4 Perusahaan Virtual Reality Indonesia, Kualitasnya Diakui Dunia!

4 Perusahaan Virtual Reality Indonesia, Kualitasnya Diakui Dunia!

Tekonologi digital dan lingkup virtual reality menjadi pembicaraan hangat beberapa tahun belakangan ini. Pengembangan teknologi VR, ditambah lagi kualitas perangkat virtual reality yang ditingkatkan terus menjadi headline berita.

Teknologi VR yang berkembang pesat menimbulkan pertanyaan: bagaimana cara memanfaatkan industri digital ini untuk bisnis? Perusahaan besar pun sudah melihat potensi metamesta, augmented reality dan virtual reality untuk bisnis. Contoh perusahaan yang berfokus pada teknologi ini dan produknya adalah Facebook.

Perusahaan Virtual Reality Indonesia

4 Perusahaan Virtual Reality Indonesia, Kualitasnya Diakui Dunia!
four person playing virtual reality goggles (Lucrezia Carnelos/unsplash)

Bagaimana dengan Indonesia? Dua tahun silam, Forbes Georgia pernah mengumumkan daftar perusahaan metamesta yang wajib dilirik di tahun 2022.

Uniknya, nama perusahaan metamesta Indonesia muncul di antara nama besar perusahaan teknologi internasional. Bersama dengan perusahaan besar seperti Apple, Microsoft, Snap Inc., dan Niantic, hadir nama WIR Group Indonesia.

Adakah perusahaan virtual reality Indonesia lainnya yang berfokus pada layanan digital seperti teknologi VR, metamesta dan augmented reality? Yuk, simak artikelnya berikut ini!

1. WIR Group

WIR Group, perusahaan virtual reality yang didirikan pada tahun 2009 ini dimiliki oleh PT. Wirya Inovasi. WIR Group menjadi pemain besar di industri teknologi dan sudah terkenal di kawasan Asia Tenggara. Mereka memiliki visi untuk memberikan solusi masyarakat cerdas melalui dunia metamesta dan web 3.0.

Dilansir dari web resminya, WIR Group sudah memiliki 5 paten global AR terdaftar nasional dalam Patent Cooperation Treaty (PCT). Selain VR, perusahaan ini juga menyediakan layanan augmented reality dan artificial intelligence.

2. Shinta VR

Shinta VR adalah pemain di industri teknologi digital lainnya. Perusahaan ini memiliki 2 produk andalan yaitu MilleaLab dan Space Collab dan berbasis di Jakarta.

Space Collab berfokus pada kolaborasi secara real time dari manapun. Layanan ini menawarkan sistem pertemuan virtual yang dapat menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dengan tampilan 3D yang realistis, menjaga komunikasi secara real-time, dan berkolaborasi di berbagai ruang.

MilleaLab adalah platform VR All-in-one untuk pendidikan yang diluncurkan pada tahun 2019. Dengan MilleaLab, pengguna dapat membuat konten pembelajaran berbasis 3D dan virtual reality di mana saja dan kapan saja tanpa coding.

3. Primeskills

Berikutnya ada Primeskills. Primeskills adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada VR untuk menghasilkan teknologi pendidikan. Produk mereka ditunjukkan agar dapat digunakan sebagai modul pelatihan di berbagai industri.

Salah satu karya terbaik dari Primeskills adalah headset VR pico. Headset VR ini dirancang untuk dapat bekerja pada level tertinggi dan menjadi solusi teknologi all-in-one perusahaan.

4. MetaNesia | Perusahaan virtual reality Indonesia

Menjelajah metamesta Indonesia Bernama MetaNesia
Menjelajah metamesta Indonesia Bernama MetaNesia (MetaNesia)

Bukan hanya WIR Group yang merambah ke dunia virtual. MetaNesia pun hadir sebagai platformvirtual bagi pecinta teknologi di Indonesia. Perusahaan teknologi Indonesia ini tidak hanya berfokus pada metamesta, tetapi juga berfungsi sebagai platform augmented reality dan virtual reality.

Diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu, peresmian produk baru dari Telkom Indonesia ini dilakukan sendiri oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir. Lebih tepatnya pada rangkaian acara Digiland 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

MetaNesia raih penghargaan perusahaan virtual reality Indonesia

Belum genap setahun usianya, produk buatan Telkom Indonesia ini sudah menyabet penghargaan dari Infobrand.id. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi Telkom Indonesia dan MetaNesia karena berhasil menjadi sumber pionir ekosistem metamesta di indonesia.

Penghargaan ini diperoleh MetaNesia setelah memenuhi tiga kriteria penilaian, yaitu penilaian The First Aspect, perusahaan yang meraih penghargaan ini telah memenuhi unsur sebagai yang pertama di Indonesia. Kriteria selanjutnya adalah Evidence Aspect, yaitu nilai yang diukur berdasarkan alat bukti yang dimiliki perusahaan atau dapat divalidasi melalui pemberitaan di media sebagai yang pertama.

Dan yang terakhir adalah Validation Aspect, artinya perusahaan terkait wajib menandatangani surat Validation Data and Disclaimer sebagai yang pertama di Indonesia atau dibuktikan dengan Online Validation Riset melalui mesin pencari dan media sosial.

Cara masuk ke MetaNesia

MetaNesia Indonesia
MetaNesia Indonesia – Aplikasi di Google Play (MetaNesia.id)

Bagi pengguna yang masih awam mengenai perusahaan metamesta di Indonesia, tidak perlu khawatir. MetaNesia hadir sebagai perusahaan teknologi metamesta dan juga augmented reality Indonesia yang mudah untuk diakses. Terutama bagi pengguna baru di dunia virtual yang tidak familiar dengan mixed reality, augmented reality, artificial intelligence, dan teknologi sejenisnya.

MetaNesia memang sengaja dihadirkan untuk membuat metamesta jauh lebih mudah diakses dan dipahami oleh pengguna baru. Dengan platform yang sederhana dan aplikasi yang dapat diunduh, MetaNesia menawarkan pengalaman metamesta yang menyenangkan dan menghibur bagi pengguna di Indonesia.

Aplikasi MetaNesia dapat diunduh untuk perangkat desktop (MacOS dan Windows) dan ponsel pintar (Android dan iOS). Dengan mengunduh aplikasi ini, pengguna dapat memasuki dunia MetaNesia dengan mudah.


Itulah artikel mengenai perusahaan virtual reality di Indonesia. Ingin mencoba menerapkan metaverse untuk bisnis? Hubungi MetaNesia dan dapatkan konsultasi gratis dengan tim kami.

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama di Indonesia yang juga merupakan bagian dari Telkom Indonesia. Anda juga bisa merasakan keseruan masuk ke dalam dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia. Yuk unduh hari ini, jangan sampai ketinggalan keseruannya!

Bagikan ini: