13 Prediksi Teknologi Masa Depan, Sebagian Sudah Ada Sekarang!

13 Prediksi Teknologi Masa Depan, Sebagian Sudah Ada Sekarang!

Dahulu, teknologi canggih yang ada sekarang dianggap mustahil oleh banyak orang. Sebut saja pesawat terbang, ponsel pintar, sampai komputer. Namun nyatanya, perkembangan teknologi terus melaju dengan pesat, membuat yang dulu tak mungkin kini menjadi mungkin dengan beragam prediksi teknologi di masa depan yang hadir.

Bahkan, adanya teknologi tersebut mengubah dunia dan memberi dampak pada kehidupan manusia. Lalu, bagaimana prediksi teknologi di masa depan menurut ilmuwan saat ini? Simak artikelnya berikut!

Prediksi WEF tentang kemajuan teknologi mendatang

World Economics Forum (WEF), yang dibentuk pada tahun 2000, bertujuan untuk merangkul para desainer dan pengembang untuk menciptakan inovasi baru. Mereka termasuk desainer, pengembang teknologi, hingga pengamat teknologi.

Pada tahun 2020 lalu, WEF mengadakan acara Pioneers of Change Summit secara virtual. Pada pertemuan ini, WEF membahas prediksi tren teknologi di masa depan dalam 5 tahun ke depan, yakni di tahun 2025.

Artificial intelligence pada industri manufaktur

Pekerjaan di industri manufaktur biasanya melibatkan proses pelacakan dan pencatatan kerja secara tradisional menggunakan kertas. Karena melibatkan banyak mesin dan melalui berbagai langkah, tidak mungkin bisa dicatat satu persatu secara rinci.

Proses ini membuat kinerja menjadi kurang efisien dan bisa merugikan dari segi energi, material, dan waktu. Perusahaan perlu mengadopsi teknologi masa depan berbasis cloud secara cepat.

Teknologi ini bisa membantu mengumpulkan data, mengubahnya secara cerdas sesuai kebutuhan, dan menyajikannya dengan rapi. Dengan data berbasis cloud, pekerjaan tetap bisa dilaksanakan dan dipantau, meski dalam situasi pandemi sekalipun.

Anna Katrina Shedletsky selaku CEO dari Instrumental, sebuah perusahaan data manufaktur, memprediksi kekayaan data yang dilengkapi algoritma cerdas bisa mengoptimalkan proses manufaktur pada tahun 2025 mendatang. Tentu saja, harus didukung dengan jaringan yang memadai.

Dengan artificial intelligence (AI), kualitas produk juga ikut membaik seiring dengan berkurangnya pemakaian limbah. Produksi menjadi lebih cepat, lingkungan lebih terawat, dan bisnis diuntungkan dengan biaya produksi yang lebih rendah.

Prediksi teknologi di masa depan | Transformasi energi

13 Prediksi Teknologi Masa Depan, Sebagian Sudah Ada Sekarang!
Sumber foto: BBC Science Focus Magazine

Semenjak adanya pandemi, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan perbaikan kehidupan manusia. Publik semakin memperhatikan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi jejak karbon di dunia. Negara, perusahaan, hingga individu berlomba untuk menciptakan inovasi yang bisa menghapus jejak karbon.

Pengurangan jejak karbon berkelanjutan dapat dibangun melalui transformasi energi secara signifikan dalam jangka panjang. Steve Oldham dari Carbon Engineering memprediksi kemajuan teknologi di depan dapat mengurangi, bahkan menghilangkan emisi karbon.

Tapi pekerjaan kita tidak berhenti di situ saja. Sistem manajemen karbon juga diperlukan untuk menangkap hingga menghilangkan karbondioksida secara berkala.

Prediksi teknologi di masa depan menggunakan koneksi 5G untuk kemajuan komunikasi

prediksi teknologi di masa depan koneksi 5g

Sumber foto: ez talks

Pendiri dan CEO dari perusahaan teknologi nirkabel Metawave, Maha Achour berbagi pendapatnya akan koneksi 5G yang bisa meningkatkan ekonomi global. Meski sekarang kita sudah familiar dengan Wi-Fi, koneksi internet ini tidak bisa memenuhi permintaan kapasitas yang lebih tinggi.

Industri bisnis sendiri kini sudah didukung dengan berbagai teknologi seperti konferensi video, metaverse, dan platform digital lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan kemajuan teknologi untuk mendukung komunikasi yang lebih cepat.

Jaringan komunikasi 5G bisa mengatasi kendala jaringan dan memungkinkan layanan berkapasitas tinggi yang sekaligus memerlukan kecepatan tinggi seperti telehealth, telesurgery. Pelaku usaha bisa melakukan peningkatan dengan konsep inovasi pabrik pintar, pemantauan real-time, dan layanan komputasi yang intensif.

Self-driving car

Pada industri transportasi, tren teknologi mobil dengan fitur self-driving diperkirakan akan terus berkembang untuk menjawab kebutuhan banyak orang. Dengan kecanggihan komputer dan artificial intelligence, mobil yang dapat mengemudi tanpa awak ini bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

Menurut laporan dari Stanford University, bisa saja gaya hidup masyarakat perkotaaan berubah akibat tren transportasi yang baru ini. Berkurangnya waktu yang dihabiskan di jalan membuat masyarakat punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri.

Prediksi teknologi di masa depan dengan Metaverse dan Web3

prediksi teknologi di masa depan metaverse web3
Sumber foto: Geeks for Geeks

Dilansir dari Detikinet, Budiono selaku Managing Director Applied Intelligence Lead for Indonesia mengatakan bahwa metaverse dan Web3 akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Bahkan perkembangan teknologi ini bisa mengubah cara kita memakai internet.

Metaverse bisa menjadi lingkungan 3D yang memungkinkan penggunanya berjalan dari satu tempat ke lain tempat secara virtual. Sedangkan Web3 menyediakan lingkup dunia maya yang lebih aman bagi pengguna. Pengguna pun memiliki kontrol penuh akan data mereka.

Metaverse dapat diakses menggunakan perangkat tertentu, yang paling populer adalah headset virtual reality. Namun, kini sudah ada aplikasi metaverse yang bisa diakses melalui perangkat desktop atau ponsel pintar.

Robot untuk ritel

prediksi teknologi di masa depan robot ritel
Sumber foto: Mixtape Madness

Robot telah mengubah banyak industri termasuk pada sektor fast-moving consumer goods (FMGC) untuk membuat produk tetap higienis serta menjaga kebersihan. Dengan inovasi robot yang semakin canggih, tingkat produktivitas industri makanan pun jadi lebih tinggi.

Kecerdasan teknologi robot ini membuka masa depan industri ritel yang lebih baik dengan menghadirkan kecepatan, ketersediaan produk, dan biaya yang lebih murah. Ke depannya, bukan hal mustahil jika menggunakan robot menjadi tren teknologi baru di industri ritel.

Prediksi teknologi di masa depan hadirkan keamanan internet yang lebih tinggi

Tren teknologi yang berkembang pesat harus diimbangi dengan kebijakan privasi yang semakin diperketat. Ellison Anne Williams selaku pendiri dan CEO dari perusahan data security Enveil, berpendapat bahwa dalam lima tahun ke depan, privasi dan keamanan data akan dianggap seperti komoditas.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya privasi, meningkat pula kemampuan menjaga privasi atau privacy-enhancing technologies (PET). Seperti namanya, teknologi peningkatan privasi ini dirancang untuk mengamankan informasi yang bersifat privasi.

Data pribadi pengguna internet dipastikan terjamin kerahasiaanya sehingga tidak disalahgunakan oleh penyedia layanan online, pedagang, maupun pengguna lain. Hal ini pun sejalan dengan visi dari Web3.

Teknologi untuk kesehatan

Jim Flatt selaku CEO dari perusahaan bioteknologi berbasis artificial intelligence, Brightseed, memprediksikan adanya pergeseran paradigma kesehatan. Pergeseran ini membawa industri bergerak ke arah preventif.

Artinya, industri kesehatan akan lebih menfokuskan diri untuk mengajak masyarakat mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi sehat dan bernutrisi. Konsep ini akan didukung dengan tren teknologi berbasis AI untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya peran makanan tertentu bagi tubuh.

Dengan pemahaman kebutuhan nutrisi yang semakin baik, industri makanan juga dapat menyesuaikan dengan permintaan pasar. Seperti menawarkan pilihan-pilihan produk yang lebih luas untuk menjawab kebutuhan publik.

Konverensi Cloud-Network-Device

Konverensi Cloud-Network-Device
Sumber foto: Alibaba

Konvergensi Cloud-Network-Device adalah katalis yang berperan dalam mendorong munculnya aplikasi baru yang dapat menjawab beragam kebutuhan. Seperti simulasi industri dengan presisi tingkat tinggi, inspeksi kualitas standar industri secara langsung, dan mixed reality.

Tenaga komputasi

Daya komputasi telah memantapkan tempatnya di era digital, hampir setiap perangkat dan peralatan sudah terkomputerisasi. Para data science bahkan memperkirakan bahwa infrastruktur komputasi yang ada saat ini hanya akan berkembang menjadi lebih baik di masa mendatang.

Saat ini, kita sudah memiliki 5G dan bersiap untuk era 6G. Semuanya bisa diakses lewat perangkat sekecil ponsel pintar.

Kemudian, daya komputasi yang makin berkembang juga menghasilkan lebih banyak pekerjaan teknologi di industri. Meski pada akhirnya, akan dibutuhkan kualifikasi khusus untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Mulai dari data science hingga manajemen informasi dan komunikasi, adanya tenaga komputasi yang makin maju juga akan meningkatkan persentase lapangan kerja terbesar di setiap negara. Semakin banyak komputasi yang dibutuhkan perangkat kita, semakin banyak teknisi, tim TI, manajer hubungan, dan ekonomi layanan pelanggan akan berkembang.

Prediksi teknologi di masa depan dengan digital twins

Digital twins atau kembar digital adalah salinan digital dari objek fisik, produk, proses, atau ekosistem yang sebenarnya. Teknologi inovatif ini memungkinkan manusia untuk mencoba perubahan dan penyesuaian yang akan terlalu mahal atau berisiko untuk dicoba pada objek fisik yang sebenarnya.

Prediksi teknologi di masa depan menggunakan datafikasi

Datafikasi adalah mengubah segala sesuatu dalam hidup kita menjadi perangkat atau software yang didukung oleh data. Simpelnya, datafikasi adalah modifikasi tugas dan tugas manusia menjadi teknologi berbasis data.

Dari ponsel pintar, mesin industri, dan aplikasi kantor hingga peralatan bertenaga AI, data yang dimasukkan akan bertahan lebih lama. Akhirnya, untuk membuat data kita tersimpan dengan cara yang benar dan aman, datafikasi telah menjadi spesialisasi khusus dengan permintaan yang semakin tinggi.

Genomik

prediksi teknologi di masa depan genomik

Sumber foto: Genomics Education Programme

Bayangkan sebuah teknologi yang dapat mempelajari DNA seseorang dan menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan hingga membantu melawan penyakit dan lainnya.Genomik adalah teknologi yang mempelajari susunan gen, DNA, pemetaan hingga strukturnya. Ke depannya, genomik dapat membantu mengukur gen seseorang dan menemukan penyakit atau kemungkinan yang nantinya dapat menjadi masalah kesehatan.


Itulah artikel mengenai tren dan prediksi teknologi di masa depan yang bisa mengubah dunia. Tertarik dengan berita teknologi seperti ini? Masih banyak berita perkembangan teknologi, augmented reality, virtual reality, dan metaverse di blog metaNesia!

metaNesia juga menawarkan layanan metaverse untuk pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya ke dunia digital. Cek selengkapnya di metaNesia bisnis!

Bagikan ini: