Jelajahi Alam Semesta dengan Permainan VR No Man’s Sky!

Jelajahi Alam Semesta dengan Permainan VR No Man’s Sky!

Permainan VR No Man's Sky
Poster promosi permainan No Man’s Sky (GOG)

Apakah kamu tertarik dengan eksplorasi ruang angkasa dan ingin sekali menjelajahi alam semesta ini? Apabila iya, kamu wajib untuk mencoba permainan VR dari Hello Games yang berjudul No Man’s Sky! Game ambisius dari Hello Games ini mampu memenuhi hasrat para pemain untuk dapat menjelajahi alam semesta yang luas ini!

Penasaran dengan permainan virtual reality No Man’s Sky buatan Hello Games ini? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Permainan VR No Man’s Sky Menawarkan Kesempatan Eksplorasi Tidak Terbatas!

No Man's Sky Virtual Reality
Ilustrasi eksplorasi yang dapat dilakukan dalam No Man’s Sky (Eurogamer)

No Man’s Sky merupakan game eksplorasi ruang angkasa dari Hello Games dengan sistem generasi prosedural yang sangat ambisius! Sistem tersebut mampu menghasilkan miliaran planet yang tersebar pada jutaan sistem tata surya. Generasi prosedural dari Hello Games ini juga mampu mensimulasikan karakteristik unik dari masing-masing planet yang tercipta.

Sistem generasi prosedural dalam No Man’s Sky mampu menawarkan pengalaman penjelajahan yang tidak terbatas untuk para pemainnya. Hal ini dikarenakan sistem tersebut mampu mensimulasikan fauna, flora hingga permukaan yang unik pada tiap planet yang dijumpai. Selain itu, No Man’s Sky juga memiliki alam semesta yang hampir tidak terbatas!

Pada alam semesta permainan ini, pemain akan menjumpai berbagai spesies alien yang berbeda pada setiap sistem tata surya yang dikunjungi. Sistem tata surya tersebut juga akan memiliki keadaan ekonomi nya masing-masing serta beberapa karakteristik unik lainnya. Sehingga, para pemain akan disuguhkan dengan berbagai kemungkinan yang tidak terbatas!

Seluruh planet dan sistem bintang yang tercipta secara prosedural dalam No Man’s Sky akan dapat dijelajahi oleh pemain. Mulai dari planet yang bersahabat hingga planet dengan atmosfir beracun dan berbagai bahaya yang mengintai akan dapat ditemui dalam game ini. Secara total, terdapat 18 quintillion planet yang tercipta secara prosedural untuk dieksplorasi pada game ini.

No Man’s Sky Menjadi Semakin Baik Seiring Perkembangannya

No Man's Sky Beyond Update
Pembaharuan terkini dalam game No Man’s Sky yaitu Update Beyond (No Man’s Sky)

Meskipun tidak dapat dipungkiri game No Man’s Sky yang dirilis tiga tahun lalu ini pada awal peluncurannya memiliki berbagai kelemahan dan bug yang sangat game-breaking. Namun, meskipun demikian, sang developer yaitu Hello Games terus berusaha memperbaiki game unggulannya ini dengan mengeluarkan update secara berkala.

Usaha yang dilakukan oleh sang developer terbukti berhasil karena saat ini No Man’s Sky seakan berevolusi menjadi permainan dengan berbagai peningkatan yang drastis. Terbaru, update Beyond menurut Hello Games menjadi versi “2.0” dari permainan tersebut khususnya untuk versi game non-VR.

Pembaharuan Beyond dalam No Man’s Sky memiliki pengalaman multiplayer yang jauh lebih baik dan berbagai mekanisme permainan baru. Dalam Beyond, pemain dapat menjinakan berbagau mahkluk hidup yang ada didalam permainan ini dan sistem pembangunan markas yang ditingkatkan. Fitur penting dalam update ini termasuk dukungan penuh terhadap VR.

Mekanisme Permainan VR No Man’s Sky

No Man's Sky
Tangkapan layar pada permainan karya Hello Games ini (The Nerd Stash)

Premis dalam video game virtual reality No Man’s Sky sendiri menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pemainnya. Bagaimana tidak, dalam game ini pemain dapat menjelajahi berbagai planet dalam galaksi yang luas dengan berbagai flora dan fauna didalamnya. No Man’s Sky juga memiliki aspek survival yang lengkap seperti crafting, trading hingga combat.

Pemain dapat menambang berbagai jenis sumber daya seperti gas dan mineral, menggali gua bawah tanah, menjelajahi dunia bawah air hingga mencari artefak dan harta karun! Pemain dalam usahanya bertahan hidup di dunia game ini dapat membangun tempat tinggal dan membuat berbagai peralatan yang dapat membantu mereka dalam penjelajahannya.

Moda transportasi utama yang dapat digunakan oleh pemain untuk berpindah dari satu tempat ke tempat tujuan lainnya yaitu dengan menggunakan sebuah pesawat terbang. Pemain dapat terbang ke sistem tata surya atau planet lainnya dengan menggunakan pesawat terbang luar angkasa yang beragam.

Tingkat Kesulitan yang Dapat Dipilih Pada Game No Man’s Sky

Ketika pemain mengawali permainan No Man’s Sky, pemain dapat memilih berbagai tingkat kesulitan yaitu ‘Normal’, ‘Survival’, ‘Permadeath’ dan ‘Creative’. Mode Normal sendiri merupakan tingkat kesulitan paling umum yang dipilih oleh pemain No Man’s Sky. Mode ini juga merupakan tingkat kesulitan yang paling direkomendasikan dalam game No Man’s Sky.

Apabila pemain menginginkan tantangan yang lebih dibandingkan Normal, maka pemain dapat mempertimbangkan untuk bermain dalam mode Survival. Dalam mode tersebut, pemain akan ditantang lebih jauh lagi dengan berbagai ancaman yang lebih sulit dan berbahaya. Selanjutnya, mode Permadeath membuat pemain game over ketika terbunuh didalam game.

Mode Creative merupakan tingkat kesulitan paling mudah yang ditujukan untuk para pemain yang hanya ingin memainkan No Man’s Sky dengan santai. Umumnya, dalam mode ini pemain dapat membangun markas sesuka hati mereka dengan perlengkapan crafting yang tidak terbatas. Creative Mode juga mencegah pemain untuk terluka didalam game.

Tutorial yang Diberikan oleh No Man’s Sky

Ketika mengawali permainan dari awal, pemain akan langsung dihadapkan dengan tantangan untuk bertahan hidup pada permukaan sebuah planet misterius dalam semesta yang asing. Pemain dalam tutorial awal ini tidak memiliki senjata maupun pesawat terbang apapun dan dikelilingi oleh atmosif yang tidak bersahabat dengan margasatwa yang agresif.

Dalam tutorial game virtual reality ini, pemain dengan cepat akan menyadari bahwa peralatan pelindung yang dinamakan exosuit mereka memiliki masalah. Permainan ini juga memberikan indikasi kepada pemain apabila exosuit tersebut rusak maka pemain akan gugur dengan cepat. Namun, kondisi yang genting tersebut menawarkan sistem tutorial yang sangat menarik.

Pemain akan dipandu oleh display HUD yang tertera pada helm luar angkasa mereka yang berisi tutorial bertahan hidup yang informatif. Pemain akan dituntun untuk memperbaiki seluruh sistem yang bersifat krusial untuk mereka bertahan hidup di luar angkasa. Berbagai panduan tutorial tersebut juga dapat memperkenalkan pemain baru terhadap dunia game.

Alur Cerita Permainan No Man’s Sky

Permainan VR No Man's Sky
Ilustrasi permainan No Man’s Sky VR (No Man’s Sky)

Setelah pemain berhasil menyelesaikan tutorial yang diberikan dan telah mendapatkan akses ke pesawat luar angkasa mereka, pemain akan dapat melakukan apapun setelahnya. Game buatan Hello Games ini hanya memberikan informasi yang terbatas mengenai misi utama yang diberikan kepada pemain untuk mempertegas aspek eksplorasinya.

Hello Games juga memberikan narasi atau konteks cerita yang minimal untuk para pemain gamenya tersebut. Game ini memiliki alur cerita utama mengenai perjalanan menuju inti galaksi untuk ditempuh dan diselesaikan para pemain. Mencapai destinasi akhir tersebut tidaklah mudah dan dapat dilalui dengan berbagai cara sesuai keinginan pemain.

Pemain dapat mengakuisisi Freighter atau kapal induk yang sangat besar untuk membantu perjalanan mereka menuju inti galaksi tersebut. Pemain juga dapat mengikuti alur cerita Artemis, membangun exocraft dan mengunjungi Space Anomaly dalam perjalanannya. Seluruh aspek tersebut dibuat untuk membantu pemain dalam menyelesaikan misi utama mereka.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: