Meta Rilis Headset VR Quest 3, Bagaimana Spesifikasinya?

Meta Rilis Headset VR Quest 3, Bagaimana Spesifikasinya?

meta quest 3
Meta confirms more affordable Quest 3 VR headset coming in 2023 (Jon Mundy/Trusted Reviews)

Virtual reality (VR) telah mengalami perkembangan yang pesat dalam tahun terakhir, dan salah satu perangkat terkemuka dalam industri ini adalah Meta Quest 3. Perangkat ini merupakan penerus dari Quest 2 yang sukses dan menjadi perbincangan di kalangan penggemar VR. Simak artikel ini untuk mengetahui spesifikasi Meta Quest 3!

Kapan Tanggal Rilis Meta Quest 3?

meta quest 3 vs meta quest 2
Meta Quest 3: Meta announces its new VR headset (Adam Speight/Trusted Reviews)

Meta Quest 3 akan mulai dijual pada tanggal 10 Oktober 2023. Varian 128GB dan 512GB sudah tersedia untuk pre-order melalui Meta dan beberapa mitra ritel seperti Best Buy dan Newegg.

Selama acara Meta Connect 2023 pada 27 September, Meta mengungkapkan rencananya untuk merilis The Quest 3 ini. Tanggal rilis ini hanya berselang tiga hari dari peringatan tiga tahun debut Meta Quest 2.

Meta Quest 3 akan dibanderol dengan harga US$100 lebih mahal dari Meta Quest 2 dan mulai dari US$499 untuk varian dengan penyimpanan 128GB di Amerika Serikat. Model dengan ruang penyimpanan tambahan 512 GB juga ditawarkan dengan harga US$649.

Spesifikasi Meta Quest 3

spesifikasi meta quest 3
Meta Quest 3 vs Meta Quest Pro: Which should you buy? (Adam Speight/Trusted Reviews)

Penyimpanan dan chipset

Ada dua opsi penyimpanan untuk Meta Quest 3, yaitu 128GB dan 512GB. Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2 adalah prosesor baru yang menggerakkan headset VR ini. Menurut Meta, Quest 3 sekarang memiliki kemampuan pemrosesan grafis dua kali lebih banyak daripada Meta Quest 2.

Peningkatan RAM juga dilakukan pada Meta Quest 3, yang sekarang akan memiliki RAM 8GB, bukan 6GB pada Quest 2. Sayangnya, ini lebih kecil dari RAM 12GB yang disertakan dengan Meta Quest Pro.

Layar dan resolusi

Tampilan yang lebih baik juga disertakan pada Meta Quest 3. Tampilan baru yang menggunakan dua LCD dan optik pancake untuk mencapai resolusi 2.064 x 2.208 piksel per mata, disebut oleh Meta sebagai 4K+ Infinite Display.

Menurut Meta, hal ini meningkatkan resolusi Quest 3 sekitar 30% jika dibandingkan dengan Meta Quest 2. Spesifikasi resolusi tambahan termasuk 1.218 piksel per inci (PPI) dan 25 piksel per derajat (PPD) untuk virtual reality.

Resolusi memang sedikit menurun saat menggunakan full color passthrough video pada headset. Alih-alih 25 PPD, resolusi mixed reality adalah 18 PPD, yang digerakkan oleh dua kamera RGB.

Meskipun demikian, ini masih merupakan peningkatan. “Ini 10x lebih banyak piksel di Passthrough dibandingkan dengan Quest 2 dan 3x lebih banyak piksel dibandingkan dengan Quest Pro,” menurut Meta.

Quest 3 memiliki kecepatan refresh 120Hz eksperimental di samping kecepatan refresh 90Hz aslinya. Quest 3 sekarang mencapai 120Hz, tetapi mungkin pembaruan pasca-peluncuran di masa depan akan memungkinkannya untuk mendorong 144Hz.

Ketahanan baterai

Daya tahan baterai merupakan salah satu fitur Meta Quest 3 yang tidak mendapatkan peningkatan. Menurut Meta, daya tahan baterai Quest 3 mirip dengan Quest 2, yang dapat mencapai 2,9 jam ketika digunakan hanya untuk konsumsi media. Dengan pengisi daya 18W yang disertakan, headset VR ini dapat terisi penuh dari 0% dalam waktu dua jam, yang juga sebanding dengan waktu pengisian daya Quest 2.

Desain Meta Quest 3

bagaimana spesifikasi meta quest 3?
Meta Quest Review (Trusted Reviews)

Menurut Meta, Meta Quest 3 telah mengalami perombakan “luar-dalam” secara menyeluruh. Meskipun desain dasar headset ini mirip dengan Quest 2, namun profil optiknya telah berkurang 40%, sebagian karena lensa pancake.

Selain itu, Lens Distance Adjustment Wheel yang baru memungkinkan penyetelan yang lebih baik dari interpupillary distance (IPD). Headset ini dapat mengakomodasi IPD antara 53 dan 75 mm. Sisipan jarak kacamata pada Quest 2 tidak lagi diperlukan berkat penyesuaian kedalaman dan kacamata bawaan.

Audio

Pada Quest 3, speaker juga diberikan peningkatan. Rentang audio Quest 3 40% lebih keras daripada Quest 2, dan menciptakan musik spasial 3D dengan kejernihan dan bass yang lebih baik. Untuk menghubungkan headphonemu sendiri untuk mendapatkan suara yang lebih kaya, tersedia jack headphone 3,5 mm.

Tali headset VR Quest 3

Quest 3 hadir dengan tali yang lembut sebagai perlengkapan standar, sedangkan Elite Strap yang keras merupakan perlengkapan tambahan opsional yang dapat dibeli seharga US$69. Mirip dengan Quest 2, tetapi dengan desain tali yang sedikit dimodifikasi agar lebih pas.

Kontroler

Meta telah meningkatkan kontroler Touch Plus Quest 3 agar lebih ergonomis. Kontroler Quest 3 kini memiliki haptics TruTouch. Pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih imersif dan realistis. Sayangnya, kontroler ini membutuhkan baterai AA sekali pakai, hal ini dinilai merepotkan.

Dengan tambahan US$129, headset VR ini menyertakan Meta Quest Charging Dock. Bantalan kontak di bagian bawah headset memungkinkan untuk mengisi daya headset secara nirkabel, yang juga memiliki baterai isi ulang lithium-ion untuk kontrol.

Fitur-fitur Quest 3

desain meta quest 3
Trusted Reviews

Nilai jual utama dari Quest 3 adalah kemampuan mixed reality yang dimungkinkan oleh passthrough video penuh warna pada headset. Hanya dengan mengetuk dua kali pada sisi headset, kamu dapat beralih antara konten VR yang imersif dan pengalaman AR yang diaktifkan melalui passthrough dengan hamparan holografik.

Selain itu, Quest 3 akan memiliki akses ke perpustakaan konten Quest 2 yang lengkap, termasuk semua game Meta Quest 2 terbaik. Kamu juga akan memiliki banyak pengalaman dan permainan untuk dicoba karena lebih dari 100 aplikasi Quest 3 baru dan aplikasi Quest 2 yang disempurnakan akan hadir di Meta Quest 3 hingga akhir tahun.

Quest Link dan Air Link memungkinkan Quest 3 untuk berbagi kompatibilitas PC VR Quest 2 dengan PC Windows. Hal ini berarti memiliki akses ke hampir semua game VR terbaik.

Ini juga akan memiliki akses ke Meta Quest Plus, seperti halnya Quest 2. Quest Plus adalah layanan langganan game VR Meta, yang menyediakan dua game pilihan setiap bulannya.


Itu dia pemaparan mengenai spesifikasi Meta Quest 3. Temukan jawaban atas pertanyaanmu mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: