Perkenalkan SistemmaGPT, Pesaing ChatGPT dari Rusia

Perkenalkan SistemmaGPT, Pesaing ChatGPT dari Rusia

pesaing chatgpt dari rusia
(Adrian Zorzut, The Sun/Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menarik banyak perhatian karena kemampuannya dalam membantu proses kerja di berbagai bidang industri. Teknologi AI dapat dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah asisten virtual Google seperti Siri dan Alexa.

Kini, muncul tools AI baru dari Rusia bernama SistemmaGPT. Meskipun masih berada dalam versi beta dan baru akan dilakukan pengujian terbuka oleh publik pada Juni 2023 nanti, banyak pihak yang penasaran dengan software dari Rusia satu ini.

Apa itu AI?

AI adalah sistem komputer yang bekerja dengan mencerna data dalam jumlah besar (big data) yang kemudian diproses untuk menemukan pola dan korelasi. Dengan kata lain, AIadalah mesin statistik besar yang digunakan untuk memprediksi masa depan menggunakan data secara real time dan juga masa lampau.

Salah satu contoh penerapan teknologi AI adalah AI chatbot atau program penerima pesan. Melalui data yang dikumpulkan, AI chatbot akan memproses data dan mengenali pola yang sering muncul melalui percakapan sebelumnya.

Data tersebut akan digunakan oleh chatbot untuk menjawab percakapan yang diajukan user kepadanya. Semakin banyak data yang dikumpulkan dan diproses, semakin baik jawaban yang disediakan oleh chatbot. Salah satu contoh produk dari AI chatbot ini adalah ChatGPT.

Pengertian ChatGPT

chatgpt mempunyai pesaing dari rusia
(Pexels/ChatGPT)

ChatGPT adalah chatbot buatan Open AI yang berbasis teknologi AI dan dapat melakukan interaksi percakapan dengan penggunanya. ChatGPT dapat memahami bahasa alami manusia dan menghasilkan jawaban berupa teks.

Bagaimana cara kerja ChatGPT?

OpenAI menyebutkan bahwa model ChatGPT menggunakan proses pembelajaran Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF). Ini dilatih oleh sistem untuk mempelajari dan meneliti setiap pertanyaan dan memberikan jawaban yang sesuai.

ChatGPT memilih format dialog karena dapat memberikan jawaban dari pertanyaan lanjutan dan agar pengguna seperti bertanya layaknya dialog dengan seseorang. ChatGPT dapat memberikan jawaban, deskripsi, saran dan solusi untuk setiap pertanyaan yang kamu berikan. Bahkan ChatGPT dapat membantu kamu membuat kode pemrograman sampai konten untuk website.

SistemmaGPT, pesaing ChatGPT

sistemmagpt, pesaing chatgpt dari rusia
(Pixabay/Artificial Intelligence)

Perusahaan Sistemma, baru saja menciptakan pesaing ChatGPT dari Rusia. Proyek ini berjalan sepenuhnya di server domestik dan menggunakan bahasa Rusia. Chatbot ini diberi nama SistemmaGPT (Generative Pre-trained Transformer) dan dikembangkan oleh perusahaan sendiri, bekerja sama dengan Universitas Stanford.

Chatbot ini dirancang untuk digunakan oleh bisnis dan lembaga pemerintah di Rusia. Menurut Sistemma, chatbot ini mampu menulis teks berkualitas tinggi dan memiliki pengetahuan yang luas seperti ensiklopedia.

Selain itu, Sistemma juga mengklaim bahwa chatbot ini dapat membuat tutorial, menulis esai, membuat kode pemrograman, bahkan mendukung percakapan dengan berpura-pura menjadi selebritas. SistemmaGPT dapat melakukan analisis data secara real-time dan membantu pengembangan strategi dan proyek bisnis, serta dapat menyesuaikan kebutuhan klien dan konteks lokal mereka.

Chatbot ini masih dalam versi beta yang sedang dikerjakan, dengan pengujian terbuka oleh publik dijadwalkan pada bulan Juni. Perusahaan Sistemma juga sedang mengerjakan AI yang dapat mengedit gambar dan video, direncanakan untuk tahun 2023.

Fitur-fitur SistemmaGPT

SistemmaGPT mempunyai berbagai fitur. Berikut rinciannya:

  • Data analysis: Alat ini dapat melihat banyak data secara real time dan menemukan informasi yang berguna. Ini bisa membantu bisnis menjadi lebih baik dan bekerja lebih cerdas.
  • Customer service: SistemmaGPT dapat bertindak sebagai asisten virtual. Menjawab pelanggan melalui teks atau suara. Ini dapat menjawab pertanyaan, dan memberimu informasi.
  • Recommendation system: SistemmaGPT dapat membuat sistem rekomendasi yang dipersonalisasi. Sistem ini akan menyarankan produk atau layanan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan.
  • Order processing: SistemmaGPT dapat menerima pesanan dan panggilan dari pelanggan dengan sendirinya. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang untuk pekerja manusia.
  • Email management: SistemmaGPT dapat menanggapi email dari pelanggan atau mitra. Hal ini dapat membuat komunikasi menjadi lebih baik dan lebih cepat.
  • Social media engagement: SistemmaGPT dapat berinteraksi dengan pengguna media sosial. SistemmaGPT dapat memposting, mengomentari, menyukai, berbagi, dan mengikuti. Hal ini dapat membuat proyek bisnis menjadi lebih populer dan dipercaya.

Meskipun masih berada dalam versi beta, kehadiran SistemmaGPT sebagai pesaing ChatGPT dari Rusia yang telah memiliki rencana pengujian terbuka oleh publik bisa menjadi ancaman bagi tools AI yang sudah ada. Terlebih, alat ini juga dapat melakukan hal yang sama seperti mengolah informasi, melakukan pengembangan strategi dan proyek bisnis, dan sebagainya.

Ingin mengetahui informasi lainnya mengenai teknologi dan dunia metaverse? Yuk, kunjungi blog metaNesia!

Bagikan ini: