Penjelasan Lengkap Marketplace NFT dan Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik di Dunia!
Beranda /
Blog /
Penjelasan Lengkap Marketplace NFT dan Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik di Dunia!
17 November 2022

Penjelasan Lengkap Marketplace NFT dan Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik di Dunia!

Marketplace NFT merupakan platform di mana NFT dapat ditampilkan dan diperjualbelikan. Ringkasnya, NFT marketplace adalah situs atau pasar NFT yang bekerja layaknya platform marketplace pada umumnya yang sering kita gunakan untuk membeli maupun menjual berbagai barang, namun berfokus pada karya seni digital NFT.

Terdapat beberapa marketplace NFT yang dapat kamu gunakan untuk menjual atau membeli NFT. Namun sebelum menuju kesana, mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai definisi NFT.

Apa Sebenarnya NFT itu?

NFT, atau token yang tidak dapat dipertukarkan adalah aset digital yang hanya dimiliki oleh pemiliknya seorang. NFT dibuat untuk memudahkan seniman digital menegaskan orisinalitas karya mereka. Platform NFT atau marketplace NFT adalah tempat untuk membeli dan menjual NFT.

Saat ini, sebagian besar NFT cenderung digital. Hal ini sangat memudahkan pembuat konten untuk memberikan sesuatu yang langka dan unik kepada penggemarnya. Beberapa NFT, misalnya, adalah karya seni digital, dan orang-orang mengoleksi karya seni digital ini. Seperti kolektor yang telah mengumpulkan lukisan fisik selama bertahun-tahun, beberapa dari NFT ini dijual dengan harga yang luar biasa. Satu karya seni NFT oleh seniman digital bernama Beeple dijual seharga $69 juta di Christies.

Seiring dengan meningkatnya popularitas NFT, jumlah platform NFT dan pasar NFT pun bermunculan. Ada banyak marketplace NFT yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menjual atau membeli karya seni NFT, mulai dari OpenSea yang paling terkenal hingga karya anak bangsa berbarengan dengan pembuatan metaverse, Market metaNesia. Sekarang mari kita lihat daftar marketplace NFT tempat di mana kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli atau menjual NFT.

Baca juga: Selengkapnya Tentang Tren NFT di Indonesia dan Dunia!

NFT marketplace: Open Sea

NFT: OpenSea
Source: OpenSea

OpenSea dengan berani menggambarkan dirinya sebagai marketplace NFT terbesar. Mereka menawarkan berbagai macam token yang tidak dapat dipertukarkan, seperti karya seni, nama domain yang tahan sensor, dunia virtual, kartu trading, olahraga, dan barang koleksi lainnya. Kamu dapat membeli, menjual, dan menemukan aset digital eksklusif seperti Axies, ENS, CryptoKitties, Decentraland, dan banyak lagi. Mereka menampilkan lebih dari 700 proyek yang berbeda, termasuk permainan kartu trading, proyek seni digital, dan sistem nama seperti ENS (Ethereum Name Service).

Pembuat dapat membuat item mereka sendiri di blockchain menggunakan alat pencetakan item OpenSea. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat koleksi dan NFT secara gratis, tanpa perlu satu baris kode pun. Jika kamu mengembangkan smart contract milikmu sendiri untuk sebuah game, koleksi digital, atau proyek lain dengan item digital unik di blockchain, kamu dapat dengan mudah ditambahkan ke OpenSea.

Jika kamu menjual item di OpenSea, kamu dapat menjualnya dengan harga tetap, membuat daftar harga yang cenderung menurun, atau membuat daftar lelang.

NFT marketplace: SuperRare

NFT: SiperRare
Source: CB Insight

SuperRare memiliki fokus kuat untuk menjadi marketplace bagi orang-orang untuk membeli dan menjual karya seni digital edisi tunggal yang unik. Setiap karya seni dibuat secara otentik oleh seorang seniman di jaringan dan diberi token sebagai barang digital koleksi kripto yang dapat kamu miliki dan diperjualbelikan. Mereka menggambarkan diri mereka seperti penggabungan Instagram dan Christies, menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan seni, budaya, dan koleksi di internet.

Setiap karya seni di SuperRare adalah koleksi digital– objek digital yang diamankan dengan kriptografi dan dilacak di blockchain. SuperRare telah membangun jaringan sosial teratas pada marketplace. Karena koleksi digital memiliki catatan kepemilikan yang transparan, koleksi tersebut sangat baik untuk suatu lingkungan sosial.

Semua transaksi dilakukan menggunakan ether, cryptocurrency asli ke jaringan Ethereum.

Saat ini, SuperRare bekerja dengan sejumlah kecil seniman pilihan; namun, kamu dapat mengisi form untuk mengirimkan profilmu sebagai artist agar dapat masuk radar mereka saat mereka meluncurkan produknya secara penuh di masa mendatang.

Market metaNesia

Di Indonesia sudah terdapat beberapa marketplace NFT yang beroprasi, salah satunya Market metaNesia. Seperti marketplace NFT pada umumnya, Market metaNesia membantu seniman dan kolektor untuk bisa menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT.

Market metaNesia menerapkan proses  pembelian NFT yang mudah, pengguna tidak harus ribet membuat metamask wallet di awal untuk melakukan pembelian NFT dalam Rupiah. Untuk sistem royaltinya pun lebih localize dan transparan, di mana pembagian royalti dapat disesuaikan dengan kebutuhan creator dan partner. Selain itu, pengguna dapat mengkonversi dan menggunakan NFT item yg mereka miliki di dalam metaNesia NFT di dalam metaverse metaNesia. Kelebihan lainnya, metaNesia juga menerapkan prinsip Phygital (Physical & digital) di mana penggun dapat me-redeem digital item-nya ke dalam bentuk physical yang di-support oleh Merchnesia.


Setelah membaca mengenai marketplace NFT di atas, kamu dapat mengetahui tentang platform yang dapat digunakan untuk jual-beli NFT. Ingin mencoba memamerkan dan menjual karya seni digital yang kamu miliki atau membeli NFT yang kamu suka? Klik di sini untuk mencobanya!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue