Ruang Digital yang Aman

Ruang Digital yang Aman

Di zaman yang terus berkembang ini, banyak kegiatan manusia yang semakin dimudahkan. Salah satunya oleh keberadaan teknologi. Kegiatan seperti berkomunikasi, interaksi, belajar, hingga berbelanja dapat dilakukan dengan teknologi.


Ruang digital menjadi sebutan untuk sarana melakukan kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan di atas dalam keseharian manusia. Hadirnya ruang digital tentunya membuat berbagai aktivitas manusia menjadi lebih efektif. Seperti memangkas waktu di saat mereka biasanya harus ke kantor pos untuk mengirim surat, kini sudah bisa mengirim pesan melalui aplikasi.

Kelebihan & kekurangan dari ruang digital

Keamanan ruang digital
Keamanan ruang digital (Danny144 / Pixabay)

Kelebihan

Di era sekarang ini, manusia jadi mulai terbiasa dengan berbagai hal yang mulai bertransformasi ke digital. Ruang digital memiliki kekuatan dan memberi pengaruh besar pada beberapa aspek kehidupan. Misal pada aspek ekonomi dan sosial manusia.

Kegiatan ekonomi kini dengan mudahnya dapat dilakukan secara digital. Misal, saat kita hendak berjualan secara daring, sudah ada beberapa pilihan aplikasi e-commerce. Dengan begitu, adanya digitalisasi dapat membantu perekonomian manusia pula tanpa harus berdagang seperti zaman dahulu.

Sedangkan, dengan banyaknya platform media sosial memudahkan manusia berinteraksi dengan yang jauh. Mereka dapat berkomunikasi dengan mudah, bahkan dengan orang yang tinggal di negara lain. Tak hanya itu, manusia juga bisa membagikan kegiatan mereka di media sosial.

Berdasarkan data terbaru dari We Are Social dan Hootsuite, pengguna media sosial di dunia pada Januari 2023 telah menyentuh angka 4,76 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari setengah penduduk bumi menggunakan media sosial dan menjadikannya sebagai bagian dari hidup mereka.

Kekurangan

Segala digitalisasi dalam aspek-aspek kehidupan manusia tentu membawa berbagai respon, baik positif maupun negatif. Jika di atas kita telah membahas respon positif dari penggunaan ruang digital, kini kita akan membahas kelemahan atau sisi negatif dari teknologi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, platform digital merupakan buatan manusia dan tidak sempurna. Tak jarang kita menemukan bahwa beberapa platform digital berubah menjadi tempat yang tidak aman bagi penggunanya. Misal, pengguna dapat mengalami peretasan terhadap akun media sosialnya, atau bahkan pencurian data pribadi.

Selain itu, perlu diketahui bahwa di ruang digital ini kita dapat menemui banyak sekali pengguna. Maka dari itu, tak jarang pula kita menemukan banyaknya informasi di ruang digital yang tercampur aduk dan merambat ke berita hoaks.

Negara dengan ruang digital paling aman

Jika membahas terkait ruang digital paling aman di dunia, maka Amerika Serikat lah jawabannya. Negara ini bahkan memperoleh poin sebesar 100 untuk tingkat keamanan digitalnya. Oleh karena itu, pada Mei tahun 2022 lalu, Indonesia menggandeng salah satu perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Cisco untuk membantu Indonesia dalam membangun keamanan digital.


“Kemarin bertemu Cisco membicarakan tentang bagaimana cyber security khususnya technology security agar menjaga ruang digital tetap bersih, apalagi di Indonesia banyak illegal fintech, kebocoran data, dan hoaks,” papar Johnny G Plate selaku Mantan Menteri KOMINFO melalui siaran persnya di sela-sela pertemuan World Economy Forum di Davos, Swiss (25/5/2022).

Arab Saudi menyusul posisi Amerika Serikat

Secara mengejutkan, Arab Saudi menyusul posisi tinggi Amerika Serikat mengenai tingkat keamanan ruang digital terbaik. Berdasarkan yang tertulis pada Indeks Keamanan Siber Global dalam Buku Tahunan Daya Saing Dunia tahun 2023, Arab Saudi menempati posisi ke-2.

Dihimpun dari Dark Reading, Arab Saudi menempati urutan ke-17 secara keseluruhan pada tahun 2023 dan naik 7 peringkat dari tahun lalu dalam peringkat daya saing. Hal ini turut menjadi bukti bahwa organisasi National Cybersecurity Authority (NCA) terus berupaya demi keamanan ruang digital Arab Saudi.


Itu tadi merupakan penjelasan dan informasi terkait ruang digital yang hampir tiap hari kita gunakan. Bijaklah dalam menggunakan teknologi digital, ya!

MetaNesia merupakan digital platform berupa metaverse yang dapat membantu kamu berinteraksi, berkreasi, dan berkolaborasi secara virtual dengan lingkungan digital yang memadai. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia.

Bagikan ini: