Potensi Industri Olahraga Metaverse Capai $80 Miliar pada Tahun 2030
Beranda /
Blog /
Potensi Industri Olahraga Metaverse Capai $80 Miliar pada Tahun 2030
19 December 2022

Potensi Industri Olahraga Metaverse Capai $80 Miliar pada Tahun 2030

olahraga
Sumber: Yahoo

Salah satu ajang sepakbola bergengsi dalam dunia olahraga yaitu FIFA World Cup 2022 telah berakhir. FIFA World Cup memang memiliki daya tarik yang tinggi di berbagai kalangan. Pada World Cup tahun 2014 saja, terdapat lebih dari 695 juta orang lebih yang menonton final ajang sepakbola tersebut.

Tidak hanya dalam sepak bola, olahraga lainnya juga memiliki ajang kompetisi bergengsi yang banyak ditonton di dunia. Olahraga basket memiliki ajang kompetisi FIBA World Cup dan liga NBA yang populer di kalangan penggemar basket. Liga NBA memiliki rata-rata 1,6 juta penonton TV pada musim 2021/2022.

Olahraga memiliki potensi komersialisasi dan keterlibatan penggemar yang tinggi. Dengan begitu, penerapan teknologi web3 dan NFT dalam industri olahraga memiliki peluang keuntungan yang tinggi.

Bahkan menurut laporan dari web3 Studios, potensi industri olahraga dalam metaverse bisa mencapai lebih dari $80 juta pada tahun 2030. Bagaimana bisa?

Olahraga di dunia nyata bisa menjadi pengalaman imersif di metaverse

metaverse
Sumber: The Verge

Di masa depan, dunia olahraga metaverse bisa menjadi salah satu cara baru untuk berinteraksi dan beraktivitas dengan orang lain.

Menurut Web3 Studios, metaverse bisa menciptakan pengalaman virtual interaktif dan era baru dalam dunia olahraga. Dengan teknologi digital yang berkembang, kamu bisa merasakan gamifikasi olahraga di platform metaverse.

Web3 Studios mengidentifikasi kebangkitan esport saat pandemi yang menjadi pendorong era baru dalam dunia olahraga digital di masa depan. Game dan turnamen esport bisa menjadi salah satu pilar utama dalam perkembangan olahraga di platform metaverse

Game seperti Dota2 telah menghadirkan ratusan hadiah yang menggoda membuat banyak orang mulai mengikuti turnamen esport game tersebut. Sementara game League of Legends dan Fortnite juga telah membawa ratusan juta pemain ke dalam esports karena gameplay dan karakter yang menarik.

Namun, tidak satu pun dari game esport di atas memiliki integrasi teknologi web3. Game di atas masih menggunakan teknologi web 2.0. Meskipun begitu kita bisa melihat bahwa game-game tersebut akan menjadi pondasi dapat bagi industri olahraga yang akan datang dengan teknologi web3.

Aspek pada industri olahraga metaverse

olahraga
Sumber: Board Room TV

web3 Studios menyebutkan terdapat 6 aspek yang ada dalam industri olahraga di metaverse yaitu:

Momen berharga

Dalam olahraga, momen merupakan klip video pendek dari situasi tertentu, seperti gol, slam dunk, atau perayaan lainnya. Pada metaverse, kita bisa menjadikan momen berharga ini menjadi aset digital yang dapat diperdagangkan dalam bentuk NFT.

Game

Kamu penggemar berat sepakbola? pastinya kamu mengetahui game FIFA Ultimate Team yang dikeluarkan oleh EA Sport. Kamu bisa membuat tim sepakbola impian kamu dengan pemain nyata sesuai keinginan.

Setelah terbukti sukses, startup bernama Sorare juga memanfaatkan konsep serupa dengan game ini. Sorare berhasil mendapatkan pendanaan senilai $4,3 miliar berkat inovasinya yang menguntungkan. Mereka berhasil mendistrupsi pasar collectibles sepak bola dalam waktu singkat.

Fan gear

Jika kamu penggemar berat suatu klub olahraga pasti kamu memiliki jerseynya. Tidak hanya jersey, bahkan biasanya terdapat penggemar fanatik membeli peralatan lainnya seperti sepatu dan bola seperti yang digunakan idolanya.

Brand-brand besar seperti Adidas sedang dalam proses untuk membuat hal ini terjadi di metaverse. Mereka telah mengakuisisi desainer digital, RTFKT untuk bisa membuat fan gear secara virtual.

Fan token

Fan token adalah token digital yang dapat dipertukarkan dan dipertukarkan untuk memberikan keanggotaan kepada komunitas penggemar tim olahraga, band, dan grup lainnya.

Pemegang fan token akan atas fasilitas keanggotaan, seperti akses ke konten eksklusif, hadiah, dan hak untuk memilih keputusan klub. Misalnya, pemegang fan token Juventus Turin dapat memilih dan akhirnya menentukan lagu untuk perayaan gol.

Pengalaman olahraga metaverse

olahraga
Sumber: WAGMI United

Pada awal tahun 2022, sekelompok komunitas NFT memutuskan untuk membeli klub Liga Sepak Bola Inggris 2 Crawley Town FC. Dengan itu, WAGMI United lahir yang menjadi pemilik dari Crawley. WAGMI United berdedikasi untuk menghadirkan ide paling inovatif dan komunitas Web3 yang penuh semangat ke industri olahraga.

Bayangkan jika WAGMI United menciptakan liga sepak bola virtual. Akan menarik bukan melihat para pemain lari virtual di lapangan? Inovasi apa yang kira-kira akan di bawa oleh WAGMI? Kita hanya bisa berharap mereka bisa membuat pengalaman metaverse di industri olahraga bisa seperti pada dunia nyata.

esport

esport merupakan game yang paling mendekati dengan teknologi web3. Meskipun begitu, game-game esport sekarang masih jauh dari penerapan teknologi web3. Kita masih membutuhkan beberapa tahun lagi untuk melihat developer game membuat esport yang berbasis blockchain.


Tertarik dengan metaverse? Ayo kunjungi metanesia.id untuk mengetahui berita terbaru seputar metaverse dan teknologi!