Langkah Pemerintah Mempersiapkan IKN dalam Bentuk Metaverse Kini Sudah Selesai dan Dapat Digunakan oleh Masyarakat

Langkah Pemerintah Mempersiapkan IKN dalam Bentuk Metaverse Kini Sudah Selesai dan Dapat Digunakan oleh Masyarakat

Pada tahun 2022, pemerintah sedang mempersiapkan IKN dalam bentuk metaverse
Desain final istana negara IKN baru (Instagram/Nyoman_Nuarta)

Dunia metaverse semakin banyak diketahui oleh masyarakat sejak pandemi COVID-19 melanda karena COVID-19 mendorong masyarakat untuk menyadari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Pada awal tahun 2022, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan bahwa pemerintah mempersiapkan IKN dalam bentuk metaverse. Hal ini disampaikan Suharso melalui rapat panitia kerja (panja) dengan DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Rapat panja yang dimaksud adalah panitia atau anggota-anggota DPR yang bertugas untuk membahas isu tertentu. Lebih lanjut, Suharso juga menyatakan bahwa dengan dunia metaverse, nantinya visualisasi calon IKN baru tidak lagi dilakukan dalam bentuk maket dan hologram.

Konsep dan rancangan mempersiapkan IKN dalam bentuk metaverse

Suharso Monoarfa mengatakan bahwa desain IKN dalam bentuk metaverse adalah bagian dari rencana induk (masterplan). Masterplan ini disusun berdasarkan kajian teknokratis di mana dalamnya terdapat key performance indicator (KPI) sebagai benchmark.

Urban arsitektur untuk IKN metaverse menjadi sangat penting di tengah perkembangan zaman. Sehingga dengan adanya desain konsep dan rancangan metaverse, bentuk IKN beserta pembangunannya akan menjadi lebih jelas.

Peluncuran IKN bentuk Metaverse “Jagat Nusantara” oleh Presiden Jokowi

Peluncuran IKN dalam bentuk metaverse oleh Presiden Jokowi
Peresmian IKN Metaverse (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pada Oktober 2022, Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan metaverse yang terhubung dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Djakarta Theatre, Jakarta. Peluncuran Jagat Nusantara ditandai dengan penekanan tombol oleh Jokowi didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio.

Setelah tombol ditekan, layar yang berada di atas panggung menampilkan video yang menggambarkan avatar Jokowi yang sedang beraktivitas di IKN metaverse. Aktivitas yang dilakukan oleh Jokowi mulai dari berolahraga hingga tampil di konser musik.

Dikutip dari siaran pers, pengguna dapat memanfaatkan IKN metaverse untuk mengadakan rapat, pertemuan, menonton film atau konser, memamerkan karya digital, dan lainnya. Aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui telepon genggam dan web.

Selanjutnya, Wishnutama menyatakan bahwa Jagat Nusantara adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan. Ia juga menyebutkan bahwa Jagat Nusantara diharapkan dapat menjadi jembatan antara ekonomi digital dan ekonomi riil.

Mengenal rancangan urban arsitektur yang digunakan untuk mempersiapkan IKN dalam bentuk metaverse

Rancangan IKN yang bernama urban arsitektur
Ibu Kota Negara Indonesia (urbanplus)

Dalam perspektif urban planning, ibu kota seharusnya dibangun dalam sebuah sistem yang saling terkoneksi. Terkoneksi dalam artian, tidak hanya dalam konteks fisik tetapi juga konteks sosialnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa IKN bukan sekedar memindahkan kota dan gedung-gedung pusat pemerintahan. Namun, juga merencanakan pusat perkotaan yang modern dengan prinsip IKN Nusantara untuk menjadi Future Smart Forest City of Indonesia.

Beberapa prinsip desain untuk IKN

Prinsip-prinsip desain dalam pembuatan IKN
Desain IKN (arkdesign)

Smart workplace

Prinsip ini menjunjung tinggi kolaborasi dan keterhubungan antar semua pihak. Hal ini dilakukan dengan menerapkan desain kompleks pemerintahan yang terkonsolidasi dan terkoneksi antar bangunan.

Smart living

Prinsip ini mengedepankan kehidupan yang kompak berkinerja tinggi, efisien, dan liveable untuk mewujudkan hunian inklusif berbasis komunitas.

Smart mobility transportation

Prinsip ini berbasis transit yang mengutamakan pergerakan cepat, efisien, dan sehat bagi warga kota yang ditunjang 80% transit menggunakan transportasi publik.

Smart nature preservation

Konsep ini untuk menjaga ekosistem alam dan kehidupan yang bersinergi dengan alam.

Smart transformation of nation and culture

Prinsip ini mengedepankan kehidupan berbangsa dan berbudaya melalui ruang-ruang simbolis bersama untuk menghadirkan kesaturan dan kebhinnekaan nusantara.


Itulah uraian mengenai peluncuran IKN dalam bentuk Metaverse. Apabila Anda ingin mengeksplor dunia metaverse lainnya, Anda dapat mendownload metaNesia.

Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau pun menjalin kerja sama dengan metaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Apabila ingin tahu lebih lanjut, Anda dapat mencoba masuk dan mengunduh aplikasi metaNesia melalui website kami.

Bagikan ini: