Potensi AR Smart Mirrors pada Industri Kecantikan

Potensi AR Smart Mirrors pada Industri Kecantikan

Smart mirror berbasis augmented reality untuk make up
Smart mirror berbasis augmented reality untuk make up (Gforgadget / Gforgadget)

Beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi di bidang kecantikan terus berkembang dengan pesat. Berbagai inovasi teknologi baru bermunculan, termasuk salah satunya adalah AR smart mirrors. Teknologi ini kian populer, karena dapat digunakan untuk mengakses data atau layanan penting, selain refleksi cermin diri penggunanya.

Smart mirrors yang terhubung pada jaringan internet dapat mengakses berbagai layanan dan aplikasi, seperti prakiraan cuaca, pembaruan berita, pengingat aktifitas, bahkan program olahraga. Potensi AR smart mirrors sebagai layar multifungsi yang dilengkapi kamera ini, diyakini akan menjadi atribut yang akan mengubah pengalaman pelanggan di industri kecantikan

Apa yang dimaksud AR smart mirrors?

Pada dasarnya, AR (augmented reality) adalah teknologi yang menggabungkan objek maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Objek maya tersebut kemudian diproyeksikan pada lingkungan nyata secara real-time. Dari inovasi teknologi augmented reality inilah kemudian tercipta smart mirror.

Smart mirror atau cermin pintar yang berbasis pada teknologi augmented reality, merupakan cermin yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman seseorang yang menggunakannya. Melalui layar dan sensor yang tertanam pada perangkat keras smart mirror, pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih interaktif dan imersif. Augmented reality memungkinkan untuk mendeteksi wajah dan area tertentu, di mana objek maya dapat diproyeksikan melalui layar cermin pintar.

Selain teknologi augmented reality, cermin pintar juga didukung teknologi AI (artificial intelligence), yang berperan untuk mendeteksi, menganalisa dan menemukan informasi dari pengguna. Perpaduan augmented reality dan artificial intelligence akan berperan menyumbangkan berbagai bentuk tampilan maupun fitur pada cermin pintar.

Fitur tambahkan pada AR smart mirrors

Cermin pintar berbasis teknologi augmented reality, merupakan penggabungan cermin dengan tampilan digital dan sistem komputer yang terkoneksi WiFi. Perangkat inovatif ini menawarkan berbagai fitur dan aplikasi, serta dapat terintegrasi dengan perangkat pintar lainnya.

Lewat fitur-fitur canggih tersebut, cermin pintar meningkatkan cara berinteraksi dengan teknologi secara personal karena dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Berikut beberapa fitur yang terdapat pada cermin pintar:

Sensor gerak

Adanya fitur sensor gerak, memungkinkan cermin pintar untuk mendeteksi kehadiran pengguna dan meresponsnya secara otomatis. Dengan fitur ini, pengguna dapat menyalakan cermin pintar secara otomatis saat memasuki area atau ruangan. 

Pengenalan wajah

Fitur pengenalan wajah akan membantu cermin pintar untuk mengenali dan mengidentifikasi wajah pengguna yang sudah terdaftar sebelumnya. Pengenalan wajah memungkinkan cermin pintar untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan disesuaikan dengan setiap pengguna yang berbeda. Fitur ini juga mampu mendeteksi siapa yang ada di dalam ruangan dan bahkan dapat menampilkan konten yang sesuai dengan orang tersebut.

Pencahayaan LED

Pencahayaan LED adalah cahaya tambahan yang terintegrasi ke dalam desain cermin pintar, dimana akan meningkatkan fungsi maupun tampilan cermin pintar itu sendiri. Strip LED sederhana yang dibuat mengelilingi cermin pintar, dapat menambahkan pencahayaan yang bagus pada ruangan.

Layar sentuh

Dengan fitur layar sentuh, cermin pintar memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi langsung melalui sentuhan pada layar. Fitur ini menjadikan cermin pintar lebih interaktif dan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai fungsi maupun konten yang diinginkan.

Fitting baju dengan cermin pintar sebelum berbelanja
Fitting baju dengan cermin pintar sebelum berbelanja (Lana Voutik / Quytech)

Bagaimana potensi AR smart mirrors mengubah industri kecantikan? 

Teknologi kecantikan cerdas dengan AR dan AI memungkinkan pembeli potensial untuk memilih dan mencoba produk kecantikan apa pun secara virtual tanpa meninggalkan ruangan. Di toko fisik, pelanggan sering dihadapkan pada tidak adanya warna yang diinginkan atau konsultan kecantikan yang tersedia. Perangkat apa pun dengan kamera membantu mengatasi masalah ini, AI bertindak sebagai asisten pribadi yang siap mencurahkan seluruh waktunya untuk pembeli, dan layanan pengiriman akan segera menghadirkan produk kecantikan yang diinginkan.

Pandemi Covid-19 pada tahun 2020, mengakibatkan rata-rata pendapatan industri kecantikan menurun atara 20 hingga 30%. Kondisi ini memaksa pelaku industri kecantikan, untuk memutar otak agar dapat mempertahankan bisnis mereka. Pendekatan dalam bentuk virtual mulai dilakukan untuk dapat menjaga kedekatan industri dengan pelanggan mereka.

Salah satu terobosannya adalah dengan menghadirkan teknologi smart mirror bagi pelanggan mereka. Potensi AR smart mirrors pada industri kecantikan, dianggap mampu menjadi daya tarik baru untuk menarik perhatian para pelanggan. Berikut beberapa manfaat penerapan cermin pintar berbasis augmented reality bagi industri kecantikan:

Pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi

​​Cermin pintar memungkinkan pendekatan pada pelanggan dalam skala luas, langsung kepada pelanggan. Hal ini sangat penting untuk saat ini, terutama untuk Generasi Z, Alpha, dan Milenial. Mereka lebih menyukai pengalaman secara individu, dan itu salah satu yang mampu ditawarkan melalui cermin pintar berbasis AR.

Dalam memilih kosmetik, pelanggan biasanya lebih selektif dengan berfokus pada produk brand dengan kualitas bahan yang tinggi. Layanan seperti Banuba try-on menawarkan kepada konsumen mereka, secara personal untuk menguji tata rias dan memesan produk dalam beberapa klik.

Peningkatan keterlibatan pelanggan

Mencoba make up dengan smart mirror berbasis AR
Mencoba make up dengan smart mirror berbasis AR (Grant Fjermedal / Perfectcorp)

AR smart mirrors menjadi alternatif interaksi baru antara industri kecantikan dan konsumennya. Keterlibatan pelanggan secara langsung dapat meningkat ketertarikan pelanggan terhadap produk. Hal ini dengan sendirinya dapat mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu kecenderungan generasi sekarang membagikan aktifitas mereka melalui media sosial, secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran publik akan sebuah brand.

Resiko pengembalian dana lebih rendah

Menurut berbagai penelitian, saat ini tingkat pengembalian dana belanja online mencapai 30%. Kondisi ini terjadi karena sering kali apa yang sudah dibeli tidak seperti yang diharapkan pelanggan. Dalam kasus tata rias, sulit untuk memprediksi apakah alas bedak atau warna lipstik akan cocok dengan warna kulit.

Uji coba virtual melalui cermin pintar memungkinkan pelanggan menemukan produk yang sesuai, mengujinya dalam pencahayaan yang berbeda, atau memilih yang paling cocok untuk tampilan tertentu. Ini menghasilkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi dan mengurangi resiko pengembalian dana.

Penambahan keranjang belanja

Cermin pintar mengundang minat pelanggan untuk mencoba produk tambahan maupun penawaran yang dipersonalisasi. Hal ini akan mendorong pelanggan untuk menambahkan produk kosmetik yang disarankan, melalui bereksperimen pada penampilan mereka dengan corak dan tekstur baru yang di tawarkan.

Cermin rias berbasis AR hadir untuk mengubah cara orang berbelanja produk kecantikan. Inovasi ini mampu meningkatkan kepercayaan, keterlibatan, dan tingkat kepuasan, sehingga membawa manfaat bagi industri kecantikan di masa depan. Dengan demikian, penerapan cermin pintar pada industri kecantikan akan lebih mendekatkan brands dengan pelanggan secara personal, sekaligus menarik minat konsumen yang lebih luas.


Itulah pembahasan mengenai penerapan teknologi AR smart mirrors pada industri kecantikan. Melalui inovasi teknologi ini, diharapkan akan semakin meningkatkan perkembangan industri di bidang kecantikan. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan teknologi dunia virtual.

MetaNesia merupakan platform metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi layaknya dunia nyata. Apabila anda tertarik untuk membuat virtual office, menjual produk digital atau bekerja sama dengan MetaNesia, anda dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk berkonsultasi secara gratis.

Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah anda coba sebelumnya!

Bagikan ini: