Simulator Sepeda Virtual Reality Buatan Mahasiswa Unika Soegijapranata

Simulator Sepeda Virtual Reality Buatan Mahasiswa Unika Soegijapranata

simulator sepeda virtual reality dari mahasiswa unika soegijapranata
Mahasiswa Unika Soegijapranata (tribunjateng/Amanda Rizqyana)

Sepeda adalah salah satu bentuk olahraga yang efektif dan mudah dalam membantu menjaga serta meningkatkan kondisi fisik seseorang. Bersepeda dapat membantu meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru, membakar kalori, dan memperkuat otot-otot tubuh, seperti betis, quadriceps, dan glutes. Selain itu, bersepeda juga membantu mencegah berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Seorang mahasiswa asal Kota Semarang, Jawa Tengah berhasil membuat inovasi baru dengan membuat game simulator sepeda virtual reality (VR). Mahasiswa cemerlang tersebut bernama Sesarius Lintang Mahendra, mahasiswa asal Program Studi Sistem Informasi, E-Commerce, Game Technology, Akuntansi (SIEGA) Unika Soegijapranata. Lintang Mahendra memiliki konsep berolahraga sambil main game.

Konsentrasi Game Technology ini menciptakan inovasi baru berupa game simulator sepeda virtual reality. Inovasi ini membuat pengguna dapat bersepeda di rumah dengan tetap merasakan seperti berada jalan menggunakan teknologi virtual reality.

Alasan diciptakan game simulator sepeda virtual reality

simulator sepeda virtual reality diharapkan membuat masyarakat untuk lebih sering berolahraga di rumah
Game simulator sepeda virtual (kuasakata/Holy)

Selain sehat karena kondisi fisik yang benar-benar mengayuh, pemain juga mendapatkan sensasi luar biasa selama perjalanan virtual reality tersebut. Dengan kata lain, bersepeda dengan teknologi virtual reality dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Lintang Mahendra mengatakan bahwa sensor yang dipasang di roda akan membaca perputaran roda setiap satu kali putaran dan itu dibaca sebagai tombol. Kaprodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata, Agus Cahyo Nugroho menceritakan bahwa ide sepeda virtual ini berawal dari pandemi COVID-19, di mana orang seringkali ingin berolahraga di luar tapi takut dengan adanya virus Covid-19.

Lebih lanjut, Kaprodi tersebut menyampaikan keinginannya dengan berharap bahwa sepeda virtual reality ini dapat diproduksi secara massal. Hal ini diharapkan agar banyak orang dapat menggunakan sepeda virtual reality tersebut untuk berolahraga sekaligus berekreasi.

Alasan lainnya diciptakan sepeda virtual reality ini adalah karena tidak semua orang bisa bersepeda dalam kondisi tertentu seperti saat hujan deras atau sibuk bekerja. Selain itu, dengan adanya sepeda virtual reality ini juga diharapkan dapat menekan risiko cedera saat bersepeda.

Inovasi lainnya dari mahasiswa asal Unika Soegijapranata

kreasi lainnya dari mahasiswa asal unika soegijapranata mengenai smart city
Smart City buatan Mahasiswa Unika Soegijapranata (siega)

Mahasiswa Unika Soegijapranata kota Semarang lainnya tengah mengembangkan smart city atau kota cerdas yang merupakan konsep kota masa depan. Konsep smart city yang dimiliki menggabungkan kebijakan, teknologi, data, serta inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan efisiensi layanan publik, transportasi, energi, dan lainnya.

Smart city saat ini mencakup penggunaan beberapa teknologi seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan analitika data. Analitika data berfungsi untuk memantau dan meningkatkan layanan publik dan infrastruktur kota. Inovasi ini juga membantu mengatasi masalah lingkungan dan mempromosikan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Beberapa olahraga yang dapat dilakukan melalui virtual reality

fitness vr adalah salah satu penerapan vr dalam bidang olahraga
Fitness VR (uploadvr/Harry Baker)

Saat ini, aplikasi fitness virtual reality menjadi salah satu yang paling banyak diunduh oleh pemakai smartphone. Dua dari sekian banyak aplikasi fitness VR yang populer adalah Supernatural dan FitXR. FitXR memberikan pengalaman olahraga yang berbeda dengan bergabung bersama klub fitness yang menyediakan kelas olahraga baru setiap harinya.

Contoh kelas yang dapat ditemukan di FitXr seperti boxing, menari, dan HIIT. Selain itu, pengguna juga dapat berolahraga dengan teman di aplikasi fitness VR ini. Dengan teman, olahraga jadi terasa lebih seru dan tidak membosankan.

Olahraga dengan VR akan tetap membakar kalori seperti halnya dengan olahraga tradisional. Bahkan, saat ini banyak aplikasi fitness VR yang dirancang sebagai game supaya olahraga terasa lebih seru dan menarik.


Itulah penjelasan mengenai simulator sepeda virtual reality buatan mahasiswa Unika Soegijapranata. Melalui MetaNesia, Anda dapat mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan tanpa batasan ruang dan waktu.

Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau pun menjalin kerja sama dengan MetaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Anda dapat mencoba untuk masuk ke platform metaverse kami, MetaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Mari rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui MetaNesia! 

Bagikan ini: