Roman Space Telescope, Langkah Besar Baru di Dunia Astronomi

Roman Space Telescope, Langkah Besar Baru di Dunia Astronomi

Untuk melihat alam semesta dengan jelas, diperlukan alat yang sangat canggih dan prosesnya memakan waktu yang cukup lama. National Aeronautics and Space Administration atau akrab kita kenal sebagai NASA sudah memiliki 2 teleskop canggih yang dapat menangkap penampakan dari kosmos. Teleskop tersebut antara lain Hubble dan James Webb.

Teleskop James Webb dan Hubble

James Webb Telescope
James Webb Telescope (pixabay)

Hingga saat ini, NASA memiliki James Webb Space Telescope (JWST) sebagai teleskop terkuat di dunia dan Hubble sebagai teleskop yang sudah beroperasi selama beberapa dekade. Kini NASA membutuhkan teleskop luar angkasa yang lebih kuat lagi. Maka dari itu, NASA mengumumkan jadwal peluncuran teleskop baru bernama Nancy Grace Roman Space Teleskop pada awal Mei 2027 nanti.

Jika dengan teleskop Hubble astronom dapat menangkap citra beberapa langit dalam kurun waktu 85 tahun, teleskop Roman bisa melakukan hal yang sama dalam waktu hanya 63 hari. Kekuatan dari teleskop Roman bisa semakin dirasakan ketika digabung penggunaannya dengan teleskop James Webb dan Hubble. James Webb yang dapat mengobservasi luar angkasa secara mendalam dan Hubble dapat menangkap penampakan spektrum cahaya yang lebih luas.

Kehadiran Roman Space Telescope

Roman Space Telescope
Roman Observatory (GSFC/SVS)

Teleskop Roman sendiri diambil dari nama lengkap seorang ilmuwan perintis yang menjabat sebagai kepala astronom pertama NASA pada tahun 1961 sampai 1963, Nancy Grace Roman. Ilmuwan ini mendapat julukan sebagai “Ibu dari Hubble” karena upayanya untuk menghadirkan alat-alat baru yang dapat membantu para astronom mempelajari alam semesta lebih banyak. Hal ini menuntun pada peluncuran Hubble Space Telescope pada tahun 1990. 

NASA menyatakan bahwa kehadiran Roman Space Telescope dapat membantu mereka dalam memutar balik jam kosmik. Selain itu, Roman Space Telescope juga membuat para astronom bisa melihat ruang angkasa dalam cara pandang baru.


Mengutip dari Space.com, Aaron Yung selaku ilmuwan dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA mengatakan “Teleskop Luar Angkasa Hubble dan James Webb dioptimalkan untuk mempelajari objek astronomi secara mendalam dan dekat, jadi mereka seperti melihat alam semesta melalui lubang kecil,”

Kelebihan Roman Space Telescope

Berdasarkan simulasi yang dilakukan oleh Aaron Yung dan tim, astronom dapat melihat puluhan juta galaksi dalam kurun waktu kurang dari 1 hari dengan Roman Space Telescope. Bila dilakukan menggunakan teleskop dengan model lama, melihat galaksi dalam jumlah besar akan memakan waktu bertahun-tahun.

Selain itu, kehadiran Roman Space Telescope membuat astronom bisa memahami cara alam semesta berevolusi menjadi kosmos yang penuh bintang dan galaksi melalui partikel-partikel padat. Roman Space Telescope pun dapat membantu astronom mengungkap misteri terbesar di alam semesta (sifat energi gelap dan materi gelap). Hal tersebut dapat dilakukan dengan memundurkan percepatan perluasan alam semesta yang tidak bisa dilakukan jenis teleskop lainnya.

Roman juga dapat membantu astronom kembali menilik tahapan-tahapan perkembangan mengenai pembentukan alam semesta. Langkah ini menunjukkan gambaran dari kehadiran Roman Space Telescope yang  mampu memundurkan alam semesta sebagai bahan penelitian para astronom. 

Jeffrey Kruk selaku astrofisikawan penelitian Goddard mengatakan bahwa Roman Space Telescope mampu menangkap 100.000 gambar alam semesta tiap tahunnya. Kelebihan teleskop yang satu ini akan membawa banyak keuntungan bagi astronom NASA.


Itu tadi adalah informasi mengenai yang merupakan proyek teleskop luar angkasa terbaru milik NASA. Kehadiran Roman Space Telescope sudah pasti akan menjadi gerakan baru yang luar biasa di dunia astronomi.

metaNesia merupakan digital platform berupa metaverse yang dapat membantu kamu berinteraksi, berkreasi, dan berkolaborasi secara virtual dengan lingkungan digital yang memadai. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi metaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: