Siap-siap, Karena Roblox Hadir di Meta Quest!
Beranda /
Blog /
Siap-siap, Karena Roblox Hadir di Meta Quest!
13 Januari 2023

Siap-siap, Karena Roblox Hadir di Meta Quest!

Roblox
Photo by: Ludenara

Salah satu platform game populer virtual reality (VR) dunia yakni Roblox, akan hadir untuk VR headset Meta Quest yang rencananya akan dirilis pada tahun 2023 ini, lho! Yuk, simak informasinya sebagai berikut!

Popularitas Roblox 

Aplikasi Roblox
Photo by: CNBC

Popularitas Roblox tidak perlu diremehkan lagi. Roblox merupakan platform game online di mana pengguna dapat memprogram game sendiri dalam membentuk lingkungan virtual reality. Program game tersebut, nantinya bisa dimainkan oleh pengguna lainnya.  

Kamu dapat membuat konten menarik seperti membuat panggung dan konten kosmetik sendiri yang dapat dimainkan. Bahkan, Roblox Corporation sebagai pendiri dan pengembang permainan ini juga akan membayar pengguna jika konten mereka terbukti populer dan banyak dimainkan oleh pengguna lainnya. 

Roblox Meta Quest lebih cepat dari yang diperkirakan  

Roblox VR
Photo by: PC

Menurut laporan terbaru yang disampaikan oleh buletin online The Verge, terdapat rencana untuk membawa Roblox ke perangkat Meta Quest terbaru pada kuartal kedua tahun 2023. Namun, rencana ini bisa saja berubah sesuai keputusan Roblox Corporation.

Tampaknya Roblox maupun Meta belum bersedia berkomentar terkait berita tersebut. Namun, pada tahun 2021 lalu, CEO Roblox Dave Baszucki mengatakan bahwa Quest bisa jadi perangkat yang tepat untuk permainan Roblox. Hal tersebut merupakan petunjuk bahwa Roblox memiliki rencana hadir dengan versi permainan yang kompatibel dengan perangkat Meta Quest terbaru.

Roblox Meta Quest
Photo by: Roblox 

Perangkat VR yang kompatibel 

Meta Quest 2
Photo by: WIRED

Saat ini, kamu hanya dapat memainkan Roblox dengan perangkat virtual reality seperti Oculus Rift dan HTC Vive. Untuk bisa memainkannya, kamu harus menghubungkan PC dengan headset VR yang dimiliki.

Kehadiran Roblox pada perangkat Oculus Quest terbaru tentunya akan menjadi langkah signifikan bagi kedua perusahaan, untuk mengembangkan fitur sesuai permintaan pasar. Namun, membuat aplikasi Roblox pada Meta Quest tidak sesederhana kedengarannya, lho!

Perangkat Oculus Quest sendiri memiliki sistem yang sedikit rumit dan akan memerlukan beberapa rintangan kinerja untuk dikembangkan nantinya. Oleh sebab itu, dibutuhkan penyesuaian lebih lanjut dari Roblox Corporation untuk menghadirkan permainannya di perangkat Quest.

Tidak kompatibel dengan Meta Quest 1 

Meta Oculus Quest 1
Photo by: Amazon

Jika benar Roblox dapat digunakan pada perangkat Quest, terdapat beberapa perangkat yang tidak bisa memainkannya karena penggunaan software yang sudah tertinggal. Salah satunya adalah Oculus Quest 1.

Hal ini dikarenakan perangkat Oculus Quest 1 sudah tidak diproduksi oleh Meta. Oleh karena itu, Oculus Quest 1 tidak lagi mendapatkan pembaruan software terbaru.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ya! Karena kemungkinan besar aplikasi Roblox ini dapat digunakan untuk perangkat VR populer yakni Meta Quest 2 maupun perangkat Meta Quest yang akan dirilis pada 2023 mendatang.


Nah, itulah berita terkini mengenai Roblox Meta Quest yang dikabarkan bakal hadir pada tahun ini. Bagaimana, apakah kamu siap untuk memainkannya?

Penasaran dengan informasi lain menarik dan terkini? Yuk, kunjungi metaNesia untuk mendapatkan jawabannya!