Inilah Rencana Hardware VR dan AR Meta Sampai Tahun 2027!

Inilah Rencana Hardware VR dan AR Meta Sampai Tahun 2027!

Rencana hardware VR AR Meta
Ilustrasi logo perusahaan Meta (Trusted Reviews)

Belum lama ini, terdapat bocoran mengenai rencana perilisan hardware VR AR Meta hingga tahun 2027 mendatang. Berdasarkan bocoran tersebut, perusahaan raksasa asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini diprediksi akan merilis berbagai perangkat baru dalam empat tahun kedepan.

Data bocoran rencana Meta ini dilaporkan oleh salah satu media ternama The Verge. Bocoran tersebut didapatkan oleh The Verge ketika Meta mengundang para karyawan divisi Reality Labs mereka pada bulan Februari 2023 lalu. Undangan oleh Meta tersebut bertujuan untuk mempresentasikan rencana produk VR dan AR divisi tersebut hingga tahun 2027.

Penasaran dengan data mengenai rencana hardware VR AR Meta hingga tahun 2027 mendatang? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Rencana Hardware Virtual Reality Meta

Virtual Reality
Ilustrasi virtual reality (Wikimedia Commons)

Berdasarkan laporan The Verge tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerus dari headset VR unggulan Meta yaitu Meta Quest 2 akan direncanakan untuk rilis tahun 2023 ini. Sebelumnya, Mark Zuckerberg dan kepala bagian teknologi Meta yaitu Andrew Bosworth mengumumkan hal serupa pada awal tahun 2022. Saat itu, tidak ada nama resmi yang diumumkan ke publik.

Bocoran yang dirangkum oleh The Verge tersebut juga menyatakan beberapa spesifikasi yang diprediksi akan terdapat di headset VR Meta Quest 3. Headset VR tersebut akan memiliki berbagai peningkatan dan perbaikan terutama dalam hal faktor bentuk dan kekuatan pemrosesan.

Lebih lanjut, Meta Quest 3 juga digadang-gadang akan memiliki kapabilitas mixed reality serupa dengan Meta Quest Pro. Dari segi harga perilisan Meta Quest 3 ini, laporan The Verge menyatakan bahwa headset virtual reality tersebut akan dijual lebih mahal dari Meta Quest 2.

Bocoran mengenai Headset dengan Kode Nama “Ventura”

Meta Quest 2
Headset VR Meta Quest 2 (Wikimedia Commons)

Rangkuman mengenai rencana Meta terkait produk virtual reality nya juga menyebutkan mengenai projek yang dinamakan Ventura. Menurut sumber tersebut, Ventura merupakan sebuah headset yang lebih ‘dapat diakses’ dan berpotensi menjadi sebuah headset dengan fitur yang dipangkas.

Projek headset Ventura ini diprediksi akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang. Strategi pemasaran Meta terkait Ventura akan serupa dengan Meta Quest 2 dalam hal harga dan penempatan produk. Pernyataan Mark Rabkin, VP bidang VR Meta juga memberi kesan bahwa headset Meta Quest selanjutnya akan dirilis 2023 dan berfokus untuk para penggemar Meta.

Penerus Headset Meta Quest Pro Memiliki Kode Nama “La Jolla”

Meta Quest Pro
Headset VR Meta Quest Pro (Trusted Reviews)

Bocoran yang diterima oleh The Verge juga menjelaskan masa depan dari headset premium Meta yaitu Meta Quest Pro. Penerus headset Meta Quest Pro tersebut direncanakan akan dirilis dalam waktu yang cukup lama setelah peluncuran headset Ventura. Headset La Jolla ini akan mendukung fitur Avatar dengan codec fotorealistik.

Fitur avatar futuristik tersebut merupakan salah satu konferensi VR masa depan yang telah dikembangkan oleh Meta selama bertahun-tahun. Teknologi atau fitur tersebut juga memiliki harapan dan ambisi yang besar. Sang CEO yaitu Mark Zuckerberg mengatakan bahwa ia memprediksi teknologi tersebut sebagai aplikasi yang akan sangat booming dan laris.

Mark Rabkin mengatakan bahwa projek headset La Jolla ini akan memiliki resolusi yang lebih tinggi dari headset VR pada umumnya. Hal tersebut menurutnya agar La Jolla cocok digunakan untuk keperluan pekerjaan, mengirim pesan dan lain sebagainya.

Sang VP untuk urusan VR perusahaan Meta tersebut juga memberikan beberapa bocoran mengenai penerus Meta Quest Pro tersebut. Mark Rabkin mengatakan La Jolla akan mengadopsi seluruh hal positif yang terdapat di Meta Quest Pro terutama dalam segi kenyamanan pengguna.

Pada musim panas tahun lalu, Meta secara resmi telah mengumumkan beberapa rancangan purwarupa perangkat VR mereka. Tidak menutup kemungkinan perangkat VR yang tersebut merupakan pendahuluan sebelum perilisan La Jolla ini. Salah satunya yaitu projek Butterscotch yang memiliki resolusi retina dan konsep dari perangkat Mirror Lake.

Rencana Hardware Augmented Reality Meta

Augmented Reality
Ilustrasi teknologi augmented reality (Wikimedia Commons)

Menurut laporan tersebut, Alex Himel, kepala bidang AR Meta menjelaskan bahwa mereka telah merencanakan 3 perangkat AR. Ketiga perangkat tersebut merupakan teknologi yang tergolong ke kategori kacamata AR dan headset AR.

Hardware AR pertama yang direncanakan akan rilis yaitu generasi kedua dari kacamata AR Ray-Ban Stories. Perangkat AR yang dapat dikenakan tersebut diprediksi akan diluncurkan pada musim gugur tahun 2023 ini.

Kacamata AR Generasi Ketiga Milik Meta

Rencana hardware VR AR Meta
Ilustrasi kacamata AR Meta (VOI)

Kacamata AR selanjutnya yang akan dirilis oleh perusahaan raksasa tersebut telah dijadwalkan pada tahun 2025 nanti. Kacamata AR tersebut akan menjadi kacamata AR Meta pertama yang memiliki kemampuan display-enabled. Produk tersebut direncanakan akan dijual bersamaan dengan sebuah gelang sebagai salah satu media pengontrolannya.

Alex Himel mengatakan generasi ketiga kacamata AR Meta akan memiliki display yang disebut sebagai “Viewfinder”. Viewfinder display ini nantinya akan dapat menampilkan pesan teks yang masuk, memindai kode QR dan menerjemahkan tulisan secara langsung.

Gelang yang akan dijual secara terpisah tersebut nantinya akan berperan sebagai perangkat input sekaligus sebagai neural interface. Rancangan purwarupa teknologi berbentuk gelang tersebut sebelumnya telah diumumkan oleh Meta pada musim semi tahun 2021 silam.

Pada pengumuman purwarupanya, gelang tersebut dirancang untuk mampu mendeteksi sinyal saraf di pergelangan tangan dan mengubahnya menjadi perintah komputer. Sehingga, dengan gelang tersebut, headset AR VR dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan gerakan dan gestur jari layaknya swiping pada smartphone.

Rencana Perilisan Smartwatch Meta

Rencana hardware VR AR Meta
Ilustrasi Smartwatch Meta (9to5mac)

Alex Himel juga menyebutkan bahwa perangkat Meta berupa jam pintar atau smartwatch ditetapkan akan rilis bersamaan dengan kacamata AR generasi ketiga mereka. Hal ini bertujuan sebagai peningkatan dari kemampuan teknologi gelang pintar mereka.

Peningkatan yang dimaksud tersebut yaitu untuk menambahkan fitur yang terdapat pada smartwatch kedalamnya. Menurut Himel, hal ini untuk mencegah penggunanya harus memilih untuk mengenakan gelang mereka atau untuk mengenakan sebuah jam tangan. Sehingga dengan kapabilitas smartwatch, hal tersebut tentu dapat menjadi solusi.

Smartwatch Meta ini juga tidak hanya memiliki kemampuan sebagai neural interface seperti gelang pintar buatan mereka. Menurut Alex, smartwatch buatan Meta ini juga didesain untuk mendukung integrasi dengan berbagai aplikasi Meta seperti WhatsApp dan berbagai fitur kebugaran dan kesehatan lainnya.

Kacamata “True-AR” Meta Dijadwalkan untuk Rilis pada tahun 2027

Kacamata AR Meta dan Ray-Ban
Kacamata AR hasil kerjasama Meta dengan Ray-Ban (UploadVR)

Perangkat AR Meta yang terakhir dijadwalkan untuk rilis adalah kacamata dengan kemampuan True-AR yang direncanakan untuk siap dijual pada tahun 2027 nanti. Saat ini, projek tersebut dinamakan Orion dan telah memasukin tahap pengembangan selama kurang lebih 8 tahun.

Projek Orion ini akan memiliki segudang teknologi canggih yang didukung dengan berbagai hardware berkualitas tinggi. Orion juga dirancang untuk mampu memproyeksikan hologram avatar berkualitas tinggi kedalam dunia nyata.

Orion sendiri direncanakan untuk diluncurkan secara internal secara terbatas hanya untuk karyawan Meta pada tahun 2024 untuk kebutuhan pengujian perangkat tersebut. Dalam hal komersial, projek ini tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat. Laporan tersebut menyatakan setidaknya sampai tahun 2027 dan berfokus untuk penggemar.


Demikianlah artikel mengenai rencana hardware VR dan AR Meta ini. Kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel lainnya!

Bagikan ini: