Rekomendasi Aplikasi Android untuk Kamu yang Ingin Menjadi VTuber

Rekomendasi Aplikasi Android untuk Kamu yang Ingin Menjadi VTuber

Virtual YouTuber (Freepik/gstudioimagen1)
Virtual YouTuber (Freepik/gstudioimagen1)

YouTuber virtual, atau dikenal sebagai VTubers menjadi semakin populer dan sukses saat ini. Mereka mengunggah video atau melakukan livestreaming, di mana mereka berupa karakter anime. Salah satu virtual YouTuber tersebut adalah Kizuna Al yang memiliki lebih dari 3 juta pelanggan di saluran YouTube-nya.

Para aktor merekam video di studio. Gerakan siku, tangan, dan kepalanya direkam oleh perangkat lunak. Dengan bantuan tracker, membantu terciptanya kembali tgerakan seluruh tubuh. Suara aktor menjadi suara karakter. Karakter menjadi hidup melalui teknologi ini.

Bagaimana cara menjadi Virtual YouTuber?

Selebriti virtual menggunakan 10 aplikasi perangkat lunak VTuber canggih dan teknologi grafis yang memungkinkan pembuatan konten grafis dengan cepat. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjadi VTuber.

Alat untuk pemodelan 3D

VTuber menggunakan banyak alat untuk mencurangi dan memberikan efek 3D pada karakter. Ada alat seperti Maya dan Blender yang membantu kamu membuat avatar tanpa kesulitan. Jika kamu seorang pemula dan belum pernah menggunakannya sebelumnya, itu akan memakan banyak waktu. 

Alat untuk pemodelan 2D

Ada beberapa perangkat lunak VTuber lain seperti Live2D dan VRoid yang membantu ilustrator menggambar karakter bergaya anime. Kamu tidak perlu mengerjakan rigging jika menggunakan alat ini. Debfab alat yag mudah digunakan ini, akan memberikanmu banyak waktu untuk mengalihkannya pada pekerjaan yang lain.

Aplikasi kustomisasi

Cara lain untuk membuat video realitas virtual YouTube dengan karakter anime adalah dengan menggunakan aplikasi yang membuatmu hanya cukup mendandani karakter yang akan digunakan. Pilihan untuk mendesainnya sudah tersedia dan kamu dapat memilih salah satu yang menurutmu akan membuat karakter terlihat unik dan cantik.

Avatar kemudian dapat digunakan untuk animasi atau game realitas virtual YouTube. Namun, alat ini tidak menyediakan opsi untuk mengekspor model 3D. Avatar yang dibuat hanya dapat digunakan di platform mereka.

VR trackers untuk body mocap

VRtrackers membantu menganimasikan kaki dan tangan dengan lebih mudah. Ini adalah cara yang terjangkau dan lebih mudah untuk membuat video realitas virtual YouTube.

Jika kamu menginginkan sesuatu dengan anggaran yang rendah, kamu dapat mencoba menggunakan beberapa perangkat lunak VTuber gratis seperti VRChat. Ini adalah pilihan bagus bagi kamu untuk mengekspor karakter 3D. Wakaru adalah software yang dapat digunakan untuk mengontrol jari dengan menggunakan tombol preset.

Penangkapan gerak wajah

Ini penting untuk streaming langsung. Ada banyak cara untuk melakukannya. Animasi wajah dapat dilakukan dengan menggunakan software lip-sync berbasis suara. Beberapa perangkat lunak bahkan mengharuskan kamu memakai helm atau spidol di wajah.

Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas produksi. Webcam 2D adalah alat yang diperlukan untuk pengaturan ini. Hitogata dan Wakaru adalah software Youtuber virtual yanga biasanya digunakan untuk melakukan pelacakan wajah.

Rekomendasi Aplikasi VTuber Android Terbaik

Para VTuber mendapatkan kebebasan untuk membuat konten yang tidak dapat ditayangkan di televisi. Mereka mendapatkan banyak popularitas di platform media sosial. Penonton menerima VTuber apa adanya.

Interaksi dengan avatar digital menjadi lebih nyaman dari hari ke hari. Mereka mempengaruhi sejumlah besar orang. Ini adalah salah satu metode termudah dan murah untuk membuat video virtual YouTuber. Kamu hanya perlu menyalakan kamera, mulai berbicara, lalu mengunggah videonya.

Vroid

Aplikasi VTuber Android: Vroid
Aplikasi VTuber Android: Vroid

Ini adalah aplikasi VTuber yang memungkinkan kamu membuat video melalui imajinasi dan kebutuhanmu. VRoid Studio menyediakan fitur penataan rambut yang memungkinkanmu membuat model rambut dengan cepat.

Fitur pengeditan tekstur membuatmu bisa menggambar pada model humanoid 3D, baik dalam mode UV atau secara langsung. Bagian tubuh karakter dapat disesuaikan dengan mudah dan kedipan mata serta emosi dihasilkan secara otomatis.

Meitu

Meitu
Aplikasi VTuber Andorid (Meitu)

Meitu adalah aplikasi Vtuber terkenal untuk mengedit foto. Ini menyediakan banyak filter dan bahkan menghadirkan fitur seperti melangsingkan wajah atau memperbesar mata.

Avatar bernama Meitu Al dapat digunakan oleh virtual YouTuber melalui aplikasi ini. Meitu memiliki fitur seperti analisis karakter wajah, deteksi wajah, dan pemindaian wajah. Deteksi penunjuk wajah juga merupakan salah satu fitur utamanya. Pakaian dan latar belakang karakter anime juga bisa diubah. Dengan demikian, ini bisa menjadi aplikasi Android VTuber atau aplikasi iPhone VTuber, tergantung pada perangkat seluler apa yang kamu gunakan.

Custom Cast

Custom Cast
Aplikasi VTuber Andorid (Custom Cast)

Aplikasi VTuber ini adalah salah satu aplikasi VTube terbaik untuk Android dan gratis untuk digunakan. Juga, aplikasi VTuber populer pada iPhone. Kamu dapat membuat avatar virtual dan membuat virtual YouTuber milikmu sendiri. Custom Cast melacak ekspresi wajah melalui kamera ponsel, dan sinkronisasi bibir dilakukan melalui mikrofon.

Kamu juga dapat memilih pose yang berbeda. Aplikasi software virtual YouTuber ini juga mendukung live streaming. Kamu bahkan dapat membuat video dalam gaya selfie. Karena ini adalah aplikasi gratis, siapa pun dapat mencoba VTubing.


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi VTuber android yang dapat digunakan untuk VTubing. Kamu dapat mendownloadnya dengan mudah di Play Store. Nah, selain mencoba aplikasi untuk VTubing, download dan coba juga aplikasi metaverse metaNesia!

Bagikan ini: