Apa yang Membuat Yuga Labs Berhasil Mendominasi Pasar Global NFT?

Apa yang Membuat Yuga Labs Berhasil Mendominasi Pasar Global NFT?

selengkapnya tentang yuga labs
(Flickr/NFT World)

Kehadiran NFT dalam dunia kripto saat ini sangat terkenal. Non Fungible Tokens (NFT) adalah aset digital yang digunakan untuk membuktikan kepemilikan barang yang dibeli dengan cryptocurrency.

Teknologi blockchain yang sama dengan cryptocurrency digunakan oleh NFT. Perbedaannya adalah karena sifat uniknya, NFT bukanlah mata uang dan tidak dapat dipertukarkan.

blockchain
(Max Pixel/Cryptocurrency Blockchain)

Perusahaan di balik koleksi NFT Bored Ape Yacht Club, Yuga Labs, terus menguasai industri NFT. Yuga Labs menyumbang sekitar 35% dari semua volume perdagangan NFT selama enam bulan terakhir.

Menurut DappRadar, Yuga Labs mencapai valuasi pasar sebesar US$4 miliar (Rp58,67 triliun). Namun, jika dibandingkan dari 2022 hingga kuartal pertama 2023, kapitalisasi pasar Yuga Labs turun 50,62%.

Yuga Labs memiliki kapitalisasi pasar sebanyak US$8,1 miliar (Rp118,040 triliun) pada tahun 2022. Hal ini merupakan 43% dari 100 koleksi NFT teratas di Ethereum dalam hal kapitalisasi pasar.

Lalu apa saja proyek-proyek Yuga Labs sehingga bisa mendominasi pasar NFT? Selengkapnya tentang Yuga Labs.

nft smoking cat
(Max Pixel/Illustration Smoke Cat NFT)

Proyek Yuga Labs

Meskipun ada penurunan dalam kapitalisasi pasar, dominasi Yuga Labs tidak dapat diremehkan. Pasar menerima banyak proyek Yuga Labs dengan baik, seperti contoh di bawah ini:

Koleksi NFT

selengkapnya tentang yuga labs. koleksi nft bayc
(Max Pixel/NFT BAYC Monkey Cowboy)

Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan CryptoPunks adalah dua dari 16 koleksi NFT yang dirilis Yuga Labs dan mendapatkan ketenarannya hingga sukses besar. Harga masing-masing produk sebesar 51.45 ETH dan 49.49 ETH, membuat kedua koleksi tersebut menjadi NFT dengan harga dasar tertinggi di pasar.

Selebritas terkenal seperti Post Malone, DJ Steve Aoki, Snoop Dogg, dan Logan Paul telah menunjukkan ketertarikannya pada koleksi Bored Ape Yacht Club. Selain itu, koleksi NFT Otherdeed for Otherside dari Yuga Labs mendapatkan volume perdagangan sebesar US$ 322 juta dan harga jual rata-rata US$ 3,112 per NFT selama dua kuartal sebelumnya. Hal tersebut membuat koleksi NFT Otherdeed for Otherside menempati posisi teratas.

nft cat
(Max Pixel/Cat NFT Glasses)

Selain itu, APE, token yang dikeluarkan oleh BAYC, berhasil mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 1,48 miliar, menjadikannya token game yang paling berharga. Dibandingkan dengan bisnis game Web2 yang signifikan seperti Ubisoft dan Square Enix, pencapaiannya yang luar biasa dapat diperhatikan. Keduanya hanya bernilai masing-masing US$3,46 miliar dan US$6 miliar dalam dolar AS.

Bitcoin

selengkapnya tentang yuga labs, yang menciptakan koleksi nft bitcoin
(Pixabay/Cryptocurrency)

TwelveFold adalah proyek NFT Bitcoin pertama yang secara resmi diluncurkan oleh Yuga Labs. Karya dari koleksi generative art tersebut dijual menggunakan sistem lelang dan semuanya mencapai nilai transaksi tinggi serta langsung terjual habis.

Ada 300 karya seni generatif dalam koleksi digital ini, yang semuanya dibuat dengan menggunakan algoritma. Menurut laporan dari NFT Evening, setiap gambar dalam koleksi TwelveFold dibuat dengan kisi-kisi 12×12. Hal tersebut mengacu pada sistem waktu basis-12 yang umum digunakan dan menunjukkan identifikasi Bitcoin NFT berdasarkan waktu pencetakannya.

Games

virtual reality
(Pixabay/Virtual Reality)

Otherside, Legend of the Mara, dan Dookey Dash adalah tiga dari proyek game berbasis metaverse atau NFT dari Yuga Labs. Sebanyak 7.200 pemain ikut serta dalam uji coba kedua Otherside, yang berlangsung pada 25 Maret 2023.

Aktivitas perdagangan di Otherside mencapai US$ 1,42 miliar (600,936 ETH). Inisiatif ini menarik minat karena penggunaan gamifikasi yang ambisius dan kemitraan strategisnya dengan Animoca Brands.

karya seni 2d
(Pixabay/Karya Seni 2D)

Legends of the Mara, sebuah game strategi 2D juga dirilis oleh Yuga Labs pada 28 Maret. NFT Otherside Vessels dan Otherside Koda telah terjual dengan total gabungan US$6,32 juta dan US$6,77 juta sejak game ini dirilis.

Tidak mau kalah, Yuga Labs juga merilis Dookey Dash pada tanggal 18 Januari. Pengguna membutuhkan Sewer Pass di dompet kripto untuk memainkan game tersebut.

nft wall
(Flickr/Williamsburg NFT Wall)

Itu dia pemaparan mengenai dominasi Yuga Labs di pasar NFT. NFT menggunakan teknologi blockchain yang sama dengan cryptocurrency. Artikel ini juga membahas selengkapnya tentang Yuga Labs dan proyek-proyeknya yang sukses besar.

metaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi metaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: