Menilik Proyek Kota Canggih Arab Saudi, Kota Masa Depan?

Menilik Proyek Kota Canggih Arab Saudi, Kota Masa Depan?

Perkembangan pesat sebuah negara tentunya memerlukan sebuah visi yang besar. Visi yang besar tersebut perlu didesain secara matang agar dapat membentuk sebuah peradaban di masa depan. Dewasa ini, kita dapat melihat beberapa negara berlomba-lomba untuk membuat sebuah visi besar tersebut, salah satunya adalah Arab Saudi. 

Visi besar yang dibangun yakni Saudi Vision 2030. Visi ini menekankan bahwa Arab Saudi harus menggunakan kekuatan investasinya untuk membangun ekonomi yang terdiversifikasi dan berkelanjutan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Arab Saudi melakukan sebuah gerakan besar dengan merancang proyek kota canggih yang dinamakan Neom. Proyek ini diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di Arab Saudi. Selain itu, proyek kota canggih milik Arab Saudi ini juga diharapkan mampu mendukung peran negara tersebut sebagai pusat perdagangan tiga benua, Asia, Afrika, dan Eropa. 

Mengenal NEOM, Kota Canggih Arab Saudi

gambar proyek The Line NEOM
Ilustrasi Proyek The Line (Neom)

Istilah Neom sendiri berasal dari dua kata, yakni neo yang berarti ‘baru’ dan mustaqbal yang berarti ‘masa depan’ dalam Bahasa Arab. Hal ini menggambarkan visi besar Neom sebagai kota masa depan dalam memimpin dan menginspirasi dunia melalui ide dan gagasan.

Neom juga memiliki lima nilai yang dipegang teguh yakni kepedulian, keingintahuan, keragaman, semangat, dan hormat. Kelima nilai ini berfungsi sebagai fondasi bagi Neom untuk menjadi wadah perubahan menuju peradaban dunia yang berkelanjutan dan sejahtera.

Neom didesain sebagai sebuah wilayah proyek yang terdiri dari beberapa subregion. Adapun subregion yang pertama yaitu The Line, sebuah kota linear yang didesain sebagai kota canggih. Selanjutnya, terdapat juga Oxagon, sebuah pusat bagi perkembangan industri hijau dunia. 

Kemudian terdapat juga Trojena, sebuah proyek destinasi wisata yang terdiri dari pegunungan untuk menarik daya tarik wisatawan. Terakhir yakni adalah Sindalah, pulau eksklusif dan mewah di tengah Laut Merah yang juga bertujuan untuk menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Teknologi dalam proyek NEOM

ilustrasi teknologi canggih
Solar Dome Technology (Neom)

Proyek kota canggih milik Arab Saudi ini dilaporkan akan menggunakan beberapa teknologi untuk mendukung keberlanjutan proyeknya. Dilansir dari laman resmi NEOM, proyek ini akan menitikberatkan pada peran data untuk mendesain sebuah kota kognitif. Kota yang mampu menyediakan wadah interaksi bagi masyarakat, menginterpretasikan, dan memetakan kebutuhan masa depan, serta menambah nilai kemanusiaan dalam suatu masyarakat.

Joseph Bradley, Head of Technology and Digital NEOM menjelaskan bahwa sebagian besar proyek NEOM akan dijalankan oleh robot dengan fitur yang menarik. Selain itu, proyek kota canggih ini juga akan menyediakan taksi terbang, pasir yang bersinar dalam gelap, dan penyemaian awan untuk membuat hujan buatan di gurun. 

Kemudian, proyek ini juga akan meliputi teknologi berupa pelayan robot, atraksi pertarungan robot dengan gaya MMA (Mixed-Martial Art), dan terdapat juga sebuah pulau yang terinspirasi dari Jurassic Park dengan dinosaurus berbentuk robot.

Teknologi yang tidak kalah menarik adalah bulan buatan raksasa yang terdiri dari kumpulan drone. Bulan buatan raksasa ini tidak hanya bersinar di malam hari, melainkan juga mampu menayangkan siaran langsung gambar dari luar angkasa.

Dalam hal energi, proyek kota canggih milik Arab Saudi ini akan dijalankan dengan energi terbarukan seperti angin dan matahari. Kota ini juga akan menjadi pusat inovasi teknologi dan medis yang canggih dengan tujuan untuk mempelopori upaya rekayasa genetika dalam memperbaiki tubuh manusia.


Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai proyek kota canggih milik Arab Saudi yakni Neom. Proyek ini akan menjadi pionir dalam implementasi teknologi canggih untuk menunjang proyek kota canggih di dunia. 

Tidak terlepas dari beberapa teknologi yang disebutkan di atas, Neom juga dilaporkan akan menggunakan metaverse untuk mendorong orang-orang dari seluruh dunia untuk menyaksikan kecanggihan Neom dalam “jarak dekat”. 

Dengan menggunakan metaNesia, Anda juga dapat melakukan eksplorasi terhadap implementasi teknologi canggih. Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis. 

Anda juga dapat mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: