Penjelasan Lengkap Marketplace NFT dan Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik di Dunia!

Penjelasan Lengkap Marketplace NFT dan Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik di Dunia!

Marketplace NFT seni digital
Marketplace NFT seni digital (Amhnasim / Pixabay)

Marketplace NFT merupakan platform di mana NFT dapat ditampilkan dan diperjualbelikan. Ringkasnya, marketplace NFT adalah situs atau pasar NFT yang bekerja layaknya platform marketplace yang sering kita gunakan untuk membeli maupun menjual berbagai barang. Untuk saat ini marketplace NFT lebih berfokus pada karya seni digital NFT.

Terdapat beberapa marketplace NFT yang dapat kamu gunakan untuk menjual atau membeli NFT. Namun sebelum menuju kesana, mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai definisi NFT.

Apa sebenarnya NFT itu?

Marketplace NFT Bored Ape
Marketplace NFT Bored Ape (Pixelplex / Pixelplex)

NFT (non fungible token) atau token yang tidak dapat dipertukarkan merupakan aset digital jaringan blockchain dengan kode identifikasi yang hanya dimiliki oleh seorang pemilik. Salah satu alasan NFT dibuat untuk memudahkan kreator seni digital dalam menegaskan orisinalitas karya mereka. Marketplace atau platform NFT adalah tempat untuk membeli dan menjual NFT.

Saat ini, sebagian besar marketplace atau platform NFT cenderung memperdagangkan aset digital. Hal ini sangat memudahkan pembuat konten untuk memberikan kesan yang unik dan langka kepada penggemarnya. Salah satu contohnya seperti kreator seni yang membuat karya dan memamerkannya di marketplace NFT, di mana kemudian seseorang tertarik dan membelinya sebagai kolektor digital.

Seperti kolektor yang telah mengumpulkan lukisan fisik selama bertahun-tahun, beberapa dari NFT ini dijual dengan harga yang luar biasa. Contohnya seperti sebuah karya seni NFT milik seniman digital bernama Beeple dijual seharga US$69 juta di Christies.

Seiring dengan meningkatnya popularitas NFT, jumlah platform dan marketplace NFT pun bermunculan. Ada banyak platform atau marketplace NFT yang bisa menjadi pilihan untuk memperjualbelikan karya seni NFT. Dari mulai OpenSea yang dianggap sebagai NFT marketplace terbaik saat ini hingga marketplace NFT hasil karya anak bangsa.

Salah satu marketplace karya anak bangsa berbarengan dengan perkembangan teknologi metaverse adalah Market MetaNesia. Sekarang mari kita lihat daftar marketplace NFT tempat di mana kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli atau menjual NFT.

Baca juga: Selengkapnya Tentang Tren NFT di Indonesia dan Dunia!

Contoh NFT marketplace terbaik

Open Sea

OpenSea marketplace terbaik
Marketplace OpenSea terbesar (Logowik / Logowik)

OpenSea menggambarkan dirinya sebagai NFT marketplace terbaik dan terbesar yang berbasis pada teknologi blockchain Ethereum. Mereka menawarkan berbagai macam token yang tidak dapat dipertukarkan seperti karya seni, nama domain, game virtual, kartu trading, kartu olahraga, dan barang koleksi lainnya.

Kamu dapat membeli, menjual, dan menemukan aset digital eksklusif seperti Axies, ENS, CryptoKitties, Decentraland, dan banyak lagi. Mereka menampilkan lebih dari 700 proyek yang berbeda, termasuk permainan kartu trading, proyek seni digital, dan sistem nama seperti ENS (Ethereum Name Service).

Pembuat dapat membuat item mereka sendiri di blockchain menggunakan alat pencetakan item OpenSea. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat koleksi dan NFT secara gratis, tanpa perlu satu baris kode pun. Jika kamu mengembangkan smart contract milikmu sendiri untuk sebuah game, koleksi digital, atau proyek lain dengan item digital unik di blockchain, kamu dapat dengan mudah ditambahkan ke OpenSea.

Jika kamu menjual item di OpenSea, kamu dapat menjualnya dengan harga tetap, membuat daftar harga yang cenderung menurun, atau membuat daftar lelang.

SuperRare

SuperRare marketplace aset eksklusif
Marketplace SuperRare aset eksklusif (Superrare / Superrare)

SuperRare memiliki fokus kuat untuk menjadi NFT marketplace terbaik bagi orang-orang untuk menjual atau membeli karya seni edisi tunggal yang eksklusif dan unik. Setiap karya seni dibuat secara otentik oleh seorang seniman di jaringan dan diberi token sebagai barang digital koleksi kripto yang dapat kamu miliki dan diperjualbelikan. Mereka menggambarkan diri mereka seperti penggabungan Instagram dan Christies, menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan seni, budaya, dan koleksi di internet.

Setiap karya seni di SuperRare adalah koleksi digital–objek digital yang diamankan dengan kriptografi dan dilacak di blockchain. SuperRare merupakan marketplace yang memiliki catatan kepemilikan koleksi aset digital yang transparan, sehingga sangat baik untuk membangun jaringan sosial.

Semua transaksi dilakukan menggunakan ether, cryptocurrency asli ke jaringan Ethereum.

Saat ini, SuperRare bekerja dengan sejumlah kecil seniman pilihan; namun, kamu dapat mengisi form untuk mengirimkan profilmu sebagai artist agar dapat masuk radar mereka saat mereka meluncurkan produknya secara penuh di masa mendatang.

Rarible

Rarible marketplase fitur terlengkap
Marketplace Rarible memiliki fitur lengkap (BitDegree / Bitdegree)

Rarible adalah salah satu platform NFT berbasis blockchain Ethereum. Marketplace ini menawarkan ragam fiturnya lengkap dimulai dari membuat akun, membeli, serta menjual karya, sehingga memudahkan kreator maupun investor untuk melakukan transaksi.

Bagi kamu yang tidak ingin kesulitan dalam memperjual belikan aset, Rarible akan menjadi pilihan NFT marketplace terbaik. Keistimewaan Rarible adalah membolehkan kreator untuk bertransaksi atau bahkan mengeluarkan aset kripto yang menandakan kepemilikan mereka atas karya tersebut. Hal tersebut dapat menyederhanakan proses transaksi dan distribusi tanpa memerlukan perantara.

Marketplace NFT yang sudah digunakan oleh lebih dari 11.550 kreator ini mempunyai token bawaan yang dikenal dengan RARI. Token tersebut dihadirkan dalam aplikasi Rarible secara khusus dan digunakan untuk alat tukar dalam tata kelola platform.

Nifty Gateway

Nifty Gateway berbasis blockchain terpusat
Marketplace Nifty Gateway berbasis blockchain terpusat (Hueandeye / Hueandeye)

Nifty Gateway didirikan oleh saudara kembar Duncan Cock Foster dan Griffin Cock Foster pada tahun 2018. Misinya adalah “membuat Nifties (plesetan dari NFT) dapat diakses oleh semua orang”. Visi ambisius mereka menyatakan bahwa mereka tidak akan berhenti sampai 1 miliar orang mengumpulkan Nifties.

Marketpace Nifty Gateway adalah pilihan NFT marketplace terbaik bagi kamu yang lebih nyaman dengan marketplace yang terkategori dengan jelas. Dengan sistem NFT terpusat, tim manajemen memposisikan platform sebagai pasar yang dikuratori hanya menampilkan seni berkualitas tinggi. Oleh karena itu, pencetakan dan penerbitan NFT dikendalikan oleh otoritas pusat.

Tidak seperti banyak pasar NFT lainnya, marketplace ini tidak mengharuskan pengguna memiliki cryptocurrency untuk melakukan pembelian. Pembelian dapat dilakukan dengan debit biasa dan kartu kredit.

Market MetaNesia

Marketplace MetaNesia metaverse Indonesia
Marketplace MetaNesia metaverse Indonesia (MetaNesia / MetaNesia)

Di Indonesia sudah terdapat beberapa pasar NFT yang beroprasi, salah satunya Market MetaNesia. Seperti pasar NFT pada umumnya, Market MetaNesia membantu seniman dan kolektor untuk bisa menjual dan membeli karya seni dalam bentuk NFT.

Market MetaNesia menerapkan proses  pembelian NFT yang mudah, pengguna tidak harus ribet membuat metamask wallet di awal untuk melakukan pembelian NFT dalam Rupiah. Untuk sistem royaltinya pun lebih localize dan transparan, di mana pembagian royalti dapat disesuaikan dengan kebutuhan creator dan partner.

Selain itu, pengguna dapat mengkonversi dan menggunakan NFT item yg mereka miliki di dalam MetaNesia NFT di dalam metaverse MetaNesia. Kelebihan lainnya, MetaNesia juga menerapkan prinsip Phygital (Physical & digital) di mana penggun dapat me-redeem digital item-nya ke dalam bentuk physical yang di-support oleh Merchnesia.

Dompet kripto

Untuk melakukan aktivitas di marketplace NFT kamu membutuhkan dompet digital yang di kenal dengan dompet kripto. Gunanya adalah untuk menyimpan koin yang akan dipakai sebagai alat tukar di pasar NFT.

MetaMask

Salah satu rekomendasi dompet kripto yang cukup banyak digunakan untuk menyimpan uang kripto adalah MetaMask. Kepopuleran dompet kripto ini meningkat seiring dengan semakin banyaknya para pemain crypto yang berinvestasi dengan Ethereum (ETH).

Coinbase

Dompet kripto Coinbase menjadi salah satu rekomendasi terbaik karena fitur-fitur yang dimilikinya. Dompet kripto ini juga termasuk yang paling sering dipakai untuk menyimpan berbagai jenis uang crypto populer seperti BTC, ETH, dan Litecoin.

Indodax

Indodax adalah pelopor dompet kripto di Indonesia yang menyediakan layanan trading aset kripto, sekaligus sebagai dompet kripto untuk menyimpan aset-aset uang digital (cryptocurrency), dengan persyaratan dan ketentuan yang berdasarkan pada hukum di Indonesia.

Yang perlu kamu perhatikan, setiap marketplace menggunakan dompet kripto yang kompatibel dengan blockchain masing-masing. Koin yang diisikan ke dalam dompet pun harus disesuaikan dengan NFT marketplace yang kamu pilih.


Setelah membaca mengenai marketplace NFT di atas, kamu dapat mengetahui tentang platform yang dapat digunakan untuk jual-beli NFT. Ingin mencoba memamerkan dan menjual karya seni digital yang kamu miliki atau membeli NFT yang kamu suka? Ayo bergabung di Market MetaNesia!

MetaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia telah menciptakan interaksi virtual serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Jika tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: