Mengurangi Kekerasan Terhadap Hewan Lewat Teknologi Sirkus Hologram

Mengurangi Kekerasan Terhadap Hewan Lewat Teknologi Sirkus Hologram

singa hologram
Lion hologram (pixabay)

Pertunjukkan sirkus tentu merupakan hiburan yang biasa dinikmati oleh keluarga. Namun, para pecinta hewan berpendapat bahwa sirkus merupakan tempat eksploitasi dan kekerasan terhadap hewan. Karena itulah sirkus hologram diciptakan untuk mengurangi kekerasan terhadap hewan.

Definisi Hologram

Hologram adalah gambar tiga dimensi yang tampak nyata. Hologram dapat dihasilkan oleh komputer dengan memodelkan dua muka gelombang sehingga menghasilkan pola interferensi yang direkam oleh media fisik. Gambar digital yang dihasilkan dicetak ke topeng dan diterangi oleh sumber yang sesuai untuk merekonstruksi muka gelombang yang diinginkan.

Hologram dibuat dengan melapiskan muka gelombang kedua (biasanya disebut sinar referensi) pada muka gelombang yang diinginkan, sehingga menghasilkan pola interferensi yang direkam pada media fisik. Ketika hanya muka gelombang kedua yang menyinari pola interferensi, ia didifraksi untuk menciptakan kembali muka gelombang asli. 

Sirkus hologram menggunakan proyeksi holografik untuk menciptakan gambar tiga dimensi di udara tanpa harus berada di permukaan fisik. Penonton dapat melihat penampilan sirkus yang telah direkam sebelumnya menggunakan proyeksi holografik. Hologram tersebut tampak nyata dan dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual di sekitarnya, bahkan hologram hewan tersebut dapat memamerkan berbagai atraksi akrobatik.

Dengan menggabungkan dunia nyata dan elemen virtual, sirkus hologram memberikan pengalaman baru kepada penonton. Hologram menciptakan jenis visual yang berbeda, namun memukau dengan caranya sendiri yang unik. Teknologi ini memungkinkan untuk menciptakan kreatifitas yang lebih besar sehingga dapat menampilkan penampilan yang spektakuler.

Circus Roncalli, Sirkus Hologram Pertama di Dunia

Sirkus asal Jerman, sirkus Roncalli telah berhenti menggunakan hewan hidup untuk pertunjukkan sirkus. Sirkus Roncalli terbentuk di tahun 1976, dan merupakan sirkus pertama yang menggunakan hologram hewan dalam pertunjukkan sirkus yang diadakannya.

Hal itu bermula dari ide sang pendiri sirkus Roncalli yakni Bernhard Paul. Ia terinspirasi saat melihat Halftime Show NFL tahun 2018, yang dimana penyanyi Justin Timberlake berduet dengan hologram legenda musik Amerika yaitu Prince. Karena itulah Paul memiliki ide untuk menggunakan hologram sebagai pengganti hewan hidup untuk pertunjukan sirkusnya.

Untuk menciptakan berbagai hologram hewan sirkus, Paul menggunakan 11 proyektor laser super canggih. Sirkus Roncalli menggunakan teknologi canggih dari perusahaan teknologi bernama Bluebox dan Optoma.

Mereka membuat pertunjukan 3D 360 derajat, yang memamerkan holografik hewan seperti gajah raksasa, kuda, dan bahkan ikan. Hal tersebut merupakan yang pengalaman unik karena di sirkus lama, mereka hampir tidak pernah menampilkan pertunjukan ikan. Untuk menghasilkan hologram tersebut, sirkus ini membutuhkan 15 kru yang terdiri dari insinyur dan desainer.

Sirkus Roncalli menampilkan penampilan yang spektakuler tanpa adanya perlakuan kejam dan tidak manusiawi terhadap hewan. Di sirkus tradisional, berbagai hewan dikurung dan dipaksa untuk tampil di depan publik untuk melakukan atraksi. Hewan tersebut dapat menjadi stres dan bahkan terkena penyakit. 

Tidak banyak sirkus yang menampilkan hologram sehingga sirkus Roncalli memiliki daya tarik yang tinggi. Masih belum banyak tempat yang menampilkan pertunjukan holografik ruangan penuh seperti ini. Tidak adanya hewan asli tidak mengurangi pengalaman menonton sirkus yang mengesankan.

Selain itu, dengan menggunakan hologram, sirkus dapat lebih menghemat biaya dan serta lebih aman. Pengurus sirkus tidak perlu memberi makan hewan atau membayar perawatan untuk hewan tersebut. Namun yang terpenting, sirkus hologram dapat terus menghibur orang tanpa harus menganiaya hewan, sehingga kekerasan terhadap hewan dapat berkurang.

Sirkus Roncalli berhasil memukai banyak penonton lewat penampilan sirkus yang konsisten dilakukan sejak 2018.  Dengan adanya inovasi tersebut, sirkus Roncalli masuk kedalam daftar nominasi AV-Project of The Year kategori Live Events pada AV News Awards 2020. Sirkus Roncalli dapat menjadi masa depan bagi pertunjukkan sirkus di dunia.


Demikian artikel mengenai sirkus hologram. Dengan adanya teknologi tersebut, kekerasan hewan pun dapat berkurang karena menggunakan hologram tanpa harus menyiksa hewan yang tidak bersalah.

Jika anda tertarik dengan metaverse, anda dapat bergabung dengan kami dan menghubungi Customer Service melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya dan berkonsultasi dengan pihak MetaNesia.

Untuk masuk ke platform MetaNesia, caranya cukup mudah. Anda tinggal mengunduhnya melalui website MetaNesia. Mari kita kembangkan pasar digital karya anak bangsa melalui MetaNesia!

Bagikan ini: