan memiliki antusiasme yang sangat tinggi yaitu fitur yang direncanakan akan terdapat didalamnya. Pasalnya, IrisVR dalam kampanye Kickstarter game ini menyatakan bahwa LOW-FI akan berisi dengan berbagai usaha ambisius untuk mewujudkan fitur-fitur yang direncanakan.

Komponen yang direncanakan akan dapat dijumpai di LOW-FI terutama yaitu berupa dunia permainan yang masif dan bersifat non-linear open world. Sehingga, pemain nantinya akan dapat menjelajahi dunia yang sangat besar tersebut tanpa merasa bosan akibat fitur repetitif.

Tentu saja, IrisVR juga berambisi untuk mengisi dunia yang masif tersebut dengan berbagai hal yang menarik untuk dirasakan oleh para pemain game ini nantinya. Dimana, dunia bertema cyberpunk dalam game ini akan dipenuh oleh berbagai kegiatan yang dapat dinikmati oleh para pemain.

Kegiatan-kegiatan yang direncanakan dapat dijumpai oleh para pemain meliputi ratusan kejahatan dan jalan cerita yang dapat di eksplorasi dan di pecahkan. Selain itu, IrisVR juga mengimplementasi fitur narasi yang bercabang serta berbagai dialog yang beragam. Fitur unggulan lainnya dari LOW-FI menurut Iris VR yaitu berupa NPC yang fotorealistik.

Game LOW-FI Menawarkan Kebebasan Bermain untuk Para Pemainnya!

LOW-FI VR Game
Tangkapan layar pada LOW-FI oleh developer IrisVR (Steam)

LOW-FI sendiri dapat dideskripsikan sebagai permainan simulasi VR generasi selanjutnya dimana para pemain mengambil peran untuk menjaga keamanan dari dunia yang ditawarkan. Pemain nantinya akan melakukan patroli baik di darat dan bahkan terbang di udara untuk memecahkan misteri yang dijumpai.

Dalam memerangi kejahatan yang terdapat pada dunia LOW-FI, pemain tidak akan terikat oleh jalan cerita yang sudah ditentukan. Karena, game ini memiliki jalan cerita atau gameplay yang menawarkan keleluasaan untuk para pemainnya dan tidak terkesan linear. Contohnya, dalam game ini pemain dapat memilih menjadi korup dan jahat.

Dalam LOW-FI pemain akan sering dihadapkan dengan berbagai keadaan yang menuntut mereka untuk mengambil keputusan melalui pilihan dialog yang tersedia. Pilihan tersebut bersifat moral grey areas atau berisi berbagai pilihan moral yang bebas dipilih. Seperti, mengambil uang suap daripada menangkap seorang kriminal.

Pilihan moral abu-abu tersebut seperti menjebak atau merugikan pihak lainnya untuk keuntungan pribadi pemain memang merupakan desain yang dibuat oleh IrisVR. Mereka menyatakan hal tersebut guna membuat LOW-FI menyerupai dunia nyata semirip mungkin. IrisVR juga menciptakan dunia non-linear dan bersifat open ended dalam LOW-FI ini.

Kebebasan Pemain dari Segi Penggunaan Uang didalam Game LOW-FI

Game LOW-FI juga akan menerapkan sistem keuangan dengan mata uang yang disebut sebagai credits. Pemain akan mendapatkan credits dari berbagai sumber yang ada di game ini. Salah satu metode yang paling mudah yaitu berasal dari gaji yang pemain dapatkan sebagai anggota kepolisian yang bertugas di wilayah yuridiksi 303 ini.

Pemain akan mendapatkan gaji berupa credits setiap menyelesaikan shift atau jadwal patroli mereka setiap harinya. Selain dari upah, pemain juga akan mendapatkan credits tambahan setelah menyelesaikan tugas tambahan seperti menangkap kriminal atau menggagalkan kejahatan yang dijumpai.

Credits yang telah pemain kumpulan kemudian dapat digunakan sesuka hati mereka dalam game ini. Pemain dapat menggunakannya untuk membeli barang di pasar gelap ataupun toko dark web illegal hingga menggunakannya sebagai uang suap.

LOW-FI juga menawarkan kemungkinan kostumisasi yang cukup luas untuk para pemainnya. Dalam permainan VR ini, Kamu dapat menggunakan credits di vending machine dan yang lainnya untuk meningkatkan pesawat yang digunakan saat patroli. Selain pesawat yang dimiliki, pemain juga dapat mendekorasikan ruangan apartemen tempat tinggal mereka.

Alur Cerita Utama yang Ada di Permainan VR LOW-FI

Permainan VR LOW-FI
Ilustrasi permainan LOW-FI (Steam)

Dalam permainan LOW-FI ini, pemain akan menjadi seorang “low-fi” yang merupakan sebutan bagi mereka yang tidak dapat bersatu dengan “The platform”. “The Platform” sendiri merupakan simulasi virtual reality yang ada dimana-mana. Pada game bertema cyberpunk ini, mayoritas dari populasi dikisahkan menjalani kehidupan mereka didalam “The Platform” ini.

Selain seorang “low-fi”, pemain dikisahkan mengambil peran sebagai salah satu anggota kepolisian yang ditugaskan di wilayah dengan tingkat kejahatan tinggi bernama city-block 303. City-block 303 dihuni oleh mayoritas low-fi lainnya dan berbagai makhluk hidup buatan dengan kecerdasan manusia yang hidup ditengah masyarakat setelah terjadinya AI singularity.

Seperti yang telah disebutkan diatas, LOW-FI memiliki dunia luas bersifat sandbox dan dipenuhi dengan berbagai elemen aksi yang seru sekaligus menantang. Fitur eksplorasi dan cerita yang bergantung dari pilihan yang dibuat pemain juga menjadi komponen yang digarisbawahi oleh IrisVR.

Layaknya program holodeck yang dipopulerkan oleh film ikonik Star Trek, pemain dapat menjelajahi open world city-block 303 sesuka hati mereka. Pemain juga dapat memilih untuk menjelajahi suatu narasi permainan lebih dalam ataupun bersantai dengan bermain di arcade dan menghabiskan uang mereka.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel lainnya!

Bagikan ini: